Anjing Tanah

28th November 2017

Anjing Tanah / Orong Orong

Anjing tanah adalah binatang yang mirip dengan jangkrik dan berukuran sedang. Serangga anjing tanah yang juga di kenal dengan nama orong orong ini memiliki warna yang cokelat terang hingga gelap. Anging tanah keluar pada malam hari untuk mencari makan. Sama dengan jangkrik anjing tanah juga hidup di dalam tanah. Serangga anjing tanah ini memiliki bentuk yang merupakan ciri khasnya. Yaitu di bagiana kepalanya ada bentuk seperti helm yang sudah termodifikasi seperti cangkul. Benda itu berguna untuk menggali tanah dan juga di gunakan untuk berenang.

Anjing tanah sama seperti binatang yang lain memiliki banyak nama yang berbeda di setiap daerah yang berbeda. Di jawa serangga anjing tanah di kenal dengan nama orong orong. Di daerah sunda di kenal dengan nama gaang. dan dalam bahasa toba di kenal dengan nama singke. Dan dalam bahasa inggris binatang ini di kenal dengan istilah mole cricket. Mole criket di artikan sebagai anjing tikus mondok.

Anjing tanah atau orong orong keberadaannya sudah hampir punah. Sekarang ini sudah sangat jarang di temui keberadaannya. Binatang yang sudah sulit di temui ini memiliki keunikan tersendiri. Salah satunya binatang ini akan dapat mengeluarkan suara seperti jangkrik pada musim kawin. Akan tetapi suara yang di hasilkan berbeda dengan jangkrik. Bila di dekati maka binatang ini akan berhenti bersuara. Akan tetapi ketika di tinggal pergi maka dia akan mulai bersuara lagi.

Baca juga tentang Sakit Perut Sebelah Kiri

Anjing Tanah atau Orong Orong

Anjing Tanah atau Orong Orong

Fakta tentang anjing tanah

Anjing tanah atau orong orong memiliki kemampuan berlari yang cepat. Dan dalam tubuhnya memiliki sepasang sayap yang pendek. Meski pendek tetapi sayap tersebut dapat di gunakan untuk terbang sampai sejauh 8 kilometer. Binatang yang unik ini akan keluar dan terbang pada musim kawin untuk mencari pasangannya.

Binatang ajing tanah atau orong orong ini lebih aktif di malam hari. Pada malam hari orong orong ini akan keluar dan mencari makan. Orong orong ini termasuk dalam binatang karnivora atau binantang pemakan daging. Yang biasa menjadi santapannya adalah larva larva serangga atau cacing. Akan tetapi meskipun termasuk jenis binantang karnivora orong orong ini juga mau makan segala. Terlebih jika orong orong tidak menemukan makanan seperti larva serangga dan cacing yang menjadi favoritnya. Jika tidak menemukan makanan anjing tanah atau orong orong ini akan memakan akar tanaman dan rerumputan. Oleh karenanya oleh petani, orong orong di golongkan sebagai hama yang harus di basmi. Karena keberadaannya sering merusak tanaman terutama tanaman padi.

Untuk dapat menemukan orong orong tergolong sulit. Karena kebiasaan orong orong ini adalah lebih sering bersembunyi. Dan kegiatannya keluar pada malam hari hanya untuk mencari makan. Habitat yang di sukai orong orong adalah ladang yang kering, pekarangan serta lapangan rumput.

Penyebaran binatang unik ini sangat luas. Di seluruh dunia binatang yang di kenal dengan orong ororng ini dapat di temui. Kecuali di daerah kutub orong orong tidak dapat di temui.

Baca yang lainnya tentang Sakit Kepala Cluster

Anjing tanah berhubungan dengan kebudayaan manusia di beberapa daerah

Di zambia biatang orong orong di percaya sebagai binatang pembawa keberuntungan bagi orang yang melihatnya. Mereka percaya jika melihat orong orong atau anjing tanah akan mendapatkkan keberuntungan dalam waktu dekat.

Di amerika di percaya sebagi binatang yang dapat meramalkan hujan pada saat mereka mengeluarkan suara dan menggali kedalam tanah. Jika binatang ini mengeluarkan nyanyiannya dan menggali lobang untuk bersembunyi itu menandakan akan turun hujan.

