Sakit Perut Sebelah Kiri

27th November 2017

Sakit perut Sebelah Kiri

Sakit perut sebelah kiri merupakan gejala penyakit dari berbagai penyakit yang menjadi penyebabnya. Terkadang sakit perut sebelah kiri di sebabkan oleh penyakit yang biasa saja dan tidak berbahaya. Akan tetapi terkadang sakit perut sebelah kiri di sebabkan oleh penyakit yang sangat berbahaya. Rasa nyeri pada perut merupakan salah satu gejala penyakit yang paling umum. Adapun penyebab sakit perut sebelah kiri penyebabnya sangat banyak. Lokasi atau tempat sakit perut dapat menjadi petunjuk tentang jenis penyakit yang sedang di alami. Kebanyakan rasa sakit perut sebelah kiri bagian bawah di sebabkan karena gangguan otot perut. Dan penyebab yang lainnya seperti karena gangguan organ reproduksi, permasalahan pada saluran cerna dan permasalahan kesehatan pada saluran kandung kemih.

Gejala yang menyertai sakit perut sebelah kiri

Gejala sakit perut sebelah kiri terutama sakit perut sebelah kiri di bagian bawah sering di sertai dengan gejala yang lain. Gejala yang muncul ini berbeda beda tergantung dari sakit yang di derita yang menyebabkan sakit perut sebelah kiri. Apabila penyakit yang di derita adalah permasalah kesehatan yang terjadi pada saluran cerna. Biasanya selain sakit perut sebelah kiri juga di sertai dengan keram perut, perut kembung, muntah dan mual mulas. Dan gejala masalah perut yang lain yang juga sering muncul adalah seperti mencret, susah buang air besar. Serta tidak jarang di ikuti dengan gejala yang lain seperti demam, badan terasa pegal pegal, terasa sakit pada saat buang air kecil. Otot keram, penurunan berat badan, kehilangan nafsu makan, berat badan menurun dengan drastis, ada bintik merah di kulit, ada benjolan di perut dan lain sebagainya.

Baca juga tentang Sakit Hati

Gejala yang muncul pada setiap orang yang mengalaminya sangat bervariasi dan berbeda beda. Tergantung dari penyakit yang menyebabkan sakit perut sebelah kiri. Dan setiap kombinasi dari setiap gejala yang ada bisa jadi menunjukkan adanya jenis penyakit yang berbeda pula. Jika sakit perut sebelah kiri di alami oleh wanita yang sedang hamil maka harus di tangani dengan segera. Sebab di kuatirkan sakit perut sebelah kiri di sebabkan oleh penyakit yang  merupakan jenis penyakit berat yang dapat mempengaruhi kesehatan janin dan ibunya. Terlebih jika sakit perut sebelah kiri di sertai dengan pendarahan, demam tinggi, tidak dapat BAB, dan muntah. Dan jika sakit perut sebelah kiri yang ini sertai dengan muntah darah, pendarahan yang keluar dari anus, ada kekauan pada perut maka juga harus segera di tangani meski terjadi bukan pada wanita yang sedang hamil.

Sakit Perut Sebelah Kiri

Sakit Perut Sebelah Kiri

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri

Perut adalah induk dari semua organ yang dalam tubuh. Apabila gangguan terjadi pada bagian perut khusunya pada lambung maka secara otomatis akan dapat menyebabkan terganggunya metabolisme tubuh. Dan penyakit yang lain akan dapat di timbulkan karena terganggunya sistem pencernaan. Dan keluhan yang terjadi pada perut seperti rasa nyeri pada perut menjadi sebab kebanyakan orang berobat. Akan tetapi kebanyakan masyarakat tidak mengerti dengan penyebab sakit perut yang di rasakannya. Ketika di tanya maka jawabannya hanya sakit perut dan tidak memberikan jawaban yang lebih spesifik. Padahal yang menjadi penyebab sakit perut itu sangat banyak. Untuk itu biasanya dokter akan menanyakan gejala yang lainnya untuk meneliti lebih jauh tentang sakit yang sedang di derita. Termasuk dalam hal ini rasa nyeri pada sakit perut terdapat pada sebelah mana. Sebab rasa sakit perut sebelah kiri dan sebelah kanan atau keduanya memiliki arti yang berbeda.

