+6287889863450 sms +6287889863450 +6285710430230 Tosemada@gmail.com
Toserba Online

( pcs)
jmlBarangBerat (Kg)Total
keranjang anda kosong
0 0,00Rp 0

MANFAAT DAUN CINCAU

Selasa, Juli 31st 2018.

DAUN CINCAU DAN MANFAAT DAUN CINCAU

Daun cincau dan manfaat daun cincau dalam kehidupan sehari hari sudah banyak di mengerti oleh kebanyakan masyakat. Biasanya di gunakan untuk bahan pembuatan es cincau yang segar ketika di minum di siang hari yang panas. Akan tetapi manfaat daun cincau dalam bidang kesehatan belum banyak masyarakat yang mengetahuinya.  Setelah di teliti lebih lanjut ternyata cincau selain memiliki manfaat untuk di buat minuman segar. Manfaat daun cincau dalam bidang kesehatan juga cukup banyak. Ada banyak penyakit yang dapat di obati dengan mangambil manfaat daun cincau. Baca juga artikel yang lain terkait Undur undur laut.

Tumbuhan penghasil cincau

Tumbuhan penghasil cincau ada beberapa macam. Yang paling banyak di gunakan dalam pembuatan cincau ada 3 macam. Berikut 3 macam jenis tanaman cincau :

Tumbuhan penghasil cincau hitam. Di ambil dari tanaman dari genus mesona terutama M. Procumbens, M. Chinesis. Jenis ini banyak di manfaatkan di tiongkok bagian selatan serta indocina. Yang lainnya M. Palustris jenis ini banyak di manfaatkan di Indonesia. Biasanya lebih di kenal dengan sebutan “janggelan”. Cincau yang di hasilkan berwarna hitam.

Yang kedua adalah tumbuhan penghasil cincau hijau. Cincau yang di hasilkan berwarna hijau dan lebih padat konsistensinya. Cincau jenis ini banyak di manfaatkan sebagai bahan pembuatan es cincau yang di jual di pasar. Tanaman cincau yang menghasilkan cincau hijau adalah cylea barbata myers.

Melasthoma polyanthum atau cincau perdu. Ini adalah cincau yang tanamannya berbentuk perdu dan merambat. Baca juga artikel yang lain terkait Manfaat undur undur.

Daun cincau

Tanaman cincau sangat mudah tumbuh dan sangat mudah untuk di budidayakan. Cara berkembang biaknya dengan cara merunduk. Untuk menanamnya biasanya hanya dengan memotong tangkainya dan di tancapkan di tanah. Hampir seluruh orang yang tinggal di indonesia mengenal tanaman cincau. Bahkan daun cincau juga di manfaatkan untuk pengobatan tradisional di luar negeri. Akan tetapi di Indonesia tanaman cincau lebih banyak di manfaatkan sebagai minuman segar yang di konsumsi sehari hari. Baca juga artikel yang lain terkait Manfaat bekam untuk kesuburan.

Ciri ciri daun cincau

Membicarakan ciri ciri daun cincau berarti harus mengetahui jenis tanaman cincau yang mana? Sebab tanaman penghasil cincau bukan hanya satu jenis saja. Setiap tanaman penghasil cincau memiliki ciri ciri daun cincau yang berbeda. Untuk lebih jelasnya seperti apa ciri ciri tanaman cincau perhatikan penjelasan di bawah ini. Baca juga artikel yang lain terkait Cara memperlancar persalinan menurut islam.

Daun cincau

Daun cincau

Ciri ciri daun cincau hitam

Cincau hitam di hasilkan oleh tumbuhan dari family labiatae dengan genus mesona. Berikut ini adalah ciri tanaman cincau hitam.

procumbens Hemsley dan M. chinensis. Di wikipedia tanaman ini di masukkan dalam golongan keluarga mint. Tanaman ini memiliki ketinggian antara 15 sampai dengan 100 cm. Ciri cir yang khas terdapat bulu halus pada bagian batang dan daunnya.

