CARA BEKAM DENGAN GELAS

9th Mei 2018

CARA BEKAM DENGAN GELAS | CARA BEKAM TRADISIONAL

Cara bekam dengan gelas, cara bekam tradisional.

Cara bekam dengan gelas merupakan salah satu cara bekam tehnik tradisional yang sering di gunakan oleh para santri. Gelas di gunakan sebagai alat cara bekam dengan gelas karena kebanyakan para santri di pesantren tidak memiliki alat khusus untuk bekam. Adapun bagaimana cara bekam dengan gelas yang sering mereka lakukan akan kita bahas di materi ini. Baca juga Cara bekam

Bekam

Sebelumnya perlu di ketahui bahwa bekam memiliki banyak sebutan. Ada yang menyebautnya dengan istilah cantuk, ada yang menyebut dengan istilah hijamah. Baik cantuk, bekam atau hijamah semuanya sama. Arti bekam sebenarnya adalah mengeluarkan darah kotor dari permukaan kulit yang di lakukan dengan tehnik hisap.

Biasanya bekam di lakukan dengan menggunakan alat khusus bekam yang banyak di jual di toko peralatan kesehatan. Daya hisap atau kekuatan hisap dari alat bekam dapat di atur dengan menggunakan alat khusus. Perbedaan dengan tehnik bekam tradisional adalah penggunaan dan tehinik serta alat yang di gunakan. Cara bekam tradisional di lakukan dengan menggunakan api. Api di gunakan untuk membakar oksigen yang terperangkap di dalam gelas. Sehingga ketika oksigen yang ada dalam gelas habis terbakar gelas dengan sendirinya akan menghisap permukaan kulit.

Cara bekam dengan gelas, cara bekam tradisional.

Jika dalam bekam biasanya menggunakan alat khusus. Dalam bekam cara tradisonal menggunakan alat seadanya. Dapat menggunakan gelas, bambu, tembikar, tanduk binatang dan lain sebagainya. Akan tetapi kebanyakan orang menggunakan alat yang paling mudah di jumpai. Yaitu menggunakan gelas yang biasa di gunakan untuk minum.

Mungkin anda memerlukan informasi mengenai Cara bekam yang benar.

Cara bekam tradisional

Cara bekam tradisional meski menggunakan alat yang terbilang seadanya. Akan tetapi daya hisapnya tidak kalah dengan menggunakan alat modern. Dan di lingkungan tertentu cara bekam tradisional lebih populer di gunakan daripada menggunakan alat modern. Salah satu tempat yang sering menggunakan cara bekam tradisional adalah di pesantren. Kebanyakan mereka menggunakan cara bekam tradisional karena menurut mereka alat yang di gunakan lebih mudah di temukan. Sehingga mereka menganggap cara bekam tradisional lebih praktis. Dan kebanyakan mereka menggunakan cara bekam tradisonal untuk mengobati pegal pegal dan penyakit bisul.

Bekam selain bertujuan untuk mengeluarkan darah kotor juga dapat di gunakan untuk mengobati masuk angin. Untuk mengobati masuk angin dapat di lakukan dengan cara bekam kering.  Yaitu cara bekam dengaan tanpa mengeluarkan darah kotor. Cara bekam ini dapat dengan mudah di lakukan dengan cara bekam tradisional. Bagi mereka yang sudah mengetahui akan memilih cara bekam kering untuk mengobati masuk angin daripada harus dengan cara kerokan. Sebab cara mengobati masuk angin dengan kerokan atau kerikan memiliki resiko yang lebih berbahaya. Dan cara ini sangat tidak di anjurkan oleh dokter sebab dapat merusak pori pori kulit. Maka cara bekam kering merupakan solusi alternatif yang lebih baik untuk mengobati masuk angin.

Cara bekam tradisional sangat cocok untik melakukan bekam kering. Dan salah satu kelebihan cara bekam tradisional adalah karena tidak memerlukan alat khusus. Sehingga dapat menggunakan alat seadanya yang di jumpai di rumah. Seperti menggunakan gelas yang biasa di gunakan untuk minum. Hanya dengan menggunakan alat gelas, uang logam dan kertas sudah dapat melakukan cara bekam tradisional. Cara pengobatan bekam yang terbilang sangat ampuh untuk mengobati banyak penyakit. Baca juga : Cara bekam kering.

Cara bekam dengan gelas

Cara bekam dengan gelas

Cara bekam dengan gelas

Cara bekam dengan gelas yang sering di praktekkan oleh para santri sangat sederhana. Meski cara bekam dengan gelas ini terbilang sederhana dan dapat di lakukan tetapi sangat di sarankan untuk menggunakan alat khusus. Yaitu alat khusus yang sudah di rancang memang untuk keperluan bekam. Karena cara bekam dengan menggunakan alat modern akan memberikan hasil yang lebih baik daripada menggunakan cara bekam dengan gelas. Namun jika tidak ada alat khusus cara bekam dengan gelas ini dapat menjadi alternatif yang cocok. Dan dalam kondisi terpaksa semoga cara bekam dengan gelas ini dapat memberi manfaat.