Baca juga tentang Sakit Kepala Cluster

Sakit perut sebelah kiri sering muncul sebagai gejala penyakit yang sedang di derita. Penyakit yang menjadi penyebab munculnya sakit perut sebelah kiri ini sangat banyak. Sebagian di antaranya merupakan penyakit yang berbahaya. Karena dapat beresiko pada kehilangan nyawa. Akan tetapi sebagian merupakan penyakit yang tidak mengancam nyawa. Akan tetapi yang paling umum sakit perut sebelah kiri di sebabkan karena gangguan sistem pencernaan. Salah satu di antaranya adalah karena adanya gangguan peradangan pada kantung usus. Peradangan pada kantung usus yang juga di sebut dengan istilah divertikulitis. Merupakan salah satu gangguan penceranaan yang banyak mengakibatkan sakit perut sebelah kiri sebagai gejalanya. Selain itu masih ada banyak penyakit yang lain yang menjadi penyebab sakit perut sebelah kiri.

Penyakit yang menyebabkan sakit perut sebelah kiri

Ada banyak penyakit yang dapat menimbulkan sakit perut sebelah kiri. Dan biasanya di sebabkan oleh kerusakan organ yang berada dekat dengan perut. Akan tetapi terkadang juga dapat di sebabkan oleh karena kerusakan struktur organ yang letaknya jauh dari perut. Penyakit yang dapat menyebabkan sakit perut sebelah kiri di antaranya adalah sebagai berikut :

Sembelit dapat menyebabkan sakit perut sebelah kiri

Sembelit juga bisa di tunjukkan gejalanya dengan adanya sakit perut sebelah kiri. Sembelit adalah kondisi sulitnya buang air besar karena adanya masalah dalam sistem pencernaan. Penyakit ini juga sering di sebut sebagai konstipasi. Gejala yang lain yang menyertainya adalah kesulitan buang air besar, perasaan kembung dan berat badan yang menurun dengan drastis.

untuk penjelasan yang lebih lengkap baca pada Sembelit dan Sebab Sembelit

Penyakit radang usus buntu

Radang usus buntu biasanya di tandai dengan rasa nyeri pada perut di sebelah kanan bagian bawah. Namun rasa sakit tersebut dapat menyebar di sekitar pusar dan sakit perut sebelah kiri. Rasa sakit ini akan semakin bertambah seiring dengan bertambah parahnya penyakit radang usus buntu. Penyakit usus buntu ini biasanya di obati dengan cara di operasi untuk mengangkat usus buntu yang menagalami masalah.

Penjelasan lebih lengkap baca Obat Herbal Usus Buntu

Penyakit Irritable Bowel Syindrome (IBS)

Irritable bowel Syindrom (IBS) adalah gangguan kesehatan yang terjadi pada sistem pencernaan tepatnya pada organ usus besar. Selain sakit perut sebelah kiri gejala lain yang menyertainya adalah perasaan kembung, sering buang gas dan keram pada perut. Penyakit IBS ini juga dapat mengakibatkan permasalahan pada pergerakan usus. Sehingga dapat menimbulkan sembelit / susah buang aitr besar dan juga dapat menyebabkan diare.

Penyakit divertikulitis

Divertikula adalah kondisi yang sangat umum yang banyak di temui pada orang yang sudah berusia 40 an. Dan kebanyakan dari divertikula ini tidak menimbulkan masalah kesehatan. Divertikula adalah kantung kecil yang membuncit yang terbentuk pada lapisan sistem pencernaan. Kantung divertikula ini banyak di temukan di bagian bawah usus besar.

Divertikulitis adalah peradangan yang terjadi pada divetikula karena terjadinya infeksi pada divertikula. Keadaan peradangan ini terkadang dapat mengakibatkan divertikula pecah. Penyakit divertikulitis ini dapat menyebabkan rasa sakit perut sebelah kiri dalam kondisi yang cukup parah. Rasa sakit yang di rasakan konstan dan dapat bertahan dalam beberapa hari. Meski kebanyakan divertikulitis kebanyakan terjadi pada perut sebelah kiri yang memunculkan sakit perut sebelah kiri. Akan tetapi juga dapat terjadi pada perut sebelah kanan. Penyakit divertikulitis banyak di temukan pada orang yang berada di dataran Asia. Gejala lain yang menyertai penyakit ini adalah adanya bengkak pada perut sebelah kiri. Selain itu juga sering muncul rasa mual, demam dan mengalami diare. Pada saat diare terkadang di sertai dengan darah ( diare berdarah sporandik).

