CARA MENCEGAH DISENTRI AMUBA

29th September 2016

Disentri Amuba

Disentri amuba adalah salah satu jenis penyakit disentri yang di sebabkan karena adanya infeksi endamoeba histolytica. Penyakit disentri amuba sering kali tidak menunjukkan gejala sekalipun sudah terinfeksi. Oleh sebab itu terkadang seseorang tidak mengetahui jika dia sudah terkena disentri amuba. Kebanyakan penyebab penyakit disentri amuba ini menginfeksi manusi dengan melalui saluran pencernaan. Dan yang paling umum masuk melalui makanan dan minuman yang kotor/ yang mengandung bakteri. Penyakit disentri amuba jarang di anggap penyakit yang berat oleh masyarakat oleh karenanya sering di rawat sendiri tanpa di bawa ke dokter. Akan tetapi jika penyakit disentri amuba yang terjadi pada balita dapat mengakibatkan resiko yang besar.

Pengertian Disentri Amuba Atau Amebiasis

Disentri amuba atau yang di sebut juga infeksi amebiasis ialah penyakit disentri yang di sebabkan karena adanya infeksi endamoeba histolytica . Sebenarnya yang terkena sakit disentri amuba ini sangat banyak dan ada kemungkinan melebihi dari perhitungan manusia. Karena ternyata sangat banyak seseorang yang terkena infeksi amuba ini tanpa merasakan adanya gejala. Yang berarti bahkan bisa di bilang tidak merasakan sakit. Parasit penyebab disentri amuba ini masuk ke dalam tubuh manusia melalui saluran pencernaan. Cara masuknya bersama dengan unsur yang membawanya yaitu makanan dan minuman yang kotor.

Seseorang yang mengalami infeksi amebiasis atau disentri amuba harus di berikan perawatan yang baik dan benar. Dan harus segera di obati dengan membuang parasit penyebabnya dari dalam tubuh. Karena penyakit ini dalam kasus yang berat dapat mengakibatkan kematian. Secara umum dalam kasus yang ringan sekalipun dapat merusak kesehatan. Terkadang penyakit ini juga mengakibatkan komplikasi abses hati. Akan tetapi abses amuba dalam hati dapat berkembang tanpa menunjukkan adanya gejala apapun yang terjadi dalam perutnya. Yang seiring terjadi hanya muncul satu abses hati dalam beberapa kasus tertentu namun bisa juga muncul lebih dari satu.

Resiko Obat Disentri

Disentri amuba dan cara penularannya

Disentri amuba dan cara penularannya

Obat yang di gunakan oleh dokter untuk mengobati disentri amuba biasanya adalah obat yang memiliki resiko yang berbahaya. Bila obat tersebut di berikan dalam jumlah yang banyak. Resiko tersebut dapat muncul dan merusak tubuh bila di berikan tanpa pengawasan dokter. Karena pemberiannya harus dengan dosis yang tepat dan dengan cara yang teratur. Obat yang sering di gunakan ialah obat – obat bius, zat asam garam emetine, carbarsone, vioform terranycin dan obat – obat lain yang biasanya di kenal dengan obat yang mujarab. Pengobatan untuk penyakit disentri amuba ini harus terus di lakukan meski penyakit sudah tidak menunjukkan gejala. Pengobatan dapat di hentikan ketika kotoran sudah tidak mengandung organisme penyebab disentri amuba.

Cara penularan disentri amuba

Penyakit disentri dapat menular kepada orang lain. Untuk itu harus di lakukan pencegahan supaya tidak menular kepada orang lain. Sebelum melakukan tindakan pencegahan harus mengerti terlebih dahulu cara penularan dan penyebaran penyakit ini. Penyakit disentri amuba ini dapat menyebar dengan beberapa cara seperti berikut :

  • menyebar melalui tinja atau kotoran yang mengandung diare.
  • Melalui air sumur yang sudah tercemar oleh kuman diare.
  • Melalui makanan dan minuman yang sudah tercemar oleh kuman diare.
  • Kebiasaan tidak mencuci tangan sebelum makan atau minum. Terutama ketika mau menyuapi anak yang masih dalam usia balita.
  • Memakan makanan atau minuman yang belum dimasak.

Untuk itu cara yang paling tepat untuk mencegah diare adalah dengan membiasakan menjaga kebersihan.

Gejala disentri amuba

Pada saat parasit itu masuk dan menginfeksi tubuh maka akan menimbulkan sakit usus yang hebat. Sedangakan seseorang yang terkena disentri amuba akan mengalami menceret, kejang – kejang dan perut terasa sakit karena mulas. Akan tetapi biasanya gejala disentri amuba yang di timbulkan muncul secara pelan – pelan. Kotoran yang berupa air besar / tinja seringkali mengandung darah dan nanah. Seseorang yang mengalami sakit disentri amuba ini dapat buang air besar sebanyak dua puluh sampai tiga puluh kali dalam sehari. Ada kemungkinan akan mengalami demam dan denyut jantung yang semakin cepat. Dalam hal ini seringkali gejala disentri amuba yang timbul seperti menceret atau gejala yang lain terjadi tidak keras namun bisa di bilang kronis. Akan tetapi kadang – kadang perut terasa mulas namun tidak sampai menceret.

