JENIS SAKIT KEPALA

12th Juli 2018

JENIS JENIS SAKIT KEPALA DAN PENYEBAB SAKIT KEPALA

Jenis jenis sakit kepala terbagi menjadi beberapa macam. Pembagian yang pertama ada yang menyebutnya dengan jenis sakit kepala primer dan jenis sakit kepala sekunder. Sakit kepala merupakan salah satu jenis penyakit yang paling sering dan paling banyak di derita orang. Karena saking banyak dan seringnya sakit kepala menyerang. Banyak pula orang yang mengabaikan sakit kepala tersebut. Padahal sakit kepala terkadang bukan merupakan penyakit biasa. melainkan merupakan gejala dari penyakit yang berbahaya. Sebab ternyata jenis sakit kepala ada banyak dan ada banyak pula penyebab sakit kepala. Baca lebih lengkap tentang sakit kepala pada Sakit kepala.

Ada berbagai tipe sakit kepala yang sering di alami. Adanya perbedaan bagian tempat yang sakit dan perbedaan jenis rasanya menandakan adanya perbedaan jenis sakit kepala yang di alami. Tipe sakit kepala yang di alami dapat memiliki arti yang berbeda dalam berbagai kondisi kesehatan.

Jenis sakit kepala yang sering di derita oleh masyarakat

Berikut ini merupakan beberapa jenis sakit kepala yang sering di derita oleh masyarakat. Baca juga tentang Cara menyembuhkan sakit kepala.

Jenis sakit kepala kepala tegang (tension headache)

Ini merupakan salah satu jenis sakit kepala yang paling banyak di alami. Mereka yang mengalami jenis sakit kepala ini akan merasakan sakit secara konstan pada kedua bagian kepala, belakang mata dan terkadang bagian leher.

Dr powles juga mengatakan “Banyak pula yang merasa kepalanya seperti di ikat,”. Tipe jenis sakit kepala ini bisa terjadi di sebabkan karena beberapa hal. Beberapa di antaranya seperti karena stres, kurang tidur, atau lapar. Baca juga mengenai Efek samping lidah buaya.

Untuk mengobatinya Dr. Powles juga menjelaskan bisa di lakukan dengan berbaring di tempat yang gelap dan sepi. Atau bisa juga di lakukan dengan meletakkan kain hangat di dahi atau di leher. Akan tetapi untuk mengobati penyakit jenis sakit kepala ini kebanyakan orang menggunakan obat penghilang rasa sakit (painkiller). Dan jika sudah di lakukan pengobatan seperti di atas sakit kepala yang di rasakan tidak kunjung hilang. Maka sebaiknya segera konsultasikan pada dokter untuk di lakukan pemeriksaan lebih lanjut. Baca juga tentang Penyebab kejang pada orang dewasa.

Jenis sakit kepala di belakang mata

Jenis sakit kepala di belakang mata juga cukup sering di alami oleh masyarakat. Jenis sakit kepala ini merupakan tanda atau gejala dengan adanya jenis sakit kepala yang lainnya. Seperti sakit kepala tegang, sakit kepala cluster, migrain, atau masalah pada mata.

Adapun untuk pengobatannya tentu saja mengikuti penyebab sakit kepala yang menjadi penyebabnya. Akan tetapi jika anda mengalami jenis sakit kepala ini dan tidak yakin dengan penyebabnya. Maka akan lebih bijaksana jika anda berkonsultasi dengan memeriksakan kepada dokter. Baca juga mengenai Gejala sakit kepala.

Jenis sakit kepala belakang leher atau kepala

Sakit kepala belakang leher atau kepala biasanya di sebabkan karena keseleo leher atau karena cedera tulang belakang bagian atas. Adapun cara mengobatinya dapat di lakukan dengan mengkoesi postur tubuh, olahraga leher atau dengan fisioterapi. Baca juga tentang Ramuan herbal sakit kepala.