Sakit divertikulitis jika masih dalam kondisi yang ringan akan dapat di obati dengan beristirahat yang cukup. Dan dengan perubahan pola dan menu makanan dan di bantu dengan antibiotik dari dokter. Akan tetapi jika terjadi sudah berulang kali dan dalam kondisi yang cukup parah. Maka ada kemungkinan di perlukan tindakan operasi untuk mengobatinya.

Penjelasan secara mendetail baca Obat Herbal Radang Usus

Penyakit crohn

Penyakit crohn adalah salah satu penyakit yang mengakibatkan peradangan pada saluran pencernaan. Dan sakit ini dapat mengakibatkan sakit perut sebelah kiri. Dan gejala lain yang menyertai penyakit ini adalah mengalami diare yang berat. Mengalami penurunan berat badan secara drastis. Merasakan kelelahan dan kekurangan gizi.

Penyakit crohn merupakan penyakit yang berbahaya. Bahkan termasuk penyakit yang dapat mengancam nyawa. Dan rasa sakit yang di timbulkan oleh penyakit crohn sangat menyakitkan dan membuat penderitanya sangat lemah. Peradangan pada saluran pencernaan yang di sebabkan oleh penyakit crohn dapat berada pada tempat yang berbeda pada setiap penderita penyakit crohn. Penyakit ini dapat menyebar ke dalam lapisan jaringan usus yang sedang bermasalah. Penyakit crohn ini juga dapat mengakibatkan pada komplikasi penyakit yang lain yang mengancam jiwa.

Untuk mengobati penyakit ini belum di temukan obat yang benar benar ampuh untuk menyembuhkannya. Yang ada hanya obat yang di gunakan untuk mengurangi gejala yang yang ada. Sehingga penyakit yang di rasakan serasa lebih ringan.

Penyakit infeksi kandung kemih (cystitis).

Cystitis adalah peradangan yang terjadi pada kandung kemih. Biasanya di sebabkan karena infeksi oleh bakteri. Dan penyakit ini juga termasuk infeksi dalam saluran kencing.

Infeksi yang terjadi pada kandung kemih bisa menjadi penyakit yang sangat menyakitkan dan dapat menganggu aktifitas. Bahkan dapat berkembang menjadi penyakit yang sangat serius dan menjadi penyebabkan kerusakan pada organ ginjal. Gejala yang lain selain dari sakit perut sebelah kiri pada bagian bawah adalah adanya sensasi terbakar pada saat buang air kecil dan adanya rasa tidak nyaman pada panggul.

Selain di sebabkan karena infeksi bakteri penyakit ini juga dapat di sebabkan oleh reaksi obat kimia sebagai efek samping. Penyebab yang lainnya adalah terapi radiasi atau iritan potensial atau karena penggunaan kateter jangga panjang.

Baca Sakit Batu Kandung Kemih

Sakit endometriosis

Sakit endometriosis adalah penyakit yang di sebabkan karena adanya gangguan pada jaringan dinding rahim (endometrium). Gangguan muncul karena endometrium tumbuh di luar rahim. Penyakit ini dapat mempengaruhi indung telur, tuba falopi dan jaringan pelapis panggul. Meski kasus yang terjadi sangat jarang jaringan endometrium dapat tumbuh dan menyebar di luar organ panggul.

Gejala yang paling utama pada penyakit ini adalah adanya nyeri yang ada pada bagian panggul. Rasa nyeri tersebut sering terkait dengan nyeri pada waktu PMS dan rasa sakit perut sebelah kiri. Banyak wanita yang mengalami rasa nyeri dan keram perut pada saat menstruasi. Akan tetapi bagi penderita endometriosis rasa sakit yang di timbulkan dapat berlipat ganda. Dan rasa sakit yang di rasakan semakin bertambah sakit dari waktu ke waktu.

Penyakit ginjal

Kerusakan yang terjadi pada organ ginjal dapat mengakibatkan bahaya yang cukup tinggi. Terlebih bila sudah mengakibatkan terjadinya gagal ginjal. Dimana organ ginjal sudah tidak dapat menjalankan fungsinya lagi. salah satu penyakit ginjal yang menyebabkan sakit perut sebelah kiri adalah penyakit batu ginjal. Penyakit ini biasanya di sebabkan oleh endapan kadar garam dalam air kencing yang tertampung terlalu lama. Akan tetapi juga dapat di sebabkan karena kandungan kadar kalsium yang terlalu tinggi atau karena kandungan asam urat yang terlalu tinggi. Penyebab lain yang juga dapat mengakibatkan batu ginjal adalah dehidrasi. Gejala yang lain yang menyertai selain sakit perut sebelah kiri adalah demam, mual, nyeri pada pangkal paha dan muntah.

