SAKIT STROKE DAN GEJALA SERTA PENCEGAHANNYA

25th Mei 2016

SAKIT STROKE DAN GEJALA SERTA CARA PENCEGAHANNYA

Sakit stroke adalah suatu kondisi matinya jaringan otak yang terjadi akibat kurangnya pasokan aliran darah dan oksigen ke suatu bagian otak yang tiba-tiba terganggu. Di dalam jaringan otak apabila kekurangan aliran darah dan suplai oksigen akan mengakibatkan serangkaian reaksi biokimia, yang dapat merusak atau mematikan sel sel syaraf otak. Hal ini dapat mengakibatkan hilangnya fungsi jaringan yang dikendalikan oleh otak otak itu sendiri. (Tosemada)

Stroke merupakan penyebab kematian terbesar ketiga di Amerika Serikat dan negara industri di Eropa (Jauch,2005). Dan juga seringkali yang bisa selamat dari penyakit stroke setelah terserang sakit stroke terkadang masih menyisakan bekas atau cacat bahkan terkadang mengalami kelumpuhan di sebagian anggota tubuhnya. Terkadang pula sebagian ingatan atau kemampun otaknya juga berkurang dan ada juga yang kehilangan sedikit kemampuan bicara.

Beberapa tahun yang lalu penyakit stroke kebanyakan menyerang orang yang berusia di atas 40 tahun tetapi belangan ini stroke tidak hanya menyerang orang usia di atas 40 tahun tapi juga menyerang anak muda dengan usia 17 tahun. Bahkan kemarin saya pernah menjumpai anak usia 12 tahun dan masih kelas 6 Sekolah Dasar sudah terserang sroke. Meski baru pertama kali saya menjumpai anak kecil terserang stroke tetapi itu sangat memprihatinkan. Ini juga berarti kita semua harus berhati hati dan harus lebih peduli dengan kesehatan di lingkungan kita.

Poses Terjadinya Sakit Stroke

Penyakit stroke ini terjadi karena cabang pembuluh darah terhambat oleh emboli. Emboli yang sering menghambat bisa berbentuk oksigen atau juga kolesterol. Kejadian atau serangan stroke ini sering kali terjadi secara mendadak, sangat cepat dan langsung membuat kerusakan pada jaringan otak. Hanya dalam waktu beberapa menit saja stroke ini menyerang dan langsung kelihatan kerusakan jaringan yang tampak dari fisik luar seperti mulutnya mulai menyong/ susah bicara/ bicara tidak jelas dan tanda yang lainnya. Dan penyakit stroke ini akan bertambah parah atau semakin buruk dalam beberapa jam saja. Hanya dalam waktu 1 sampai dengan 2 hari saja kerusakan jaringan otak akan semakin meluas (stroke in evolution).

cara penanganan yang tepat untuk orang sakit stroke

cara penanganan yang tepat untuk orang sakit stroke

Penyakit stroke di klasifikasikan menjadi 2 yaitu stroke iskemik dan stroke hemoragik. Pada stroke iskemik aliran darah ke otak terhenti karena adanya penyumbatan pada aliran darah atau karena adanya pembekuan aliran darah yang mengakibatkan aliran darah ke otak jadi terhambat. Penyumbatan pada aliran darah ini dapat terjadi di sepanjang pembuluh darah arteri yang mensuplai darah ke otak. Sedangkan otak di suplai darah oleh dua arteri karotis interna dan dua arteri vertebralis. Arteri karotis interna ini merupakan cabang dari arteri karotis communis sedangkan arteri vertebralis adalah cabang dari arteri subclavia.

Sedangkan stroke hemoragik terjadi karena adanya pembuluh darah yang pecah sehingga aliran darah yang normal terhambat dan darah merembes atau terhenti di suatu bagian tertentu di dalam otak yang akibatnya merusak jaringan syaraf. Pendarahan ini dapat terjadi pada seluruh bagian otak seperti pada caudate putamen, talamus, hipotalamus, frontal, pariental, dan occipital cortex, dan bagian otak yang lain. Kasus stroke hemoragik kebanyakan di akibatkan karena tekanan darah tinggi. Hampir sekitar 70% penderita stroke hemoragik penyebabnya adalah sakit tekanan darah tinggi/ hipertensi.

