SAKIT ANEMIA DAN TERAPI MUDAH MENYEMBUHKANNYA

2nd Juni 2016

SAKIT ANEMIA DAN TERAPI MUDAH MENYEMBUHKANNYA

Pengertian Sakit Anemia yaitu kondisi tubuh mengalami kekurangan sel darah merah atau kekurangan hemoglobin ( Hb ) dalam sel darah tersebut. Sehingga darah tidak mampu membawa zat – zat asam sebagaimana mestinya. Keadaan yang yang seperti ini akan mempengaruhi semua organ dalam tubuh. Karena CO₂ yang menumpuk akan meracuni sel yang ada dalam tubuh. Dalam normal dalam darah terkandung 40 sampai dengan 45 % sel darah merah dan 55 sampai dengan 60 % plasma. Dalam buku yang berjudul “ Penuntun Perawatan & Pengobatan Modern “ karya Harold Shryock, M.D. Pada pasal 19 tentang “ Pembuluh Darah dan Pelbagai Penyakit Dalam Darah “ yang membahas tentang Anemia di halaman 328. Di jelaskan Biasanya ada 12,5 sampai 14 gram dalam 100 cc darah. Bilangan sel darah merah yang normal ialah 4,5 samapai 5,5 juta dalam satu mm kubik. Bagi wanita angka ini semakin turun 10 %.

Seseorang mengalami sakit anemia bisa di sebabkan karena produksi darah dalam tulang sumsum mengalami gangguan. Bisa jadi karena tubuh orang yang bersangkutan kekurangan vitamin B₁₂ yang berguna untuk mematangkan sel. Serta kombinasi zat besi dan gizi bagi setiap sel agar dapat menerima hemoglobin. Apabila sakit anemia yang terjadi karena kondisi tulang sumsum yang tidak dapat memproduksi sel darah secara maksimal maka ini dinamakan anemia produksi.

Untuk mengobati sakit anemia dengan cara alami baca manfaat Biji nangka

Sedangkan anemia yang lain terjadi karena sel darah merah mati sebelum waktunya. Yaitu usia sel darah merah secara umum adalah 120 hari apabila sebelum 120 hari mati. Maka sel darah merah akan berkurang lebih cepat di bandingkan produksinya akibatnya terjadi sakit anemia. Jenis anemia seperti ini sering di sebut sebagai anemia hemolytica. Tapi apabila sel darah merah hilang karena pendarahaan baik pendarahan saat melahirkan maupun pendarahan karena kecelakaan. Maka ini di namakan anemia sekunder. Yang terakhir anemia aplastica yaitu anemia yang di sebabkan karena tulang sumsum tempat yang bertugas memproduksi sel darah merah mengalami kerusakan.

Sebelumnya sudah di sebutkan tentang jenis jenis anemia mungkin pembaca belum memahami benar setiap jenis tentang sakit anemia. Karena sekarang waktunya terbatas mungkin penjelasan tentang sakit anemia akan di jelaskan secara mendetail di lain kesempatan. Tapi kalau tidak lupa hehehehe.

Terapi Mudah Menyembuhkan Sakit Anemia

Sakit Anemia, penyebabnya dan cara penyembuhannya

Sebab – Sebab Sakit Anemia

Sebenarnya setiap jenis sakit anemia memiliki penyebab yang berbeda. Namun begitu dari semua jenis memiliki satu kesamaan yaitu sama – sama kekurang sel darah merah. Secara umum penyebab sakit anemia adalah sebagai berikut :

  1. Sewaktu haid mengeluarkan banyak darah.
  2. Terjadi pendarahaan saat melahirkan.
  3. Terjadinya pendarahaan karena menglami kecelakaan.
  4. Karena keracunan timah hitam, arsen atau air raksa juga menyebabkan sakit anemia.
  5. Terdapat cacing pita dalam usus sehingga mengakibatkan infeksi kuman yang merusak vitamin B₁₂ sebelum dapat di serap oleh tubuh.
  6. Karena di dalam lambung kekurangan asam klorida yang akibatnya tubuh tidak mampu menyerap zat besi yang terkandung dalam makanan.
  7. Orang yang melakukan diet ketat sehingga kekurangan makan makanan yang mengandung zat besi dan vitamin B₁₂.
  8. Dan lain – lain.

Gejala Atau Tanda Sakit Anemia

Tanda – tanda yang muncul pada orang yang sakit anemia mungkin ada sedikit kemiripan dengan tanda – tanda orang yang sakit tekanan darah rendah. Tapi sebenarnya berbeda antara sakit anemia dengan sakit tekanan darah rendah. Anemia merupakan penyakit yang muncul karena kurangnya sel darah merah yang di sebabkan oleh faktor tertentu sedangkan tekanan darah rendah merupakan penyakit yang di sebabkan karena pembuluh nadi terlalu kendor sehingga darah tidak dapat mengalir dengan lancr yang akibatnya nutrisi yang di bawa oleh darah tidak dapat menjangkau ke seluruh jaringan tubuh. Berikut ini merupan tanda – tanda atau ciri orang mengalami sakit anemia antara lain :