Apabila di teliti dan di perhatikan akan dapat di buktikan dengan adanya amuba yang aktif atau telur – telur amuba di dalam kotoran atau tinja. Maka akan lebih baik berhati – hati apabila anda mencurigai adanya infeksi amuba sebaiknya segera di periksakan ke dokter atau kepada tenaga ahli di bidang kesehatan. Langkah itu akan lebih baik untuk mencegah hal – hal yang tidak di harapkan. Meskipun setelah di periksa lebih lanjut dugan tersebut tidak benar.

Cara pencegahan disentri amuba

Infeksi penyakit disentri amuba ini harus di cegah. Lebih penting lagi supaya penyakit disentri amuba ini tidak menyebar dan menginfeksi orang lain. Berikut adalah langkah – langkah yang dapat di lakukan untuk mencegah disentri amuba.

  1. Makanan dan minuman yang setiap hari di makan harus di lindungi dari agar tidak tercemar oleh kotoran atau tinja.
  2. Selalu berhati – hatilah dalam membuang kotoran manusia supaya tidak di bawa oleh serangga yang sering hinggap pada makanan.
  3. Jagalah rumah usahakan supaya tidak ada lalat yang masuk. Apabila ada maka bunuh lalat tersebut sebanyak mungkin dan jagalah lingkungan agar lalat tidak berkembang biak. Tong tempat membuang sampah seharusnya di tutup dang tidak bocor. Pupuk kandang seharusnya di tebarkan tipis – tipis di atas tanah atau di tempatkan pada tempat penyimpanan yang ada penutupnya. Lubang kkakus juga harus di tutup dengan baik.
  4. Untuk minum sebaiknya airnya di rebus sampai mendidih dan simpanlah di tempat yang
  5. Apabila sayuran atau tanaman di pupuk dengan menggunakan kotoran manusia maka jangan makan buah dan sayuran mentah tersebut sebelum di cuci dengan bersih.

Pengobatan diare amuba dengan ramuan herbal alami

Selain dengan pencegahan sangat penting juga untuk mengetahui informasi tentang cara mengobati diare. Ada beberapa ramuan herbal ampuh yang dapat di buat sendiri untuk mengobati diare amuba.  Berikut ramuan tersebut dan cara membuatnya :

Untuk penjelasan lengkap mengenai cara mengobati disentri baca di pada Pengobatan Sakit Disentri

  • Buah pare

Dengan minum jus buah pare 2 kali dalam sehari maka disentri amuba akan dapat sembuh dengan segera. Cara membuatnya buah pare di cuci yang bersih dan di potong potong. Kemudian di blender sampai halus. Setelah itu di peras dan di ambil airnya untuk di minum 2 kali sehari setiap pagi dan sore. Jika kesulitan menemukan pare juga dapat di gantikan dengan merebur akan tanaman pare.

  • Akar bayam Merah

Akar bayam merah sangat efektif untuk mengobati disentri amuba khususnya diare yang sudah akut. Caranya adalah dengan menumbuk segenggam akar bayam merah dengan menambahkan sedikit garam dapur. Kemudian setelah halus diperas dan di ambil airnya untuk di minum.

  • Tepung tapioka

Dengan menggunakan tepung tapioka disentri amuba akan dapat sembuh dengan cepat. Caranya dengan menggunakan tepung tapioka satu sendok makan di campur dengan gula merah secukupnya. Dan tambahkan air setengah gelas. Aduk sampai merata kemudian di minum sampai habis. Bila menggunakan ramuan ini bila diare sudah berhenti maka sebaiknya di hentikan.

Jika sudah minum salah satu dari ramuan tersebut dan diare belum ada perubahan. Maka sebaiknya segera di periksakan ke dokter. Sebab ada kemungkinan diare tersebut di sebabkan karena faktor yang lain. Dengan mengetahui penyebab penyakit lebih cepat dapat mencegah kemungkinan terburuk.

Demikian pembahasan mengenai penyakit disentri amuba.

Semoga informasi ini dapat memberikan banyak manfaat

Baca juga artikel yang lain

Mimisan atau epitaxis dan cara menanganinya

Sakit stroke dan cara terapinya

Bahaya obesitas yang tidak banyak di ketahui orang

Berat badan yang seimbang dan cara menghitungnya

Sakit kepala dan berbagai cara mengobatinya

Kenapa berat badan bertambah terus?

Inilah cara yang sangat mudah untuk selalu sehat

Inilah cara yang mudah untuk menangani migrain atau sakit kepala sebelah

Cara sederhana yang dapat di lakukan untuk mengobati sakit cacar

Cara yang tidak banyak di ketahui orang untuk menurunkan berat badan yang berlebihan

Terima kasih

[contact-form][contact-field label=”Nama” type=”name” required=”true” /][contact-field label=”Surel” type=”email” required=”true” /][contact-field label=”Situs web” type=”url” /][contact-field label=”Pesan” type=”textarea” /][/contact-form]

Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Keranjang>>