Selain yang di sebabkan karena batu ginjal sakit perut sebelah kiri juga dapat di sebakan karena infeksi bakteri pada organ ginjal. Biasanya peradangan karena infeksi ini di mulai dari kandung kemih yang kemudian menyebar ke organ ginjal.

Baca penjelasan lengkap pada Sakit Batu Ginjal

Aneurisma aorta perut

Aneurima arota perut adalah pembesaran pembuluh darah utama yang memasok darah ke seluruh tubuh. pembesaran yang terjadi di bawah aorta. Aorta memanjang dari jantung  melalui pusat dada dan jantung. Pembuluh darah aorta adalah pembuluh yang utama yang memasok darah ke seluruh tubuh. Apabila dalam pembuluh tersebut terjadi penyakit aneurisma dan mengakibatkan aliran darah pecah. Maka resiko yang terbesar adalah kematian

Penyakit ini biasanya di derita oleh orang yang sudah berusia lanjut. Akan tetapi meskipun sangat jarang dan karena sesuatu hal juga dapat menyerang pada orang yang masih berusia muda.

Ketika aneurisma aorta perut berkembang semakin besar maka orang yang mengalaminya juga akan merasakan rasa sakit pada perutnya. Rasa sakit perut sebelah kiri sering muncul pada sebelah sisi perut secara konstan. Selain itu terkadang juga di sertai dengan adanya sensasi berdenyut di sekitar pusar dan nyeri pada bagian punggung. Jika mengalami seperti itu maka sebaiknya segera mencari pertolongan kepada dokter.

Aneurisma aorta perut merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Untuk itu perlu dengan pantauan dan perawatan dokter. Jika dokter sudah menemukan posisi aneurisma maka ada kemungkinan perlu di rencakanan untuk di lakukan operasi. Sebab jika sampai terjadi pecah meski di lakukan operasi akan sangat beresiko.

Sakit hernia

Penyakit hernia tidak selalu bersifat berbahaya. Akan tetapi untuk penangannya harus di lakukan dengan perawatan secara intensif dengan orang yang ahli. Tidak dapat sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi dalam beberapa kasus sakit hernia juga dapat menjadi berbahaya dan dapat menyebabkan komplikasi penyakit yang lain. Hal tersebut dapat terjadi jika sakit hernia tidak segera di tangani dengan benar. Untuk pengobatannya dokter terkadang menyarankan jalan untuk di operasi.

Sakit hernia adalah pembengkakan jaringan yang lunak biasanya pada bagian usus. Biasanya pada bagian bawah dinding perut pada lipatan paha atau menusuk diafragma. Tonjolan dari penyakit ini dapat menyebabkan rasa sakit perut sebelah kiri. Terutama pada saat membungkuk, batuk atau sedang mengangkat beban berat.

Ulcerative colitis

Ulcerative colitis (UC) adalah penyakit yang menjadi sebab adanya peradangan pada dinding saluran pencernaan. Gejala yang paling sering muncul adalah sakit perut seperti diare, kotoran yang berdarah dan berlendir. Dengan buang air besar terkadang dapat menghilangkan rasa sakit perut sebelah kiri. Gejala yang yang menyertai pada penyakit ini adalah anoreksia, demam, berat badan yang semakin turun dan kelelahan.

Penyakit ini juga dapat mengakibatkan komplikasi dengan penyakit yang lain dan dapat membahayakan jiwa. Obat untuk penyakit ini belum di ketahui secara pasti. Tindakan yang di lakukan biasanya hanya untuk mengurangi gejala yang ada untuk sementara waktu.

Sakit pneumonia

Penyakit ini juga dapat menimbulkan rasa sakit perut sebelah kiri pada bagian atas. Gejala yang lain yang sering muncul bersamanya adalah keluhan batuk. Mengalami kesulitan dalam bernafas. Mengalami demam sebagai tanda yang paling klasik bagi penderita pneumonia.

Rasa nyeri yang di rasakan biasanya cukup tajam dan mengikuti setiap tarikan nafas. Peradangan yang terjadi pada selaput dada adalah peradangan yang mempengaruhi jaringan pelapis paru dan garis dinding dada. Hal ini juga dapat menyebabkan rasa sakit yang terasa pada perut bagian atas.