  1. Pada bibir akan tampak warna keunguan yang menandakan aliran darah mengalir kurang lancar.
  2. Sering mimisan/ keluar darah dari lubang hidung.
  3. Terasa seperti mau pingsan karena darah tidak mengalir lancar sehingga badan terasa sangat lemah seperti mau pingsan.
  4. Suplai darah ke otak terganggu akibatnya kepala terasa pusing.
  5. Muncul rasa gatal – gatal sesudah mandi.
  6. Kepala rasanya sangat berat.
  7. Terkadang terjadi pembengkakan di mata kaki.
  8. Mata menjadi buta ayam.
  9. Wajah menjadi berwarna merah menyala karena banyaknya jumlah sel darah yang di hasilkan oleh tulang sumsum.

Meskipuan secara spesifik ciri – ciri orang sakit anemia tergantung dari jenis sakit anemia yang di alami. Namun sedikit ciri – ciri yang di tulis secara umum di atas akan cukup membantu mengetahui gejala orang sakit anemia.

Tindakan Yang Harus Di Lakukan

Orang yang mengalami sakit anemia tidak boleh di biarkan begitu saja sebagaimana orang yang sakit flu terkadang di biarkan saja akan dapat sembuh dengan dsendirinya dalam beberapa hari. Akan tetapi harus di ambil tindakan agar sakitnya dapat segera sembuh. Tindakan yang harus di lakukan berkaitan dengan orang yang sakit anemia antara lain :

 untukmengetahui perbedaan sakit anemia dan darah rendah baca Sakit darah rendah

  • Seseorang yang sakit anemia secara otomatis syarafnya akan ikut terganggu, untuk itu perlu di berikan pengobatan dengan menggunakan air panas dan sedikit olah raga untuk membantu menguatkan otot badan. Sedang orang yang mengalami sakit yang parah pada bagian syaraf maka untuk penanganannya memerlukan ketelitian dalam perawatan dengan tujuan untuk menjaga luka – luka dan infeksi pada kantong kemih. Dan terdapat kemungkinan pengobatan syaraf tersebut berlangsung cukup lama bisa sampai hitungan tahun untuk dapat mengembalikan syaraf secara normal.
  • Harus banyak istirahat jangan terlalu banyak aktifitas yang membuat badan terlalu lelah. Selain itu harus di jaga betul betul agar organ organ tubuh tidak sampai kekurangan zat asam. Memang perlu melakukan olah raga agar kesehatan tubuhnya tetap terjaga. Namun jangan sampai terlalu berlebihan dan usahakan olah raga ringan di lakukan di alam terbuka.
  • Sebaiknya sebelum di periksakan kepada orang yang ahli di bidang kesehatan terlebih dahulu di cari penyebab anemia dengan melakukan riset kecil. Yaitu dengan mencatat perubahan warna kotoran saat buang air besar, menulis daftar makanan yang di makan, serta memperhatikan perubahan darah haid karena itu akan sangat membantu untuk mengalisa oleh orang yang sudah sangat memahami tentang kesehatan.
  • Sebaiknya mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi.
  • Mengatur pola makan agar seimbang.
  • Minumlah obat obatan herbal yang bermanfaat untuk mengobati anemia.

Penting perlu perhatian

  1. Sedangkan wanita yang saat haid mengeluarkan darah terlalu banyak maka harus segera di periksakan. Ini di takutkan adanya bahaya yang lain. Seperti penyakit kanker karena keluarnya darah yang terlalu banyak dari dalam perut merupakan ciri – ciri dari tujuh macam penyakit kanker. Sedangkan masalah sakit anemia itu sendiri bukanlah masalah yang besar dan lebih mudah di atasi.
  2. Apabila yang sakit anemia adalah orang yang sudah usia lanjut maka orang tersebut harus istirahat di tepat tidur. Dan dengan di lakukan perawatan secara rutin sampai kadar hemoglobin dalam darahnya meningkat sampai 8 – 9 gram per 100 cc darah atau lebih tinggi lagi. Sesuai dengan petunjuk orang yang menangani ( dokter / terapis).
  3. Apabila yang mengalami sakit anemia adalah wanita yang sedang hamil untuk penanganannya harus di lakukan oleh orang yang sudah sangat faham dalam bidang kesehatan. Karena di kuatirkan akan berpengaruh terhadap janin yang sedang di kandungnya.
  4. Sebaiknya jangan mencari kesembuhan sakit anemia dengan cepat yaitu dengan minum obat penambah darah karena efek sampingnya akan merusak syaraf dalam jangka panjang.

Cukup sampai di sini pembahasan mengenai sakit anemia dan terapi mudah menyembuhkannya semoga memberikan banyak manfaat .

baca juga artikel yang lain cara terapi diabetes.

Semoga informasi ini dapat memberikanbanyak manfaat

[contact-form][contact-field label=”Nama” type=”name” required=”true” /][contact-field label=”Surel” type=”email” required=”true” /][contact-field label=”Situs web” type=”url” /][contact-field label=”Pesan” type=”textarea” /][/contact-form]

Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Keranjang>>