Tanaman Ajeran

20th September 2017

Tanaman Ajeran (Bidens pilosa L.)

Tanaman ajeran termasuk tanaman obat yang banyak tumbuh secara liar dan sering di temui di pinggir jalan. Akan tetapi sebagian masyarakat menjadikan tanaman ajeran sebagi tanaman hias yang di tanam di halaman rumah. Memang masih banyak masyarakat yang tidak tahu bahwa tanaman ajeran ini merupakan tanaman obat. Tanaman ajeran termasuk salah satu tanaman obat yang memiliki banyak khasiat. Demi menjaga warisan budaya sudah seharusnya untuk menjaga dan membudidayakan tanaman obat yang tumbuh di sekitar kita. Termasuk salah satunya tanaman ajeran.

Indonesia memang sudah terkenal dengan tanaman obatnya. Hampir setiap tanaman yang tumbuh di tanah yang di kenal sangat subur ini dapat di manfaatkan sebagai obat. Sayangnya masyarakat kita belum banyak yang mengetahui cara untuk mengolah dan memanfaatkannya. Dan lebih parahnya lagi masyarakat kita sebagian besar tidak mengetahui bahwa tanaman yang tumbuh di sekitar mereka merupakan tanaman obat. Bahkan terkadang tanaman obat yang tumbuh di sawah atau di pinggir jalan hanya di manfaatkan sebagai pakan ternak.

Dengan mengulas tentang tanaman yang luar biasa ini semoga bisa memberikan banyak manfaat. Semoga informasi ini dapat di manfaatkan dan dapat menolong orang yang membutuhkan. Semoga saja dengan informasi ini banyak orang bisa lebih menghargai tanah Indonesia yang sudah di wariskan oleh nenek moyang yang subur luar biasa.

Ciri – ciri tanaman ajeran

Tanaman ajeran banyak tumbuh di tegal, sawah dan pinggir jalan. Akan tetapi sebagian dari kita tidak mengetahui dan tidak menyadarinya. Untuk itu supaya kita lebih bisa mengenali tanaman ajeran ini berikut saya jelaskan tentang ciri ciri tanaman ajeran.

Tanaman ajeran ini termasuk ke dalam tanaman yang tergolong sebagai tanaman terna. Tumbuh tanaman ajeran ini dapat mencapai ketinggian 150 cm. Batang tanaman ajeran berbentuk segi empat dan berwarna hijau. Daunnya bertiga tiga, masing masing berbentuk bulat telur. Dan bagian pinggir daun bergerigi. Bungan tanaman ajeran bertangkai panjang dan mahkota bunganya berwarna putih. Sedang bagian putik bunga berwarna kuning. Dan yang paling penting yang sering di manfaatkan untuk kesehatan seluruh bagian tumbuhan. Semua bagiannya dapat di manfaatkan untuk menjaga kesehatan kecuali bagian yang tertutup tanah (akar).

Sifat tanaman ajeran

Tanaman ajeran yang biasanya tumbuh subur di daerah dengan ketinggian 100 meter di atas permukaan laut ini memiliki banyak senyawa kimia yang bermanfaat. Setiap senyawa kimia alami yang terkandung dalam tanaman memiliki manfaat yang berbeda beda. Hal ini di sebabkan setiap tanaman dalam hal kandungan senyawa kimianya memiliki sifat yang berbeda beda pula.

Tanamanan ajeran mempunyai sifat mendinginkan dan mempunyai rasa yang pahit.   Tanaman ini sangat baik untuk membantu melancarkan aliran darah.

Mau Tahu cara terapi Stroke dengan menggunakan obat herbal klik DISINI

Manfaat dan khasiat

Tanaman Ajeran

Tanaman Ajeran

Khasiat dan manfaat dari tanaman ini sangat luar biasa. Dan sering di manfaatkan oleh terapis herbal untuk mengobati banyak penyakit. Akan tetapi secara ringkasnya tanaman ini dapat bermanfaat sebagai anti inflamasi, anti piretik, dan anti septik.

Akan tetapi dalam pemanfaatannya tanaman ajeran ini sering di gunakan untuk mengobati banyak penyakit. Dan dalam pemanfaatan tanaman ini sering di formulasikan dengan tanaman herbal yang lain. Untuk cara tradisional yang sering di gunakan dalam memanfaatkan tanaman ini adalah dengan cara di rebus. Setelah keluar sari dati tanaman herbal ini dan tanaman herbal yang lain baru di minum untuk mengobati penyakit. Penyakit yang dapat di obati dengan memanfaatkan tanaman ajeran adalah sebagai berikut :

  1. Untuk menurunkan demam.
  2. Untuk mengobati sistem pencernaan tidak baik.
  3. Membantu mengobati sakit rematik (nyeri persendian).
  4. Untuk mengobati selesma.
  5. Bermanfaat untuk membatu proses penyembuhan usus buntu.
  6. Mengobati sakit wasir atau ambeien.

Untuk Mengetahui Berbagai harga obat herbal alami klik  DISINI

Kandungan

Tanaman ajeran dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit tentu saja tidak terlepas dari kandungan senyawa kimia yang ada di dalamnya.  Senyawa kimia yang sangat bermanfaat yang terkandung dalam tanaman ajeran adalah alkaloid poliina. Selain itu juga mengandung seyawa saponin, zat pahit yang menyebabkan tanaman ini berasa pahit, minyak atsiri, dan zat samak. Selain itu dalam tanaman ajeran juga banyak terkandung senyawa kimia yang bersifat sebagai anti oksidan.

Mencari cara Untuk Mengobati Stroke Klik DISINI

Demikian sekilas pembahasan mengenai ajeran. Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel kami. Semoga informasi yang saya sampaikan  melalui tulisan ini dapat memberikan banyak manfaat

Baca Juga Artikel Kesehatan Lainnya

Anda dapat membacanya di bawah ini :

Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Keranjang>>