EPILEPSI ATAU AYAN DAN CARA PENANGANANNYA

8th Agustus 2016

EPILEPSI ATAU AYAN DAN CARA PENANGANANNYA AGAR  DAPAT HIDUP NORMAL

Epilepsi atau yang juga sering di sebut sebagai penyakit ayan merupakan serangan kejang – kejang secara terus menerus. Penyakit ini di karenakan adanya gangguan pada syaraf. Di dalam syaraf belakang dan otak terdapat banyak jaringan – jaringan yang gampang rusak. Oleh karena itu otak di lindungi oleh batok kepala sedangkan syaraf belakang di lindungi oleh tulang belakang. Dalam keadaan normal susunan syaraf ini akan bekerja dengan normal. Akan tetapi apabila ada serangan penyakit atau tidak mendapatkan aliran darah tugasnya akan terganggu. Terutama apabila mendapatkan pukulan yang hebat atau ada  bagian syaraf yang kejepit. Apabila ada satu susunan syaraf yang tidak bisa bekerja dengan normal maka susunan syaraf yang lain juga akan terganggu.

Sedangkan penyakit epilepsi muncul karena gangguan elektrik yang terjadi pada sel sel syaraf pada salah satu sektor otak. Gangguan yang terjadi sering kali di akibatkan karena faktor seperti luka yang terjadi di kepala, infeksi, rabies. Penyebab yang lain seperti radang selaput otak, tetanus, demam, rakhitis, kekurangan gizi, hipoglikemia.

Dan pemicu kambuhnya atau pemicu serangan epilepsi adalah makanan atau minuman yang terlalu berlebihan. Melakukan aktifitas yang terlalu berlebihan sehingga menglami kelelahan, mengalami demam tinggi, emosi / perasaan yang berlebihan yang mengabatkan stres.

epilepsi atau ayan dan cara penanganannya

epilepsi atau ayan dan cara penanganannya agar tidak mudah kambuh dan dpat hidup dengan normal.

Gejala Atau Tanda -Tanda Epilepsi

Seseorang yang terkena serangan epilepsi secara tiba- tiba akan jatuh pingsan. Kemudian seluruh tubuhnya mengejang, lengan dan tungkai melunjur dan tangannya menggenggam erat.  Seringkali lidahnya sampai tergigit karena rahangnya menutup rapat, dari mulutnya keluar busa serta mukanya berwarna kebiru- biruan. Setelah habis kejang- kejang seluruh badan, dia masih terus pingsan untuk beberapa waktu yang agak lama. Terkadang bisa sampai satu jam si penderita dalam kondisi tidak sadarkan diri. Setelah sadar atau siuman pun biasanya dia terus tertidur.

Serangan ayan atau epilepsi yang datang secara mendadak seperti ini akan dapat terjadi sekali seumur hidup atau bahkan berulang –  ulang dalam satu hari. Serangan yang di timbulkan dapat berupa perubahan dalam perasaan  atau hilangnya kesadaran. Kejang urat merupakan tindakan abnormal yang terjadi karena otot – otot mengejang. Sangat sensitif terdap suara bunyi –  bunyian, mudah sekali marah, kedutan dan juga mengompol serta gemetar yang tanpa sebab merupakan gejala gejala yang patut di waspadai sebagai epilepsi.

Jika seseorang yang mengalami epilepsi sudah terbangun dari pingsan dan tidur di tanya tentang apa yang terjadi. Maka dia tidak akan ingat terhadap apa yang baru saja menimpa pada dirinya. Serangan ayan atau epilepsi dapat datang secara berulang – berulang dan sewaktu – waktu secara mendadak.

Pengobatan

Sampai saat ini belum di ketahui obat yang benar – benar ampuh dan mujarab untuk mengobati dan menyembuhkan orang yang sakit ayan atau epilepsi. Usaha paling penting yang dapat di lakukan adalah menghilangkan menghilangkan sebab – sebab yang bisa mengakibatkan serangan ayan atau epilepsi.