Ciri-Ciri Atau Tanda Atau Gejala Orang Terserang Sakit Stroke

Gejala atau tanda penyakit stroke pada seseorang tergantung dari bagian otak yang terkena. Berikut ini adalah ciri ciri atau gejala orang terkena serangan stroke :

  1. Terjadinya mati rasa pada sebagian anggota tubuh (kebas) biasanya pada lengan, tungkai atau salah satu sisi tubuh.
  2. Terjadi kelumpuhan pada beberapa bagian anggota tubuh biasanya pada kaki atau lengan.
  3. Pendengaran atau penglihatan mulai berkurang.
  4. Saat mellihat terlihat double/ ganda/ pandangan kabur.
  5. Tiba-tiba kepala jadi pusing.
  6. Jadi sulit bicara/ pelo, terkadang juga mulut terlihat miring atau tertarik kesamping.
  7. Mengalami kesulitan saat memikirkan kata-kata atau untuk mengucapkan kata-kata yang tepat.
  8. Terkadang pula tidak mampu mengenali bagian dari anggota tubuh.
  9. Saat bergerak terlihat kaku atau tidak biasa.
  10. Tubuhnya tidak seimbang sehingga sulit untuk berdiri dan biasanya langsung terjatuh.
  11. Terkadang langsung pingsan.

Pertolongan Pertama Pada Saat Sakit Stroke Menyerang Pertama Kali

Sakit stroke pada saat pertama kali menyerang sebenarnya memiliki golden time / waktu emas. Goden time adalah saat ketika sakit stroke pertama kai menyerang dan waktunya sangat singkat hanya sekitar 30 menit. Jika melewati waktu tersebut biasanya pengobatan sakit Stroke memerlukan perawatan yang cukup lama. Jika pada saat golden time di lakukan tindakan yang tepat maka penderita sakit stroke tidak perlu mengalami penderitaan yang berkepanjangan. Bahkan saat itu juga bisa jadi dia tidak jadi terkena stroke. Maka ketika melihat seseorang terkena serangan stroke pertama kali segera lakukan hal – hal berikut :

Ambil alat apapun yang tajam, bisa pisau, silet, jarum atau apapun yang penting dapat di gunakan untuk melukai. kemudian lukai pada ujung jari kanan dan kiri. Biarkan darahnya mengalir, sambil di bawa ke dokter atau ke tempat terapi yang mengerti bagaimana menangani orang sakit. Maka kalaupun sampai terjadi stroke maka dia akan dapat segera sembuh dengan cepat. Sebab aliran darah ke otak tidak sempat terganggu sampai terhenti total.

Sangat baik di lakukan bekam pada waktu golden time bagi penderita stroke. Berdasar pengalaman jika di lakukan bekam pada saat golden time sakit stroke dapat di gagalkan. Mkasudnya tidak jadi terkena sakit stroke.

Makanan Yang Harus Di Pantang Bagi Penderita Sakit Stroke

  • Semua makanan yang mengandung kadar lemak jenuh dan mengandung kolesterol tinggi. Makanan jenis ini harus dikurangi karena kalau kelebihan akan berkibat aterosklerosis atau pengapuran yaitu pengerasan pada pembuluh darah yang akibatnya suplai aliran darah menuju otak jadi terganggu.
  • Semua makanan dan minuman yang mempunyai kadar garam tinggi. Makanan yang memiliki kadar garam tinggi dapat berakibat teganggnya kontrakasi pembuluh darah.
  • Berhenti minum alkhohol dan juga behenti makan makanan yang mengandung alkhohol seperti buah durian.
  • Semua makanan dan minuman yang mempunyai kadar gula tinggi. Kadar gula dalam darah yang tinggi akan dapat mempengaruhi aliran darah pada pembuluh dararh arteri yang menuju otak dan ini juga dapat memicu penyakit stroke.

Lain kali kita bahas lagi cara terapi untuk pengobatan orang sakit stroke beserta obat herbal yang di perlukan untuk pengobatan orang stroke.

semoga informasi yang saya tulis di sini dapat memberikan banyak manfaat terima kasih

[contact-form][contact-field label=”Nama” type=”name” required=”true” /][contact-field label=”Surel” type=”email” required=”true” /][contact-field label=”Situs web” type=”url” /][contact-field label=”Pesan” type=”textarea” /][/contact-form]

Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Keranjang>>