KEMANDULAN

12th Agustus 2016

TINDAKAN PENGOBATAN UNTUK KEMANDULAN ATAU INFERTILITAS

Mandul atau istilah lainya infertilitas ialah suatu istilah yang di definisikan sebagai kegagalan, tidak berhasil atau tidak dapat membentuk. Untuk orang laki – laki mandul atau kemandulan di artikan sebagai ketidak sanggupan seorang laki – laki dalam membuahi telur yang normal. Namun berbeda pengertian bagi wanita meski punya maksud yang sama. Kemandulan atau mandul di artikan sebagai kegagalan alat kel*min wanita untuk membuat benih sperma bekembang sempurna. Memang benar seorang wanita tidak akan bisa hamil apabila alat kel*minnya tidak dapat berkembang dengan sempurna. Dengan tidak sempurnanya perkembangan alat kel*min wanita maka sperma yang sudah masuk juga tidak bisa berkembang dengan sempurna yang mengkibatkan kegagalan untuk terjadi kehamilan.

Istilah kemandulan dalam bidang reproduksi di artikan sebagai kegagalan untuk dapat meneruskan keturunan baik itu pada binatang atau manusia. Reproduksi atau usaha untuk meneruskan keturunan di lakukan melalui hubungan s*ksual (hubungan  alat kel*min ) antara laki – laki dan perempuan atau jantan dan betina bila untuk binatang.

Baca juga Darah Tinggi

Pada manusia kemandulan atau infertilitas merupakan suatu istilah ketidak mampuan pasangan atau salah satu di antara pasangan untuk memiliki keturunan. Memiliki keturunan merupakan dambaan sebuah pasangan yang sudah berumah tangga. Karena adanya kemandulan yang di derita oleh pasangan atau salah satu di antara pasangan dapat mengurangi kebahagiaan dalam keluarga. Suara tangisan seorang bayi merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi seseorang yang sudah berumah tangga. Untuk itu biasanya seseorang yang sudah menikah dalam waktu yang lama dan belum memiliki keturunan. Mereka akan berusaha untuk mendapatkan keturunannya meski dengan biaya yang mahal.

Penyebab Kemandulan atau Infertilitas

Untuk seorang laki – laki yang mengalami infertilitas. Biasanya di karenakan adanya gangguan pada buah z*k*r atau buah z*k*r mengalami sakit / tidak normal. Sehingga tidak bisa mengeluarkan sel sperma. Atau bisa mengeluarkan sel sperma namun sperma yang keluar tidak sempurna. Sehingga tidak sanggup untuk membuahi sel telur pada wanita. Penyakit gondong yang di alami seorang pria dapat mengakibatkan kerusakan pada buah z*k*r. Yang pada akhirnya menjadi penyebab mandul / kemandulan pada seorang pria.

Penyebab lain kemandulan pada seorang laki – laki yang mungkin terjadi ialah tersumbatnya saluran air mani. Saluran ini di gunakan untuk mengalirkan sel sperma dari buah z*k*r ke saluran kencing. Keadaan seperti ini ada kemungkinan di sebabkan karena kurang gizi. Namun juga bisa di sebabkan karena hubungan kelamin yang terlalu sering. Sehingga buah z*k*r tidak memiliki cukup waktu untuk mendewasakan sel sperma. Biasanya buah z*k*r mendewasakan sel sperma butuh waktu sekitar dua hari. Untuk itu agar sel sperma selalu subur sebaiknya hubungan kel*min di lakukan setiap dua hari atau lebih.

Baca juga tentang Sakit Stroke dan Cara Pencegahannya

kemandulan atau infertilitas dan cara pengobatannya

kemandulan atau infertilitas dan cara pengobatannya

Kemandulan yang di alami seorang wanita memiliki penyebab yang lebih banyak. Tapi mungkin setiap wanita yang mengalaminya hanya dengan satu sebab saja. Kemandulan pada wanita bisa di sebabkan karena gerak badan yang salah. Gerakan badan yang terlalu berat dapat membuat sel sperma yang sudah masuk ke dalam indung telur tidak dapat berkembang dengan baik. Penyebab yang lain ialah terlalu capek bekerja atau berkatifitas, mengalami ketegangan syaraf, terjadinya kelainan pada kelenjar endokrin terutama kelainan yang terjadi pada indung telur, terjadinya penyumbatan atau penyempitan pada saluran indung telur.

Beberapa Faktor Penyebab Seseorang Mengalami Kemandulan

Meski di atas tadi sudah saya singgung sedikit tentang penyebab terjadinya kemandulan baik kemandulan pada laki – laki atau kemandulan pada wanita. Namun di sini agar lebih jelas akan saya simpulkan penyebab kemandulan baik pada pria maupun pada wanita. Penyebab kemandulan tersebut antara lain :

  1. Kemandulan bisa di sebabkan karena faktor biologis.
  2. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak sesuai dengan metabolisme tubuh.
  3. Kebiasaan merokok.
  4. Varicocele (pada laki – laki)
  5. Andanya penyumbatan pada saluran sperma.
  6. Adanya kerusakan yang terjadi pada buah z*k*r/ kelainan pada buah z*k*r sehingga tidak bisa menghasilkan sperma yang sempurna.
  7. Wanita yang terlalu banyak beraktifitas.
  8. Terjadinya ketegangan syaraf pada wanita. Terjadinya kelainan pada kelenjar endokrin terutama pada indung telur.
  9. Adanya penyumbatan pada saluran indung telur.
  10. Melakukan aktifitas hubungan pastri yang terlalu sering.