Sebab – sebab yang dapat menyebabkan serangan sakit epilepsi yang perlu di hilangkan seperti sisa – sisa penyakit raja singa, urat darah yang mengeras, penyakit penyakit otak, racun dalam alkhohol, cacing – cacing dalam perut dan lain lainnya. Adapun usaha atau ikhtiar yang dapat di lakukan untuk mengurangi timbulnya serangan epilepsi dan memperkecil bahaya epilepsi bagi seseorang yang mederitanya adalah sebagai berikut :

Pencegahan

  • Seseorang yang memiliki penyakit epilepsi sebaiknya senantiasa menjaga dirinya sendiri supaya selalu dalam keadaan sehat. serta dalam pekerjaan dan aktifitas sehari hari badannya jangan sampai terlalu lelah serta pikirannya jangan sampai terlalu penat. Dia sama sekali tidak boleh minum minuman keras, minum kopi, minum teh yang pekat juga tidak boleh. Tidak boleh juga makan daging yang terlalu banyak akan tetapi dia harus mengutamakan makan sayur sayuran setiap kali dia makan. Dalam sehari harinya dia harus cukup istirahat tidur, dan juga harus selalu di usahakan agar dapat buang air besar secara normal pada waktu yang berkententuan seperti setiap pagi hari.

Baca juga tentang Penyakit Scabies

  • Seseorang yang mempunyai penyakit epilepsi atau ayan sebaiknya tidak melakukan perbuatan yang dapat membahayakan dirinya sendiri sewaktu serangan ayan datang tiba tiba. Misalnya seperti memanjat pohon atau tangga, meniti jembatan yang sempit, berdiri di pinggir sungai atau kolam, berenang main sepeda atau berjalan di jalan raya dengan tidak ada yang menemani dan lain sebagainya. Karena jika  sakit epilepsi menyerang tiba tiba dapat menimbulkan dampak yang lebih berbahaya dari pada sakit epilepsi itu sendiri.
  • Jika muncul tanda tanda sakit epilepsi akan menyerang segerah suruh dia menelan satu sendok teh garam dan suruh dia mencium bau bawang putih yang di memarkan. Atau boleh juga tiap – tiap tugkai dan lengan di ikat dengan erat dengan sapu tangan atau tali yang cukup besar. Dengan cara ini biasanya serangan epilepsi dapat di hindari.
  • Dan apabila sudah jatuh pingsan hendaknya dia di baringkan terlentang dan pakaian yang dia pakai di longgarkan. Bila perlu pada mulutnya tepat di bagian gigi di masukan sapu tangan yang sudah di lipat. Ini untuk melindungi lidah dari luka gigit. Dan biarkan dia di tuggu sampai tersadar dengan sendirinya.

Usaha pengobatan

Epilepsi merupakan salah satu penyakit yang cukup sulit untuk di obati. Namun begitu tidak ada penyakit yang tidak ada obatnya. Oleh karenanya jangan menyerah untuk mencari solusi dari penyakit yang sedang anda alami.

Dapat di bantu juga minum obat obatan herbal yang di sarankan oleh ahli terapi. Ini untuk membantu mengurangi kemungkinan terjadinya serangan ayan yang seringkali datang mendadak. sebagian obat herbal herbal yang di sarankan adalah dengan minum  rimpang deringu setiap pekan sekali. Caranya rimpang deringu di tumbuk kemudian di beri air dan di saring. Air saringan tersebut di minum sampai habis setiap satu pekan sekali.

Baca juga Cara menghilangkan tuma

Pantangan Bagi Penderita Epilepsi

Beberapa makanan sebaiknya di hindari bagi penderita penyakit ayan. Karena beberapa jenis makanan apabila di konsumsi oleh penderita ayan akan dapt meningkatkan potensi penyakit ayan untuk datang menyerang. Beberapa makanan yang harus di hindari yang di maksud antara lain sebagai berikut :

  1. Hindari makan kacang- kacangn dan biji – bijian. Karena kacang – kacangan mengandung karbohidrat yang tinggi sedangkan asupan karbohidrat yang terlalu tnggi pada penderita epilepsi harus di waspadai.
  2. Sebaiknya jangan makan jeroan dan beberapa makanan seperti berikut : kuning telor, kaki sapi, dan lemak udang.
  3. Hindari juga makanan yang mengandung glutamin dan asam amino seperti yang terdapat pada : kacang – kacangan , biji – bijian, gandum dan lain lain. Jika makanan yang mengandung glutamin ini di konsumsi oleh orang yang mempunyai penyakit epilepsi. Maka akan dapat meningkatkan kemungkinan besar sakit epilepsi yang di deritanya untuk kambuh.

Sekian pembahasan tentang penyakit ayan dari saya. Semoga bisa memberikan manfaat yang banyak dan dapat juga menolong orang yang sedang sakit karenanya.

Baca juga artikel saya yang lain tentang kesehatan yang InsyaAllah ada manfaatnya. artikel tentang sakit diare atau menceret.

Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Keranjang>>