Sakit Kepala Cluster

25th November 2017

Sakit Kepala Cluster

Sakit kepala cluster kebanyakan menyerang pada seorang yang berjenis kelamin pria. Tidak banyak wanita yang menagalami sakit kepala cluster. Kebanyakan orang yang terkena sakit kepala cluster berusia di atas 25 tahun. Sakit kepala cluster ini biasanya menyerang pada waktu malam hari. Sehingga membangunkan orang yang mengalaminya dan sakit kepala cluster ini berlangsung secara rutin setiap malam. Biasanya sakit kepala cluster ini akan menyerang setiap malam dan dalam jangka waktu mingguan atau bahkan bulanan.

Baca juga secara lengkap tentang Sakit Kepala

Definisi sakit kepala cluster.

Sakit kepala cluster adalah sebuah sidrom sakit kepala yang berupa rasa nyeri pada kepala. Rasa sakit pada penyakit kepala cluster biasanya terasa jauh lebih dalam di kepala atau di sekitar mata. Akan tetapi rasa sakitnya dapat berpindah ke bagian dahi, pipi atau pelipis. Rasa nyeri yang di rasakan pada sakit kepala cluster biasanya tetap dan tidak berdenyut, dan berlangsung secara intensif.

Rasa nyeri pada penyakit kepala cluster akan dapat hilang dengan cepat akan tetapi juga dapat hilang secara perlahan lahan. Kapan penyakit kepala cluster ini akan menyerang tidak dapat di tebak. Setelah terkena penyakit kepala cluster mungkin akan sembuh dalam beberapa bulan dan tidak merasakan sakit kepala lagi. akan tetapi sewaktu waktu penyakit kepala cluster dapat kambuh kembali.

Kemungkinan terkena sakit kepala cluster

Sakit kepala cluster tidak banyak menyerang orang. Orang yang terkena serangan penyakit kepala cluster hanya berada di bawah 1 % saja. Selain itu penyakit ini juga bukan merupakan penyakit turunan. Baca juga Berbagai Macam sakit batuk dan cara pengobatannya.

Sakit Kepala Cluster

Sakit Kepala Cluster

Gejala sakit kepala cluster

Sakit kepala cluster menyerang tanpa menunjukkan adanya gejala sebelumnya. Biasanya terjadi dalam waktu yang cepat. Beberapa gejala penyakit kepala cluster pada saat menyerang adalah sebagai berikut.

  • Merasakan sakit kepala yang luar biasa. Biasanya rasa sakit muncul di daerah sekitar mata akan tetapi dapat menjalar ketempat yang lain. Seperti menjalan ke daerah pipi, wajah, kepala, leher, dan pundak.
  • Biasanya menyerang pada malam hari dan mengakibatkan yang terkena menjadi bangun.
  • Merasa sangat gelisah.
  • Mengeluarkan air mata secara berlebihan.
  • Serangan yang terjadi dapat bertahan antara 30 menit sampai satu jam.
  • Mata menjadi merah karena efek samping.
  • Keluar ingus dari hidung yang merupakan efek samping pada wajah.
  • Kelopak mata menjadi layu.
  • Pupil mata menjadi terlihat mengecil.
  • Terlihat ada bengkak di sekitar mata.
  • Wajah berkeringat dan terlihat pucat.
  • Merasakan sakit kepala pada sebagian sisi.

Penyakit ini biasanya menyerang setiap malam dan dapat berlangsung secara rutin dalam waktu yang cukup lama. Biasanya akan berlangsung dari satu minggu sampai 12 minggu. Masih ada kemungkinan gejala yang dapat di tunjukkan selain gejala penyakit kepala cluster yang sudah di sebutkan. Maka jika mengalami gejala sakit kepala yang di rasa berbeda dengan sakit kepala yang biasanya. Sebaiknya segera di periksakan kepada dokter untuk mengetahui penyebabnya lebih lanjut. Dan untuk dapat bila di lakukan tindakan yang tepat sedini mungkin.

Baca secara lebih lengkap tentang gejala sakit kepala pada Gejala Sakit Kepala

Penyebab sakit kepala cluster

Penyebab sakit kepala cluster yang sebenarnya belum dapat di ketahui secara pasti. Akan tetapi sebagian dari para pakar berpendapat sakit ini di akibatkan karena adanya kelainan pada hipotalamus. Yaitu daerah otak yang memiliki dua fungsi. Yaitu untuk menghubungkan otak ke sistem syaraf dan bertindak sebagai jam biologis bagi tubuh. Mungkin inilah yang menjadi penyebab kenapa penyakit kepala cluster sering terjadi pada waktu yang sama.