Tindakan Pengobatan Yang Bisa di Lakukan Untuk Penyembuhan Kemandulan

Sebelum di lakukan ke tahap pengobatan yang selanjutnya akan lebih baik jika antara suami istri yang mengalami kemandulan di periksa terlebih dahulu. Dia antara mereka siapa yang mengalami masalah kedua – duanya atau salah satu pihak saja. Ada baiknya juga apabila minta nasehat kepada dokter atau terapis yang di percaya tentang kebiasaan hubungan kel*min yang di lakukan. Ada kemungkinan dengan merubah kebiasaan hubungan kel*min bisa membuahkan hasil. Namun ada kemungkinan juga perlu di lakukan pemeriksaan terkait dengan alat kel*min secara lebih mendalam serta pemeriksaan terkait dengan sel sperma.

Tindakan Pengobatan infertilitas Untuk Wanita.

  1. Sebelum di lakukan tindakan pengobatan lebih lanjut mintalah suami untuk di periksa terlebih dahulu.
  2. Minta nasehat kepada dokter atau terapi yang sudah berpengalaman. Terkait dengan penyebab kemandulan yang di alami dan dalam beberapa kasus  terapis atau dokter tersebut mungkin akan dapat langsung membetulkannya. Namun akan ada kemungkinan di lakukan pembedahan untuk membetulkan organ yang tidak normal yang menjadi penyebab kemandulan.
  3. Jangan minum obat pelangsing terlalu sering dalam jangka panjang yang dapat mengkibatkan rahim menjadi kering sehingga mengakibatkan seorang wanita mengalami kemandulan.
  4. Ada baiknya makan dan minum yang banyak mengandung gizi yang dapat meningkatkan kesuburan seperti minum madu, minum baru cina yang dapat menguatkan rahim, minum rebusan air temu putih yang dapat membersihkan darah atau yang lainnya sesuai dengan masalah yang menjadi penyebab kemandulan.
  5. Untuk membantu melancarkan aliran darah sehingga membantu proses penyembuhan dari kemandulan bisa di lakukan dengan terapi bekam atau akupuntur pada titik – titik tertentu. Untuk melakukan terapi tersebut mintalah petunjuk pada terapi yang sudah ahli dan berpengalaman di bidangnya.

Tindakan Pengobatan infertilitas Pada Laki – Laki

Tindakan yang perlu di lakukan mungkin sedikit berbeda dengan yang harus di lakukan pada wanita. Adapun tindakan yang perlu di lakukan antara lain seperti berikut :

  1. Mungkin perlu di periksa dan di teliti lebih jauh terkait dengan alat kel*min dan sel sperma. Untuk hal ini ikutilah petunjuk dokter.
  2. Hindari hubungan pastri yang terlalu sering dan berlebihan.
  3. Makanlah makanan yang mengandung gizi yang seimbang. Makanlah makanan yang banyak mengandung vitamin terutama yang banyak mengandung vitamin E.
  4. Untuk membantu melancarkan aliran darah dan membuka adanya penyumbatan yang terjadi bisa di lakukan dengan terapi bekam atau akupuntur. Lakukan terapi itu bersama dengan orang sudah ahli dan mengerti.

Pantangan bagi penderita infertilitas

Bagi penderita penyakit ini sebaiknya menghindari pantangan berikut ini. Pantangan ini mungkin tidak dapat menyembuhkan. Akan tetapi jika pantangan ini di lakukan mungkin dapat menghilangkan kemungkinan untuk sembuh.

  1. Sebaiknya anda berhenti minum alkhohol.
  2. Jangan mengkonsumsi narkoba atau obat –obatan kimia yang terlalu berlebihan.
  3. Akan sangat baik bila anda berhenti merokok.

Untuk saat ini sampai di sini dulu pembahasan tentang infertilitas atau kemandulan. Anak merupakan keahagiaan tersendiri dalam keluarga. Anak merupakan titipan dan Amanah yang di berikan oleh Allah swt. Untuk itu selain dengan ikhtiar terapi tetaplah berusaha dengan berdoa minta kepada Allah swt. Semoga yang sedang mendampakan datangnya si mungil buah hati segera di berikan oleh Allah swt sang penguasa jagad raya … Amiiin. Untuk pembahasan bagaimana cara terapi bekamnya guna membantu seseorang yang mengalami masalah kemandulan InsyaAllah akan di bahas di lain kesempatan.

Semoga artikel saya ini memberikan banyak manfaat kepada siapapun yang mebacanya terima kasih

jangan lupa baca juga artikel tentang kesehatan yang lainya seperti insomnia dan cara mengobatinya.

[contact-form][contact-field label=”Nama” type=”name” required=”true” /][contact-field label=”Surel” type=”email” required=”true” /][contact-field label=”Situs web” type=”url” /][contact-field label=”Pesan” type=”textarea” /][/contact-form]

Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Keranjang>>