Sakit kista indung rahim

Sakit kista indung rahim merupakan salah satu penyakit tumor jinak. Di dalamnya berisi cairan yang semikin bertumbuh besar pada permukaan indung rahim. Setiap wanita memiliki indung rahim rahim yang sebesar kacang almon yang berjumlah satu pasang. Indung rahim ini terletak pada setiap sisi rahim. Ada banyak kasus wanita yang mengalami kista indung rahim pada beberapa titik.

Selain kista indung rahim juga ada kista ovarium. Sakit kista ovarium tidak berbahaya. Dan bahkan dapat hilang dengan sendirinya. Meski tanpa di lakukan pengobatan kista ovarium dapat hilang dalam beberapa bulan.

Akan tetapi kista ovarium yang sudah pecah juga dapat mengakibatkan penyakit yang serius. Gejala yang di timbulkan seperti sakit perut sebelah kiri. Rasa nyeri pada bagian panggul yang cukup parah dan datang dengan tiba tiba. Adanya rasa sakit pada perut yang di sertai dengan demam tinggi dan muntah. Gejala yang lainnya adalah panas dingin, kulit lembab, nafas sangat cepat, kepala terasa pusing dan mata berkunang kunang. Jika sudah ada gejala seperti itu artinya kondisinya sudah cukup parah dan dharus segera di rawat oleh dokter.

Sakit hematona otot perut

Sakit hematona otot perut adalah sakit yang di sebabkan karena penggumpalan di luar pembuluh darah (hematom) di otot perut sebelah kiri. Keadaan ini akan dapat menyebabkan sakit perut sebelah kiri pada bagian bawah perut. Penggumpalan ini dapat terjadi pada saat pembuluh darah di pangkal paha bergerak ke perut dan mengalami kerusakan. Dan kemudian darah bocor dan mengalir kebawah otot yang berada di sepanjang perut. Sehingga dapat mengakibatkan rasa nyeri.

Pankreastitis akut

Pankreatitis akut adalah peradangan yang terjadi pada pankreas yang menimbulkan rasa yang sangat menyakitkan. Pankreas terletak pada sisi perut sebelah atas. Sehingga terjadi keluhan dapat menimbulkan rasa sakit perut sebelah kiri atas. Rasa nyeri yang di rasakan sering terjadi secara mendadak. Dan rasa sakit yang di rasakan dapat menjalar sampai ke punggung.

Sakit pankreatitis akut juga dapat menyebabkan penyakit yang lain. Penyakit ini jika di biarkan akan dapat berkembang semakin parah dan menjadi pankreatitis kronis. Untuk itu jika mengalami gejala tersebut sebaiknya segera di periksakan ke dokter utuk di obati.

Sakit kanker perut

Sakit kanker perut  adalah penyakit kanker yang terjadi di perut. Sakit kanker perut juga dapat menyebabkan sakit perut sebelah kiri. Di antara sakit kanker perut adalah sakit kanker usus dan pangkreas.

Gejala yang muncul pada sakit kanker adalah perubahan ketika buang air besar seperti terjadinya sembelit. Mengalami perut yang berasa kembung. Pada saat buang air besar di sertai dengan adanya darah yang mengalir. Terjadi penurunan berat badan. Kehilangan nafsu makan. Dan merasakan tubuh yang semakin lemah. Gejala tersebut biasanya akan muncul dalam waktu yang cukup lama. Bahkan dapat bertahan sampai beberpa bulan. Sakit kanker ini akan mengakibatakan sakit perut sebelah kiri yang akan menjalar ke tempat lain. Dan perkembangan rasa sakit ini di akibatkan karena kanker sudah mulai menganggu organ tubuh yang lain. Rasa sakit perut sebelah kiri akan muncul pada saat kanker sudah mempengarui bagian ekor, kepla dan tubuh pankreas.

Sangat penting untuk di periksakan kepada dokter ketika mengalami gejala tersebut. Ini bertujuan untuk mengetahui masalah kesehatan secara lebih lanjut. Karena setiap gejala penyakit seperti sakit perut sebelah kiri, kehilangan nafsu makan, dan penurunan berat badan. Itu merupakan gejala penyakit yang masih bersifat umum. Banyak penyakit yang mengakibatkan gejala tersebut. Maka sebelum di lakukan tindakan pengobatan harus di periksa untuk mengetahui masalah yang sebenarnya terjadi.