Baca juga Terapi Hati Untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Selain itu ada kemungkinan faktor lain yang mungkin juga terlibat sebagai penyebab penyakit kepala cluster. Di antaranya adalah sebagai berikut :

Hormon

Orang yang mengalami sakit kepala ini mengalami ketidak normalan pada hormon tertentu. Seperti hormon cortisol dan mhormon melatonin. Baca juga mengenai Alegi dan pemicu alergi dan tindakan yang harus di lakukan.

Neurotransmitter.

Terjadinya perubahan para beberapa reaksi kimia yang membawa impuls syaraf ke otak.

Faktor lain.

Sakit kepala cluster tidak ada hubungan dengan makanan atau minuman sebagai penyebab. Akan tetapi mengkonsumsi alkhohol dan berbagai hal yang berbau menyengat di yakini dapat menjadi pemicu.

Hal hal yang meningkatkan resiko terkena sakit kepala cluster

Ada berbagai hal yang meningkatkan seseorang terkena sakit kepala cluster. Di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Berjenis kelamin laki laki. Dari kebanyakan kasus hampir semua orang yang terkena sakit kepala cluster berjenis kelamin laki laki.
  • Sudah berusia dewasa. Kebanyakan orang yang terkena sakit kepala cluster berusia di atas 25 tahun. Sangat jarang terjadi yang terkena di usia di bawah 25 tahun.
  • Memiliki kebiasaan merokok. Kebanyakan yang terkena penyakit ini memiliki kebanyakan merokok. Oleh karenanya merokok juga di yakini sebagai pemicu serangan dari sakit kepala yang paling menyakitkan ini.
  • Riwayat dalam keluarga. Memang sakit kepala ini bukan merupakan faktor keturuanan. Atau penyakit yang dapat di turunkan oleh keluarga. Akan tetapi jika dalam riwayat keluarga ada yang terkena sakit kepala ini kemungkinan resiko untuk terkena penyakit ini juga semakin besar.

Baca juga tentang Sakit kanker, Penyebab dan Pantangannya

Cara pencegahan sakit kepala cluster

Karena penyabb sakit kepala ini tidak di ketahui dengan pasti. Oleh karenanya untuk mencegah terjadinya serangan untuk pertama kali juga tidak dapat di jelaskan secaraterperinci. Akan tetapi sangat baik untuk tetap menjaga kesehatan dengan melakukan pola hidup sehat. dan selalu melakukan pola makan yang sehat pula. Rajin berolahraga setiap hari dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. dan juga dapat membuat aliran darah semakin lancar.

Dan sangat penting untuk di perhatikan. Untuk mencegah penyakit ini tentunya kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol sangat penting untuk di tinggalkan.

Baca secara lengkap Cara Menyembuhkan Sakit Kepala

Cara mengobati sakit kepala cluster

Baca juga Ramuan herbal sakit kepala

Belum di ketahui secara jelas cara untuk mengobati penyakit kepala cluster. Bahkan obat yang dapat di gunakan untuk mengobati sakit kepala jenis ini juga belum di ketahui secara pasti. Biasanya jika sakit ini menyerang hanya di oabati dengan obat sakit kepala biasa. meskipun hal ini tidak banyak memberikan banyak perubahan.

Dan hal yang paling efektif yang dapat di lakukan adalah dengan cara di terapi bekam. Bekam dengan membuang darah kotor ternyata mampu mengurangi sakit kepala cluster di banding dengan mengkonsumsi obat.

Akan tetapi jika anda mengalami sakit kepala cluster ini sebaiknya ada sering berkonsultasi secara rutin dengan para ahli. Baik itu dokter maupun terapis yang sudah berpengalaman dalam mengatasi berbagai penyakit. Karena untuk sakit kepala jenis ini melakukan pengobatan sendiri di rumah biasanya tidak memberikan banyak hasil.

Berikut ini adalah cara mengobati Cara menangani migrain atau sakit kepala sebelah

Demikian pembahasan mengenai penyakit kepala cluster yang sangat menyakitkan. Semoga informasi ini dapat memberikan banyak manfaat. Terima kasih

[contact-form][contact-field label=”Nama” type=”name” required=”true” /][contact-field label=”Surel” type=”email” required=”true” /][contact-field label=”Situs web” type=”url” /][contact-field label=”Pesan” type=”textarea” /][/contact-form]

Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Keranjang>>