Jenis sakit kepala dehidrasi

Jenis sakit kepala

Jenis sakit kepala

Ketika seseorang sedang dehidrasi atau keurang minum sering merasakan sakit kepala. Ini di karenakan dalam kondisi dehidrasi oatak akan berkontraksi untuk sementara karena kekeurangan cairan. Ini akan menunjukkan gejala dengan munculnya rasa sakit di kepala.

Untuk mengobati jenis sakit kepala dehidrasi dapat menggunakan obat sakit kepala. Akan tetapi akan lebih baik jika di obati dengan memberikan cairan yang cukup kepada tubuh. yaitu dengan minum air putih yang cukup. Tidak perlu terlalu banyak minum dalam sekali waktu. Akan tetapi lebih baik minum dalam porsi yang cukup secara rutin. Maka jika di lakukan dalam beberapa jam saja sakit kepala karena dehidrasi ini akan hilang. Baca yang lainnya mengenai Cara membuat jus lidah buaya.

Jenis sakit kepala migrain

Menurut The Migraine Trust, hampir sekitar 15 persen populasi global menderita migrain. Migrain menjadi penyakit terpopuler ketiga di dunia.

Sakit kepala migrain dapat terasa semakin sakit pada saat di gunakan untuk bergerak. Selain itu penderita migrain sering di barengi dengan rasa mual serta sensitif terhadap cahaya dan suara. Beberapa orang akan menunjukkan gejala migrain seperti penglihatan yang memburam atau merasakan sakit kepala seperti di tusuk tusuk.

Jenis sakit kepala migrain dapat di picu karena terlalu sering minum alkhohol, stress, terlalu lelah dan karena jenis makanan tertentu. Untuk itu jika mengalami migrain coba di cari penyebab migrain yang di alami. Sehingga dapat di lakukan tindakan pencegahan. Untuk mencegah migrain dapat di lakukan dengan minum air putih dalam jumlah yang cukup. Cukup tidur, lakukan diet yang sehat dan jangan biasakan telat makan.  Cara terssebut juga dapat membantu proses penyembuhan migrain. Baca selengkapnya tentang migrain di Cara mencegah migrain atau sakit kepala sebelah.

Jenis sakit kepala cluster

Jenis sakit kepala cluster dapat berlangsung sangat lama bahakan bisa berlangsung selama 12 minggu. Rasa yang di derita juga sangat menyakitkan. Biasanya rasa sakit yang di rasakanan berada di sekeliling mata atau pinggir dahi. Gejala yang lainnya mengalami mata yang berair dan bahkan mata memerah sampai kelopak mata membengkak dan dari hidung juga mengeluarkan cairan.

Sakit kepala cluster ini belum di ketahui jelas penyebabnya. Akan tetapi penderitanya sudah cukup banyak. Untuk itu jika mengalaminya sebaiknya di konsultasikan kepada dokter. Dan yang lebih perlu di perhatikan obat sakit kepala tidak berguna jika di gunakan untuk mengobati jenis sakit kepala ini. Baca selengkapnya pada Sakit kepala cluster.

Jenis sakit kepala hormon

Sakit kepala yang di karenakan hormon biasanya banyak di alami oleh wanita. Khususnya ketiaka akan menekati atau selama mengalami siklus menstruasi. Akan tetapi juga bisa terjadi pada wanita pada masa menopause. Penyebab lainnya dapat terjadi karena mengkonsumsi pil KB atau setelah kehamilan.

Jenis sakit kepala vertigo

Vertigo adalah jenis sakit kepala di mana orang yang mengalaminya merasakan serasa bumi berputar. Dia akan merasakan seolah olah lingkungan yang ada di sekitarnya berputar atau melayang. Hal ini yang mengakibatkan penderitanya mengalami kehilangan keseimbangan sehingga merasa kesulitan untuk berdiri ataupun berjalan. Baca juga tentang Manfaat daun kersen.

Perlu diketahui, vertigo bukanlah nama penyakit. Namun, sebuah kumpulan gejala yang bisa terjadi secara tiba-tiba atau berlangsung selama jangka waktu tertentu dalam satu waktu.