Cincau Hitam (Mesona palustris) yang dikenal dengan sebutan Janggelan. Ciri ciri tanaman cincau ini adalah:

  • Batangnya kecil dan ramping.
  • Percabangan tumbuh di bagian ujung batang.
  • Ada jenis yang tumbuh menjalar di permukaan tanah, ada juga yang agak tegak.
  • Daun berbentuk lonjong dengan ujung lancip atau tumpul.
  • Bunga majemuk, seperti bunga kemangi.
  • Bunga berwarna merah muda atau putih keunguan.
  • Bagian daun dan batangnya menghasilkan gelatine berwarna hijau tua mendekati hitam.

Baca juga artikel yang lain terkait Mencegah step pada bayi dengan kopi.

Ciri ciri daun cincau hijau

Cincau hijau di hasilkan oleh tanaman penghasil cincau dari famili Menispermaceae dengan genus Cylea. Yaitu:

Cincau Hijau (Cylea barbata)

Cincau hijau atau Cylea barbata Myers memiliki ciri khas seperti berikut :

  • Batangnya tumbuh menjalar dan dapat rambatkan ke pohon atau pagar.
  • Tinggi tanaman sekitar 5 – 16 meter.
  • Batangnya bulat dan berdiameter sekitar 1cm.
  • Daunnya berbentuk jantung dengan dengan bagian berbentuk seperti bulat telur, dan ujung daun meruncing.
  • Bunga tersusun dalam malai yang tumbuh dari ketiak atau batang.
  • Buahnya berbentuk bulat.
  • Akarnya membesar seperti umbi dan tidak teratur. Akarnya juga berfungsi sebagai obat demam dan sakit perut.
  • Dapat diperbanyak dengan biji, stek batang dan tunas akar.
  • Bagian daunnya menghasilkan gelatine berwarna hijau cerah.

Baca juga artikel yang lainnya terkait dengan Bahaya step pada anak.

Ciri ciri daun cincau perdu

Cincau perdu (Melastoma polyanthum B)

Cincau Perdu termasuk dalam family Melastomaceae. Ciri ciri tanaman cincau perdu adalah sebagai berikut

  • Batangnya berkayu, bercabang banyak.
  • Tumbuh tegak, dengan ketingian dapat mencapai hingga 4 meter.
  • Pada cabang muda tumbuh yang disebut akar udara.
  • Daun bertangkai, bebbentuk bukat telur memanjang dengan ujung runcing.
  • Duduk daun berhadapan.
  • Bunga berbentuk malai, dengan warna ungu kemerahan, yang muncul dari ketiak daun tertinggi atau ujung batang.
  • Memiliki buah dengan biji bulat.
  • Dapat diperbanyak dengan biji, stek batang dan cangkok.
  • Daunnya menghasilkan gelatine berwarna hijau tua.
  • Gel yang didapat pada cincau jenis perdu lebih padat dari pada cuncau hijau dan hitam.
  • Aroma gelnya agak langu. Hal ini bisa di siasati dengan menambahkan jerup nipis pada proses pembuatan.

Itulah ciri cir tanaman dan ciri ciri tanaman cincau. Jika ingin membudidayakan atau membuatnya silahkan pilih yang anda sukai. Baca juga artikel yang lain terkait Bekam malang alamat tempat bekam di malang.

Kandungan daun cincau

Dalam daun cincau banyak terkandung berbagai senyawa yang bermanfaat. Seperti salah satu kandungan cincau senyawa dimetil kurin-1 dimetoidica. Senyawa ini bermanfaat untuk mengendurkan otot-otot tubuh. Kandungan yang lainnya senyawa isokandrodendrin . Senyawa ini sangat bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel tumor ganas. Selain itu cincau juga mengandung alkaloid dan tetandrin. Yang kedua dapat berkhasiat untuk mencegah kanker pada ginjal, anti radang dan menurunkan tekan darah tinggi.

Baca juga artikel terkait

Sakit Kanker

Darah tinggi

Dalam hasil uji coba yang telah di lakukan dengan menggunakan 100 gr daun cincau. Hasilnya menunjukkan kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Yaitu terdapat kandungan energi sebesar 122 kkal,  6 gram protein, 1 gram lemak, 26 gram karbohidrat. 100 mg kalsium, 100 mg fosfor, 3,3 mg zat besi, serta vitamin a, b1, c dan serat makanan.