Temukan informasi mengenai.

Titik bekam angin duduk

Titik bekam masuk angin

Petunjuk cara bekam dengan gelas

Berikut ini adalah petunjuk cara bekam dengan gelas yang sering di anggap sebagai cara bekam tradisional. Langkah langkah cara bekam dengan gelas.

  • Persiapkan peralatan yang di perlukan yaitu gelas, uang logam, kertas dan korek api. Usahakan menggunakan gelas kaca.
  • Pijat pijat sebentar daerah yang akan di bekam. pijat selama kurang lebih 5 samai 10 menit. Pemijatan ini bertujuan supaya kulit tidak merasa tegang pada saat di bekam dengan cara bekam dengan gelas.
  • Tentukan titik yang akan di bekam.
  • Bungkus uang logam dengan kertas yang sudah di siapkan. Pada saat membungkus buatlah sumbu yang akan di gunakan untuk membakar kertas tersebut.
  • Bakar kertas yang berbentuk sumbuh dengan menggunakan korek api yang sudah di persiapkan sebelumnya.
  • Setelah api menyala taruh di tempat titik bekam yang sudah di tentukan sebelumnya.
  • Kemudian tutup dengan gelas secara cepat dengan menggunakan gelas kaca.
  • Maka dengan segera api akan mati ketika oksigen dalam gelas habis. Bersamaan dengan itu gelas akan menghisap permukaan kulit.
  • Diamkan beberapa saat. Kira kira 5 sampai 10 menit sampai terlihat bagian kulit yang di hisap terlihat memerah.
  • Bila di rasa sudah cukup gelas bisa di lepas. Cara melepasnya jangan langsung di tarik. Tapi di tekan bagian kulit yang menempel pada sisi gelas. Sehingga akan ada udara yang masuk melalui sisi kulit yang di tekan. Dan secara otomatis kekuatan hisapan akan mengendur. Baru kemudian gelas di angkat.
  • Lakukan hal yang sama pada semua titik bekam yang sudah di tentukan.

Demikian tadi cara bekam dengan gelas yang sering di praktekan oleh para santri. Silahkan anda mencoba cara bekam dengan gelas. Tapi supaya tetap berhati hati. Akan lebih baik jika tetap di pandu oleh orang yang sudah ahli dengan cara bekam dengan gelas. Untuk menghindari resiko yang mungkin dapat terjadi. Baca juga : Tempat bekam yang bagus.

Kelemahan cara bekam dengan gelas

Berikut ini adalah kelemahan cara bekam dengan gelas.

  • Tidak ada lubang untuk membuka seperti yang terdapat pada alat yang sudah di desain khusus untuk bekam.
  • Kecangnya hisapan sulit untuk di kontrol. Karena menggunakan api maka kencangnya hisapan tergantung pada api yang di gunakan untuk membakar. Jika apinya besar maka hisaannya kuat dan jika apinya kecil hisapannya lemah.
  • Peralatan yang di gunakan tidak terjaga tingkat sterilitasnya. Karena menggunakan bukan alat yang semestinya di gunakan untuk bekam. atau dengan kata lain menggunakan alat seadanya maka tingkat sterilitasnya tidak dapat terjaga. Dan ini tentu memiliki resiko yang lebih besar dan lebih berbahaya.
  • Di lakukan oleh orang yang bukan ahlinya. Cara bekam dengan menggunakan gelas biasanya di lakukan oleh orang yang tidak memiliki keahlian khusus dan memang bukan bidangnya. Kebanyakan yang melakukan hal ini adalah santri yang tinggal di pesantren. Mereka tidak memiliki alat bekam yang seharusnya. Dan tidak belajar bekam secara khusus. Sehingga lebih rawan terjadi kesalahan dan tentunya lebih rawan mengalami resiko.

Demikian pembahsan mengenai Cara bekam dengan gelas, cara bekam tradisional. Semoga informasi mengenai Cara bekam dengan gelas, cara bekam tradisional dapat memberikan manfaat.

Mungkin anda sedang mencari tempat bekam di kota anda.

Tempat bekam di Jakarta Pusat

Tempat bekam di Jakrta Barat

Klinik bekam Jakarta Timur

Tempat bekam di Jakarta Selatan

Manfaat buah naga ungu

Terima kasih telah berkunjung.

[contact-form][contact-field label=”Nama” type=”name” required=”true” /][contact-field label=”Surel” type=”email” required=”true” /][contact-field label=”Situs web” type=”url” /][contact-field label=”Pesan” type=”textarea” /][/contact-form]

Cara bekam dengan gelas, cara bekam tradisional.

Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Keranjang>>