Sakit kepala baik yang belakang ataupun sakit kepala sebelah jarang sampai mengancam jiwa. Namun kondisi sakit kepala sering merupakan tanda atau gejala penyakit yang lain. Atau tanda penyakit lain yang akan menyerang seperti sakit stroke yang merupakan jenis penyakit yang serius. Baca juga tentang Sakit stroke dan terapinya.

Oleh karenanya jika mengalami gejala sakit kepala seperti yang telah di jelaskan di atas. Terlebih sakit kepala tersebut tidak kunjung sembuh. Maka sebaiknya segera di periksakan ke dokter untuk di periksa lebih lanjut dan di ketahui penyebabnya.

Penyebab sakit kepala

Jika sakit kepala sudah di ketahui penyebabnya maka akan lebih mudah untuk melakukan tindakan penyembuhan. Kebanyakan sakit kepala bukan merupakan penyakit yang berbahaya. Akan tetapi beberapa jenis sakit kepala merupakan gejala dari penyakit yang berbahaya yang mengancam jiwa. Seperti karena penyakit stroke atau karena adanya tumor di kepala.

Kondisi secara umum sakit kepala dapat di kelompokkan menjadi beberapa. Berikut ini beberapa jenis sakit kepala yang di dasarkan dari penyebab sakit kepala. Baca juga mengenai Manfaat lidah buaya untuk bibir.

Penyebab sakit kepala primer

Sakit kepala primer biasanya di sebabkan karena reseptor nyeri yang terlalu aktif di kepala. Diperkirakan bahwa ada aktivitas kimia yang terjadi di otak, saraf, pembuluh darah di dalam dan di luar tengkorak, serta otot-otot di kepala dan leher. Berikut ini beberapa penyebab sakit kepala primer yang paling sering terjadi :

  • Sakit kepala migrain.
  • Sakit kepala tegang.
  • Sakit kepala cluster.

Selain itu gaya hidup atau kebiasaan hidup juga dapat menjadi penyebab sakit kepala primer yaitu :

  • Kebiasaan minum alkhohol.
  • Karena makan makanan tertentu.
  • Kurang tidur atau perubahan kebiasaan waktu tidur.
  • Telat makan. Postur tubuh yang tidak baik / buruk.
  • Mengalami stress yang berlebihan.

Penyebab sakit kepala sekunder

Sakit kepala sekunder dapat terjadi karena adanya penyakit lain yang lebih serius. Beberapa penyakit seperti di bawah ini dapat memberikan tanda atau gejala berupa sakit kepala.

  • Terjadi pendarahan di otak atau pada jaringan tipis yang menutupi otak.
  • Mengalami sakit tumor otak. Baca juga tentang Sakit kanker.
  • Sedang sakit tekanan darah tinggi. Baca juga tentang Akibat darah tinggi.
  • Gegar otak.
  • Penumpukan cairan pada otak yang mengakibatkan pembengkakan pada otak.
  • Terjadi infeksi pada otak seperti sakit meningitis, ensefalitis atau sakit abses.
  • Mengalami infeksi telinga.
  •  Keracunan zat karbon monooksida.
  • Mengalami permasalahan kesehatan gigi.
  • Kekurangan oksigen pada saat tidur.
  • Penumpukan tekanan dalam otak.
  • Adanya permasalahan pembuluh darah pada otak dan pendarahan yang terjadi pada otak seperti aneurisma di otak atau sakit stroke.
  • Sakit influensa dan penyakit demam yang lain.
  • Merasa panik atau sedang terkena gangguan panik.
  • Terlalu sering mengkonsumsi obat penghilang nyeri.

Demikian pembahasan mengenai jenis jenis sakit kepala dan penyebab sakit kepala yang sering terjadi. Semoga pembahasan mengenai jenis jenis sakit kepala dan penyebab sakit kepala yang sering terjadi ini dapat memberikan banyak manfaat. Terima kasih.

[contact-form][contact-field label=”Nama” type=”name” required=”true” /][contact-field label=”Surel” type=”email” required=”true” /][contact-field label=”Situs web” type=”url” /][contact-field label=”Pesan” type=”textarea” /][/contact-form]

Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Keranjang>>