Selain itu juga masih terdapat kandungan senyawa yang lain yang juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Di antara seperti karbohidrat, zat lemak dan alkaloid siklein, kardioplegikum, tentradine dan dimetil tetradine, polifenol, saponoid dan flavonoida.

Selain dari hasil penelitian yang menambah keyakinan akan manfaat daun cincau bagi kesehatan. Daun cincau sebenarnya sudah banyak di manfaatkan oleh masyarakat secara tradisional sebagai penurun panas. Untuk obat demam, sebagai obat panas dalam, untuk obat sakit perut. Di gunakan sebagai obat diare dan untuk mencegah berbagai permasalahan pencernaan. Dan dari hasil uji coba yang di lakukan ternyata daun cincau juga dapat bermanfaat sebagai anti kanker. Baca juga artikel yang lain terkait Pertolongan pertama pada anak step.

Manfaat daun cincau

Dalam daun cincau banyak terkandung senyawa yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Oleh karenanya cincau sangat cocok di konsumsi oleh semua kalangan. Selain rasanya yang enak dan segar ketika di konsumsi juga memilki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan. Benar benar merupakan salah satu jenis minuman yang sangat baik untuk di jadikan pilihan. Berikut ini adalah manfaat daun cincau :

  • Cincau sangat baik di konsumsi orang yang sedang menjalani program diet. Karena di dalam daun cincau terkandung kalori yang rendah namun kaya serat.
  • Daun cincau sangat bermanfaat untuk meredakan panas dalam, sembelit, perut kembung, demam dan diare.
  • Dalam cincau terkandung senyawa dimetil kurin-1 dimetoidida.  Yang bermanfaat untuk mengendurkan otot.
  • Serat yang terkandung dalam cincau juga bermanfaat untuk membersihkan organ pencernaan dari zat karsinogen yang dapat menyebabkan kanker.
  • Kandungan alkaloid bisbenzilsokuinolin dan S,S-tetandrin dalam daun cincau bermanfaat untuk mencegah kanker pada ginjal. Sebagai  antiradang dan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Daun cincau juga mengandung senyawa isokandrodendrin yang dipercaya mampu mencegah sel tumor ganas.
  • Cincau juga dapat mengobati beberapa penyakit yang lain seperti vertigo, penyakit saluran pencernaan, kolesterol, maag kronis. Asal mau dengan rutin mengkonsumsi cincau secara rutin dan telaten penyakit tersebut dapat sembuh dengan cincau.

Baca juga artikel terkait Jenis sakit kepala.

Cara mengolah daun cincau

Untuk mengolah daun cincau menjadi minuman segar yang berkhasiat juga tidak sulit. Caranya sangat mudah dan sederhana. Berikut beberapa langkah yang dapat di lakukan untuk membuat cincau.

Cara mengolah daun cincau yang pertama

  • Pertama siapkan daun cincau kira kira 15 lembar.
  • Kemudian peras bersama dengan menggunakan air bersih yang sudah matang 2 gelas.
  • Remas remas secara berlahan lahan sampai keluar cairan hijau yang kental.
  • Saring cairan kental cincau yang berwarna hijau. Dan tempatkan dalam wadah gelas. Sebaiknya ramuan ini segera di minum jangan sampai terlalu mengental dan menjadi seperti agar agar.
  • Konsumsi ramuan ini setiap dua kali sehari sebelum makan dan sebelum tidur ( pagi dan sore)
  • Minum ramuan ini secara rutin dalam seminggu. Setelah satu minggu mengkonsumsi secara rutin hasilnya sudah dapat di rasakan.

Selamat mencoba. Cara ini sangat baik untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan. Baca juga artikel yang lain terkait Penyebab kejang pada orang dewasa.

Cara mengolah daun cincau yang kedua

Cara mengolah daun cincau yang kedua adalah dengan memetik daun cincau sampai pada tangkainya. Kemudian cuci dsampai bersih. Selanjutnya di rendam dalam air sambil di remas remas dengan pelan pelan. Selanjut di saring dan dan tempatkan dalam wadah. Dan diamkan selama 24 jam sampa berubah menjadi agar agar.