Dalam kepercayaan orang jepang di masa lalu khususnya bagi orang yang memiliki kepercayaan koshin. Mereka percaya jika anjing tanah ini bersuara berarti sebuah pengumuman. Yaitu mengumumkan bahwa orang orang yang berdosa di masukkan ke sorga.

Baca yang lainnya tentang Tonggeret

Perilaku anjing tanah

Anjing tanah meski dalam keidupannya banyak tinggal di dalam tanah akan tetapi yang sudah dewasa memiliki kemampuan untuk terbang. Akan tetapi orong orong yang jantan jarang sekali terbang. Orong orong betina biasanya akan keluar satu jam setelah matahari tenggelam. Dan akan terbang pergi mencari nyanyian lagu yang di nyanyikan oleh ororng orong jantan.

Sedangkan perilaku orong orong dalam menggali tanah adalah untuk melarikan diri atau untuk bersembunyi. Binatang ini dapat bergerak dalam terowongan yang di buat sendiri dengan cepat. Baik bergerak ke depan maupun ke belakang.

Orong orong yang jantan akan bernyanyi dalam terowongan untuk memanggil yang betina. Dan jika betina sudah datang maka akan melangsungkan perkawinan di dalam terowongan tersebut.

Baca juga tentang Terapi Hati

Manfaat anjing tanah bagi kehidupan

Anjing tanah atau orong orong tidak memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Justru para petani menganggapnya sebagai hama yang harus di basmi. Karena sering merusak tanaman padi.

Meskipun tergolong hama yang sering merusak tanaman akan tetapi anjing tanah atau orong orong juga aman untuk di konsumsi. Di daerah asia timur orong orong sering di masak dengan cara di goreng dan kemudian di makan sebagai lauk. Di vietnam dan di thailand orong orong sering di manfaatkan sebagai makanan. Biasanya di masak dengan di goreng bersama nasi ketan.

Manfaat lain dari orong orong adalah sebagai pakan burung yang bernutrisi tinggi. Biasanya di gunakan sebagai pakan burung murai dan burung kacer. Dengan memberi makan burung menggunakan anjing tanah atau orong orong maka burung akan cepat berkembang dengan baik. Selain itu dapat merangsang kicauannya semakin bagus. Karena dalam orong orong terkandung protein yang cukup tinggi yang sangat baik untuk pertumbuhan burung.

Meski di anggap sebagai hama akan tetapi sebenarnya biatang orong orong ini juga bermanfaat untuk membunuh hama yang ada dalam tanah. Perannya dalam memburu dan memakan hama yang ada di tanah dapat di gunakan sebagai pengendali hama yang alami dan tanpa bahan kimia. Akan tetapi jika tidak ada yang yang di buru justru binatang ini berubah menjadi hama. Karena tidak ada makanan yang di buru binatang ini akan memakan akar tanaman sehingga tanaman menjadi rusak.

Baca juga tentang Sakit Jantung Rematik

Manfaat anjing tanah atau orong orong bagi kesehatan

Pemanfaatan anjing tanah untuk kesehatan masih sangat jarang. Akan tetapi di cina sekresi yang di hasilkan dari anjing tanah atau orong orong ini di gunakan sebagai bahan untuk pengobatan.

Di beberapa negara seperti di filipina anjing tanah sering di olah dan di konsumsi sebagai makanan yang lezat. Di daerah yang lain seperti di vietnam dan di thailand juga binatang ini juga sering di konsumsi sebagai makanan. Biasanya di masak dengan di goreng bersama dengan nasi ketan.

Karena ada beberapa negara yang memanfaatkan sebagi bahan makanan. Dan selain itu sudah terbuksi aman untuk di konsumsi untuk manusia. Oleh karena itu sekarang sudah di mulai penelitian tentang anjing tanah tentang manfaanya secara kimiawi. Meskipun sampai saat ini hasilnya dari penelitian tersebut belum dapat di publikasikan akan tetapi binatang ini memang aman untuk di konsumsi.

Baca juga tentang Cara Menghilangkan Tuma

Demikian pembahasan mengenai anjing tanah atau orong orong semoga yang di sampaikan dapat memberi manfaat. Terima kasih

[contact-form][contact-field label=”Nama” type=”name” required=”true” /][contact-field label=”Surel” type=”email” required=”true” /][contact-field label=”Situs web” type=”url” /][contact-field label=”Pesan” type=”textarea” /][/contact-form]

Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Keranjang>>