Baca penjelasan lengkap Sakit Kanker

Sakit gastritis

Penyakit gastritis biasanya di sebabkan karena infeksi bakteri yang biasanya mengakibatkan sakit maag. Sakit ini mengakibatkan terjadinya peradangan pada dinding lambung. Penyebab lain dari penyakit ini adalah karena mengkonsumsi jenis obat obatan tertentu yang merupakan efek samping. Kebiasanan minum alkhohol juga menjadi penyebab terjadinya penyakit ini.

Gejala penyakit gastritis yang paling umum adalah adalah adanya rasa sakit perut sebelah kiri pada bagian atas. Rasa sakitnya menggerogoti seperti rasa terbakar. Terkadang rasa sakit yang ada menjadi semakin baik ketika sudah makan. Merasakan mual dan muntah. Seeta merasakan perut yang penuh setelah makan.

Penyakit gastritis dapat mengakibatkan borok peningkatan resiko penyakit kanker perut. Penyakit gastritis sering menyerang secara tiba tiba pada sakit gastritis yang akut. Akan tetapi juga dapat menyerang secara perlahan lahan dan berkembang semakin bertambah parah. Sebagian penyakit gastritis bukan merupakan penyakit yang serius dan dapat sembuh tanpa di lakukan pengobatan yang intensif.

Sakit angina

Angina adalah rasa nyeri yang di sebabkan karena pasokan oksigen yang di bawah oleh darah ke jantung berkurang. Angina atau yang sering juga di sebut sebagai angin duduk merupakan gejala dari penyakit jantung koroner. Atau merupakan petanda akan adanya serangan jantung dalam waktu dekat. Rasa sakit yang di timbulkan oleh angina seperti meremas, tekanan berat, atau sesak yang ada pada bagian dada. Angina juga di kenal dengan istilah pectoris. Dan permasalahan ini bisa terjadi secara berulang ulang atau datang secara tiba tiba.

Gejala penyakit angina seperti sesak nafas, rasa mual, sakit perut sebelah kiri kelelahan dan ada atau tidak rasa sakit pada bagian dada. Terkadang juga merasakan ada yag tidak nyaman pada bagian leher, rahang dan punggung.

Jika anda menglami gejala tersebut sebaiknya di periksakan ke dokter. Sebab jika sampai terjadi serangan jantung dan mengalami keterlambatan penanganan dapatsangat beresiko. Meski terlambat hanya sebentar resikonya adalah kehilangan nyawa.

Baca penjelasan lengkap pada Gejala Sakit Jantung

Kehamilan ektopik

Kehamilan ektopik juga dapat menyebabkan sakit perut sebelah kiri. Kehamilan ektopik ini dapat terjadi ketika embrio tertanam di luat kandungan. Istilah kehamilan ektopik ini juga di kenal dengan istilah hamil di luar kandungan. Biasanya sakit ini akan muncul ketika embrio tertanam pada tabung rahim atau tuba falopi. Ini merupakan kehamilan yang tidak seharusnya dan meupakan kehamilan yang sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian. Gejala yang muncul dari penyakit ini adalah sakit perut sebelah kiri pada bagian bawah, punggung bawah dan panggul. Jika anda mengalami gejala tersebut dan mencurigai adanya kehamilan ektopik sebaiknya segera menghubungi dokter. Karena perawatan yang tidak tepat untuk penyakit ini bisa sangat berbahaya.

Cara pengobatan sakit perut sebelah kiri

Untuk mengobati sakit perut sebelah kiri tidak dapat di lakukan dengan cara yang sama. Akan tetapi harus di lakukan sesuai dengan penyakit yang di derita. Setiap perbedaan penyakit yang menyebabkan sakit perut sebelah kiri maka cara pengobatannya juga berbeda. Untuk itu pengobatan yang terbaik adalah di serahkan pada yang sudah ahli seperti dokter. Karena ada kemungkinan di berikan obat. Ada kalanya di pelukan tindakan operasi dan tindakan yang lainnya.

Demikian pembahasan mengenai sakit perut sebelah kiri. semoga informasi ini dapat memberikan manfaat

[contact-form][contact-field label=”Nama” type=”name” required=”true” /][contact-field label=”Surel” type=”email” required=”true” /][contact-field label=”Situs web” type=”url” /][contact-field label=”Pesan” type=”textarea” /][/contact-form]

Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Keranjang>>