Di diamkan selam 24 jam adalah untuk memberikan kesempatan pada hidrat arang untuk dapat mengikat air sebanyak banyaknya. Setelah itu dapat di konsumsi dengan menambahkan santan dan gula merah. Jika di gunakan untuk pengobatan sebaiknya di konsumsi dalam bentuk cincau saja. Tidak perlu di tambahkan air santan dan gula. Baca juga artikel yang lain terkait Efek amping lidah buaya.

Cara mengolah daun cincau yang ketiga

Cara mengolah daun cincau yang ketiga adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama siapkan daun cincau yang ingin di buat cincau.
  • Selanjutnya lakukan peremasan daun cincau dengan menggunakan tangan. Sebaiknya jangan di hancurkan menggunakan blender sebab hasilnya tidak akan maksimal. Lebih baik di remas dengan menggunakan tangan.
  • Campurkan dengan air dan lakukan perendaman beberapa saat. Sebelum di saring.
  • Ada juga yang di lakukan dengan perebusan terlebih dahulu.
  • Campurkan soda kue sedikit supaya hasilnya cincau lebih awet.
  • Dan cincau dengan warna yang anda inginkan sudah jadi.
  • Selamat menikmati cincau yang segar dan nikmat serta kaya khasiat.

Hasil dari cincau yang di buat akan memiliki beragam warna tergantung daun cincau yang di gunakan. Wananya bisa hijau atau hijau pekat. Bahkan dapat berwarna hitam. Namun kesemuanya memiliki kesamaan yaitu memiliki kesan tembus pandang atau trasnparan. Namun konsistensinya berbeda beda tergantung jenis tumbuhan yang di gunakan. Baca juga artikel yang lainnya terkait Cara membuat jus lidah buaya.

Demikian pembahasan mengenai manfaat daun cincau dan cara mengolahnya semoga dapat memberikan banyak manfaat. Terima kasih

Produk terbaru

Rp 50.000 55.000
Order Sekarang » SMS : +6287889863450
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeTMD/HBL/113
Nama BarangBIOJAN HERBAL INSANI
Harga Rp 50.000 55.000
Anda HematRp 5.000 (9.09%)
Lihat Detail
Rp 70.000 75.000
Order Sekarang » SMS : +6287889863450
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeTMD/HBL/112
Nama BarangGAMAT HERBAL INSANI
Harga Rp 70.000 75.000
Anda HematRp 5.000 (6.67%)
Lihat Detail
Rp 60.000 65.000
Order Sekarang » SMS : +6287889863450
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeTMD/HBL/111
Nama BarangDakista herbal insani
Harga Rp 60.000 65.000
Anda HematRp 5.000 (7.69%)
Lihat Detail
Rp 50.000
Order Sekarang » SMS : +6287889863450
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeTMD/HBL/110
Nama BarangDATIPES HERBAL INSANI
Harga Rp 50.000
Lihat Detail
Rp 230.000 250.000
Order Sekarang » SMS : +6287889863450
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeTMD/HBL/109
Nama BarangMINYAK KUTUS KUTUS
Harga Rp 230.000 250.000
Anda HematRp 20.000 (8.00%)
Lihat Detail
Rp 80.000 85.000
Order Sekarang » SMS : +6287889863450
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeTMD/HBL/108
Nama BarangMADU HITAM PAHIT AR RAHMAH
Harga Rp 80.000 85.000
Anda HematRp 5.000 (5.88%)
Lihat Detail
Rp 65.000 70.000
Order Sekarang » SMS : +6287889863450
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeTMD/HBL/107
Nama BarangMADU FOR MAMA AL MABRUROH
Harga Rp 65.000 70.000
Anda HematRp 5.000 (7.14%)
Lihat Detail
Rp 65.000 70.000
Order Sekarang » SMS : +6287889863450
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeTMD/HBL/106
Nama BarangMADU IBU HAMIL AL MABRUROH
Harga Rp 65.000 70.000
Anda HematRp 5.000 (7.14%)
Lihat Detail