CARA MENGOBATI OSTEOPOROSIS

31st Agustus 2016

Sakit Osteoporosis / Pengeroposan tulang

Osteoporosis ialah penyakit menipisnya tulang atau berkurangnya bahan tulang pada semua kerangka. Ini sering terjadi pada tulang yang tidak bergerak atau karena kekurangan gizi. Tapi bisa di juga di sebabkan karena kegiatan kelenjar gondok yang berlebihan, karena komplikasi penyakit gula, kekurangan vitamin C atau karena kelebihan hormon adrenalin. Dan penyakit osteoporosis ini bisa terjadi pada wanita yang mengalami mati haid. Penyakit osteoporosis ini juga sering menyerang orang yang sudah lanjut usia baik laki – laki maupun wanita.

Rasa sakit yang sering di rasakan oleh orang yang terkena penyakit osteoporosis ini ialah rasa sakit pada bagian tulang, tulang lebih mudah patah, punggung terlihat bengkok dan kerusakan yang terjadi pada tulang. Penyakit osteoporosis mempunyai sifat yan khas berupa massa tulang yang rendah, di sertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang.

Klasifisikasi Osteoporosis / Pengeroposan tulang

  1. Osteoporosis primer yaitu penyakit osteoporosis yang sering menyerang wanita paska menopause dan juga sering menyerang pria yang sudah mulai masuk usia lanjut. Penyebab penyakit osteoporosis ini menyerang pada orang yang sudah menopause dan orang yang sudah lanjut usia belum di ketahui secara pasti.

    cara mudah menangani sakit osteoporosis

    perbedaan tulang yang normal dan sehat dengan tulang yang mengalami osteoporosis

  2. Osteoporosis sekunder yaitu penyakit osteoporosis yang menyerang seseorang karena adanya penyakit yang berhubungan dengan cushing’s disease, hyperthyroidism, hyperparathyroidism, hyponogonadism, kelainan hepar, kegagalan ginjal, kurang gerak, kebiasaan minum alkohol, pemakaian obat – obatan tertentu, kelebihan kafein, merokok dll.
  3. Juvenile idiopathic osteoporosis yaitu penyakit osteoprosis yang sering menyerang anak – anak.

Berdasarkan Penyebab Osteoporosis

Osteoporosis postmenupausal

terjadi karena kekurangan ekstrogen ( hormon utama pada wanita ). Yaitu hormon yang membantu mengatur pengankutan kalsium ke dalam tulang pada wanita. Penyakit ini mulai muncul gejalanya pada usia di antara 51 tahun sampai dengan 71 tahun. Akan tetapi terkadang muncul lebih cepat dan terkadang muncul lebih lambat. Setiap wanita memiliki tingkat resiko terkena penyakit osteoporosis postmenopausal yang berbeda – beda. Wanita kulit putih yang tinggal di daerah timur lebih mudah terkena penyakit osteoporosis postmenopausal dari pada wanita yang berkulit hitam.

Osteoporosis sinilis.

Penyakit ini terjadi karena kekurangan kalsium yang berhubungan dengan usia. Dan ketidak seimbangan antara kecepatan hancur dan rusaknya tulang dengan pembentukan tulang yang baru. Sinilis berarti ini menandakan penyakit ini hanya terjadi pada orang yang berusia lanjut. Kebanyakan penyakit ini di temukan pada orang yang berusia di atas 70 tahun. Dan yang paling banyak terkena penyakit ini adalah wanita. Wanita paling sering terkena penyakit osteoporosis postmenopausal dan osteoporosis sinilis. Sebagian kecil penderita sakit osteoporosis juga mengalami osteoporosis sekunder. Yang biasanya di sebabkan karena keadaan medis dan karena obat – obatan. Penyakit ini dapat di karenakan gagal ginjal yang kronis atau karena kelainan hormonal terutama tiroid, para tiroid dan adrenal. Obat – obatan yang sering menyebabkan terkena penyakit ini ialah kortikosteroid, barbiturat, anti kejang, dan hormon tiroid yang berlebihan. Sedangkan minuman beralkohol serta kebiasaan merokok yang berlebihan dapat mengakibatkan penyakit ini  bertambah semakin parah.

Osteoporosis juvenil idiopathic.

Penyakit ini merupakan jenis penyakit tulang rapuh yang penyebabnya tidak di ketahui dengan pasti. Penyakit ini sering terjadi pada anak – anak dan remaja yang memiliki hormon yang normal, kadar vitamin penunjang tulang yang normal dan tidak memiliki penyebab yang jelas yang menyebabkan tulang menjadi rapuh.

Baca juga tentang Terapi Hati Untuk Mengobati berbagai Penyakit

Penyebab sakit osteoforosis

Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan yang menjadi penyebab penyakit pengeroposan tulang. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Kebiasaan merokok.
  • Jenis kelamin. Kebanyakan yang terkena pengeroposan tulang adalah wanita.
  • Kurangnya olah raga.
  • Faktor genetik.
  • Adanya permasalahan kesehatan tertentu. Karena ada sebagian obat yang dapat mempengaruhi pengeroposan tulang.
  • Faktor usia. Biasanya semakin tua usianya semakin beresiko terkena pengeroposan tulang.
  • Kekurangan kalsium.
  • Indeks masaa tulang yang rendah.
  • Kekurangan hormaon. Sering terjadi pada wanita yang sudah memasuki masa menopause.

