SAKIT KEPALA

22nd Agustus 2016

Pengertian Sakit Kepala

Sakit kepala sebenarnya merupakan gejala penyakit yang sering di derita oleh manusia. Biasanya sakit kepala terjadi karena adanya ketegangan , keresahan, dan karena adanya kompetisi atau persaingan dalam hidup. Sakit kepala yang dalam bahas medis di kenal dengan istilah cephalagia ialah suatu kondisi terdapatnya rasa sakit di dalam kepala. Rasa sakit ini kadang muncul di belakang leher atau punggung bagian atas tapi kadang muncul di bagian depan. Akan tetapi bisa juga muncul di kepala bagian samping atau kepala bagian atas.

Masalah sakit kepala merupakan masalah yang universal, dengan prevalensi mencapai 99 % dan biasanya di gunakan sebagai alasan paling umum untuk rujukan masalah neurologies. Padahal sakit kepala terkadang bisa menjadi pertanda adanya penyakit lain yang lebih berbahaya. Meskipun sering terjadi juga sakit kepala karena masalah klinis yang biasa. Sakit kepala yang di rasakan dapat di sebabkan karena traksi atau penarikan, peradangan, spasme dari pembuluh darah, perpindahan atau distensi dari struktur di kepala atau leher yang terlalu sensitif terhadap rasa nyeri.

Jenis dan Penyebab Sakit Kepala

Pening di kepala merupakan jenis sakit kepala yang serius. Dan pusing – pusing biasanya terjadi secara berkala. Rasa pusing biasanya di ikuti dengan rasa mual, muntah, pening, mulut kering, perubahan suhu tubuh / tubuh menjadi demam, perubahan fungsi alat pencernaan, dan perubahan perangai. Sakit kepala terjadi yang paling sering karena adanya ketegangan jiwa dan emosi yang di rasakan. Seseorang yang terbiasa hidup dengan tenang dan tidak tergesa – gesa dapat membantu penderita sakit kepala.

Demam yang di akibatkan keracunan juga dapat menimbulkan rasa sakit di kepala. Sakit tekanan darah tinggi menimbulkan rasa sakit di kepala yang berdenyut – denyut yang sering timbul satu atau dua jam setelah bangun. Tumor otak yang mengakibatkan jaringan pada kepala menjadi tegang dan juga mengakibatkan pembuluh darah di otak menjadi tegang juga mengakibatkan sakit kepala. Begitu juga mata yang telalu lelah dan infeksi dalam rongga hidung dapat menyebabkan sakit kepala.

Baca juga Ramuan herbal kepala pusing

Salah satu sakit kepala yang sangat banyak di keluhkan oleh masyarakat luas ialah sakit kepala sebelah atau lebih kita kenal dengan istilah migrain. Sakit kepala sebelah terasa sangat menyiksa dan sering datang dengan tiba – tiba. Seseorang yang menderita migrain akan merasakan sakit pada kepala yang bedenyut – denyut seperti seseorang yang di pukuli kepalanya. Atau seperti di tarik kepalanya terkadang di sertai juga dengan gangguan pencernaan seperti rasa mual dan muntah. Penderita migrain sering menjadi lebih sensitif dengan cahaya, suara dan bau. Hal semacam itu sangat mengganggunya sampai dapat mengganggu aktifitasnya. Untuk pembahasan masalah sakit migrain yang secara terperinci akan di bahas di lain kesempatan.

Jenis Sakit Kepala Serta Solusi Untuk Mengatasinya

Jenis Sakit Kepala Serta Solusi Untuk Mengatasinya

Perlu Kajian Lebih Mendalam

Sakit kepala yang di rasakan seharusnya di periksa lebih mendalam untuk mengetahui penyebabnya. Karena sakit yang di rasakan berbeda tempat dan berbeda rasa sakitnya menandakan karena adanya penyebab rasa sakit di kepala yang berbeda. Dan tidak jarang penyebab rasa sakit di kepala tersebut merupakan penyakit lain yang lebih berbahaya yang dapat mengancam jiwa. Sakit tersebut apabila di biarkan saja ada kemungkinan akan semakin bertambah parah. Kadang kadang penyakit tersebut di ikuti dengan perubahan mental yang datang secara tiba – tiba dan secara dramatis dan sangat parah. Di susul dengan sawan dan pinsang, lumpuh, penglihatan berganda, demam, pendarahan dan kehilangan berat badan. Bila mengalami tanda seperti itu baiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk di cari tahu penyebab sakit kepala yang di rasakan.

Pantangan sakit kepala

Seseorang yang sering mengalami rasa sakit  di kepala sebaiknya menghindari makanan di bawah ini :

  1. Hindari makanan yang berasa pedas.
  2. Hindari juga makanan yang mengandung santan.
  3. Makanan yang berupa gorengan.
  4. Semua Makanan yang mengandung kolesterol tinggi.
  5. Makanan atau minuman yang besoda.
  6. Buah – buahan yang berdaging tebal seperti durian, nangka, pepaya, lengkeng, jeruk, mangga, semangka, nanas,dan lain lain.

Tindakan Mengatasi Sakit Kepala

Berikut ini adalah tindakan yang dapat di lakukan ketika anda mengalami sakit kepala.

  1. Bagi yang sering mengalami rasa sakit di kepala bisa di bantu dengan minum obat – obatan herbal yang tidak berbahaya guna membantu melancarkan aliran darah seperti daun dewa. Juga bisa dengan konsumsi daun sambung nyawa yang mempunyai fungsi sebagai stimulan sirkulasi darah. Atau apabila di karenakan kolesterol bisa di bantu dengan minum daun jati belanda. Boleh dengan herbal lain sesuai dengan penyebab munculnya rasa sakit di kepala yang di rasakan. Akan sangat baik mengobati sesuai dengan penyebabnya dari pada hanya menghilangkan gejala namun tidak memperhatikan apa yang menjadi penyebabnya.
  2. Untuk membantu mengurangi dan menghilangkan penyebab rasa sakit di kepala bisa di bantu dengan terapi bekam guna memperlancar aliran darah. Untuk terapi bekam ini sebaiknya mencari yang sudah ahli dan berpengalaman. Akan lebih baik bila terapis bekam mengobati dengan menghilangkan penyebab yang menjadikan munculnya rasa sakit di kepala. Sehingga rasa sakit di kepala yang sering muncul bisa sembuh dan tidak kambuh lagi.
  3. Apabila rasa sakit di kepala yang di rasakan tidak segera hilang maka sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk di cari penyebab munculnya rasa sakit di kepala yang di rasakan. Barang kali penyebabnya adalah penyakit lain yang lebih berbahaya. Biasanya oleh dokter akan di lakukan pemeriksaan lebih mendalam untuk mengetahui penyebab munculnya rasa sakit tersebut.
  4. Apabila rasa sakit yang muncul hanya di sebabkan karena masalah klinis biasa. seperti karena ketegangan berfikir maka bisa di lakukan pemijatan di bagian leher untuk membantu meringankan sakit yang di rasakan.

Untuk cara mengobatinya Cara menyembuhkan pusing kepala

Saya rasa pembahasannya cukup sampai di sini dulu untuk pembahasan yang lebih mendetail akan di bahas lain kali pada kesempatan yang lain sesuai dengan penyakit masing – masing. Semoga apa yang saya tulis di sini bisa memberikan manfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih

Untuk mengetahui berbagai masalah tetang kesehatan baca baca saja artikel yang saya tulis seperti artikel yang membahas tentan cara mudah untuk selalu sehat.

Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Keranjang>>