Gejala Osteoporosis / pengeroposan Tulang

Ada banyak gejala yang timbul terkait penyakit ini di antaranya adalah sebagai berikut.

Kepadatan tulang secara berlahan – lahan berkurang dan semakin menipis.

Kepadatan tulang mengalami perubahan semakin tipis secara berlahan lahan. Karena perubahannya yang berlahan – lahan ini maka pada awalnya penyakit ini seolah tidak menunjukkan gejala. Bahkan seringkali sebagian orang yang menderita penyakit ini tidak menunjukkan gejala. Gejala ini sering terlihat pada penyakit pengeroposan tulang yang sering menyerang pada orang yang sudah lanjut usia.

Kolaps tulang atau kehancuran tulang belakang

Kehancuran tulang belakang akan menyebabkan nyeri yang bertahan cukup lama bisa sampai menahun. Apabila yang mengalami kerapuhan tulang ini pada bagian tulang belakang maka kehancuran tulang bisa terjadi secara spontan atau mendadak yang di sebabkan karena cedera ringan. Biasanya rasa nyeri di rasakan secara tiba – tiba timbul di daerah tertentu di bagian punggung. Dan rasa nyeri tersebut sering kali bertambah sakinya apabila di bawa untuk berdiri atau berjalan. Dan daerah yang terasa nyeri apabila di sentuh akan terasa sakit. Biasanya rasa sakit yang di rasakan dapat hilang setelah bertahan beberapa minggu tapi terkadang dapat bertahan sampai beberapa bulan. Jika beberapa tulang belakang mengalami kehancuran maka akan terlihat bentuk tulang punggung yang tidak normal. Terkadang berbentuk seperti punuk. Dan sering kali ini menyebabkan terjadi ketegangan otot dan terasa sakit.

Seseorang yang mengalami sakit osteoporosis mudah mengalami patah tulang

Mudah mengalami patah tulang yang di karenakan cedera ringan atau karena terjatuh. Patah tulang yang sering sering terjadi dan bersifat cukup serius adalah patah tulang di bagian panggul. Patah tulang lain yang juga sering terjadi adalah patah tulang lengan ( radius ) di daerah persambungannya dengan pergelangan tangan yang sering di sebut dengan fraktur colles. Tulang yang patah pada penderita sakit ini biasanya dapat sembuh secara perlahan – lahan dengan sendirinya. Namun apabila sembuh sendiri dengan posisi yang tidak tepat akan menunjukkan adanya kelainan yang tidak normal dari segi bentuk tulang.

Penanganan Osteoporosis

Sebenarnya setiap penyakit yang mengenai terhadap seseorang harus di teliti lebih lanjut oleh seseorang yang sudah ahli dan mengerti di bidangnya seperti dokter atau terapis yang memang sudah berpengalaman. Namun beberapa cara berikut sudah terbukti membantu penderita sakit osteoporosis

  1. Memperbanyak makanan yang mengandung zat kapur tinggi. Seperti minum susu atau tablet yang mengandung zat kapur. Tetapi minumnya di waktu pagi sehingga bisa di pakai aktifitas dan mudah di serap oleh tubuh.
  2. Bila pada wanita yang sudah mengalami mati haid bisa di berikan hormon estrogen.
  3. Pengobatan jasmani akan menggiatkan otot – otot besar sehingga memberikan rangsangan kepada tulang – tulang.
  4. Bisa di buatkan program gerak bada yang aktif yang bisa di lakukan seumur hidup sesuai kemampuan penderita.
  5. Dapat juga di bantu dengan terapi dan minum tanaman herbal yang dapat melancarkan aliran darah seperti mengkudu, pegagan sebagai stimulan sirkulasi aliran darah, sambiloto sebagai stimulan metabolisme, temulawak sebagai anti radang, gandarusa sebagai anti radang sendi, jahe merah untuk melancarkan aliran darah.

Baca juga Sakit Batu Ginjal

Pantangan Osteoporosis

Untuk membantu proses penyembuhan agar bisa berjalan lebih cepat dan mencegah agar penyakitnya tidak bertambaha semakin parah maka beberapa makanan yang menjadi pantangan seperti di bawah ini harus di hindari. Sebaiknya jangan di konsumsi. Karena bila di konsumsi akan membuat tulang semakin rapuh.

Ada beberapa makanan yang sebaiknya di hindari bagi penderita osteoporosis di antaranya sebagai berikut :

  1. Makanan yang berlemak seperti daging, margarin, santan, hamburger, hotdog dll.
  2. Kopi dan minuman lain yang mengandung kafein.
  3. Cokelat dam,
  4. Minuman yang berkarbonasi atau minuman bersoda.

Saya rasa pembahasan saya sudah cukup panjang dan mudah – mudahan dapat di mengerti dan dapat di pahami bagi pembaca sekalian. Dan juga semoga yang saya tulis kali ini dapat memberikan banyak manfaat. Amiiin

Terima kasih

Jangan lupa kunjungi juga materi yang tentang cara mengobati sakit cacar dengan mudah.

Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Keranjang>>