Tanaman Akar Wangi

22nd September 2017

Tanaman Akar Wangi (Vitiveria zizanioides (L,) Nash. Ex, Small)

Tanaman akar wangi merupakan tanaman rumput menahun dengan ketinggian dapat mencapai 1 meter. Namanya akar wangi secara sekilas pembaca pasti bisa menebak aromanya pasti wangi. Memang benar tanaman akar wangi memiliki aroma yang wangi. Akar wangi memang sering di manfaatkan dalam industri minyak wangi. Akan tetapi dalam hal ini yang akan di bahas adalah khasiat akar wangi dalam bidang kesehatan.

Tanaman akar wangi merupakan jenis tanaman yang berasal dari india. Tanaman ini masih sejenis dengan tanaman padi. Tanaman yang merupakan sumber wewangian ini dapat hidup sepanjang tahun. Meski tanaman ini memiliki manfaat dalam bidang kesehatan yaitu untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan. Akan tetapi pemanfaatannya selama ini masih belum maksimal. Yang terbanyak selama ini hanya di manfaatkan dalam bidang industri kosmetik. Yaitu di gunakan sebagai bahan pembuatan kosmetik dan minyak wangi.

Aroma wewangian yang di timbulkan dari tanaman ini berasal dari minyak atsiri yang terkandung di dalamnya. Karena kandungan minyak atsiri yang mengeluarkan bau harum ini maka akar wangi banyak di manfaatkan dalam industri kosmetik dan minyak wangi.

Ciri – ciri tanaman akar wangi

Tanaman akar wangi tumbuh sepanjang tahun. Dan tanaman akar wangi tumbuh seperti tanaman padi karena memang tanaman akar wangi masih satu jenis dengan tanaman padi. Untuk lebih jelasnya baca penjelasan mengenai ciri ciri tanaman akar wangi di bawah ini.

Tanaman akar wangi memiliki ciri ciri seperti berikut :

  • Memiliki ketinggian sampai 1 meter.
  • Batang dari tanaman ini lunak dan beruas- ruas berwarna putih.
  • Tanaman ini memiliki daun tunggal yang berbentuk pita dengan ujung runcing.
  • Memiliki pelepah yang memeluk batang yang berwarna hijau keputih – putihan.
  • Bunga tanaman ini berbentuk bulir yang berada pada ujung batang.
  • Dan buahnya berbentuk sperti padi berdurui dan berwarna putih kotor.
  • Tanaman ini memiliki akar serabut yang berwarna kuning.

Manfaat tanaman akar wangi

Tanaman akar wangi yang banyak di manfaatkan  adalah bagian akar. Dalam mengambil manfaatnya dapat di lakukan secara tradisional . yaitu dengancara di jemur atau di keringkan. Dan di gunakan sebagai pengharum almari yang menyimpan pakaian. Atau untuk pengharum lemari yang menyimpan barang barang penting seperti keris atau yang lainnya. Aroma wangi yang keluar berasal dari minyak atsiri yang terkandung dalam tanaman akar wangi. Dan minyak atsiri  dari tanaman ini banyak terkandung di dalam akarnya.

Mau Tahu cara terapi Stroke dengan menggunakan obat herbal klik DISINI

Selain akar wangi yang di gunakan dalam industri mminyak wangi. Batang pohon dati tanaman akar wangi juga dapat di olah menjadi bahan yang miliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Batang tanaman akar wangi dapat di olah untuk di jadikan bahan baku untu membuat kerajinan. Akan tetapi dalam dunia kesehatan akar wangi banyak di manfaatkan sebagai penghilang bau mulut.

Kandungan kimia akar wangi

Terkait dengan manfaat dari tanaman ini tidak terlepas dari senyawa kimia yang terkandung di dalamnya. Pada bagian akar tanaman ini banyak mengandung minyak atsiri, hars dan mengandung zat pahit. Dalam penggunanan di bidang kesehatan sering di manfaatkan sebagai obat kumur untuk menghilangan bau mulut. Selain itu juga sering di gunakan untuk membaut obat rematik yang di gunakan sebagai obat luar. Tanaman akar wangi dalam bidang kesehatan memiliki khasiat sebagai diaforetik.

Di dalam minyak akar wangi banyak terkandung senyawa kimia. Kandungan dalam minyak akar wangi adalah vetiverol, vetiverol, vetivenil, vetivenet, asam palmitat dan asam benzoat.

Karena kandungan senyawa kimia alami yang beragam tersebut maka tanaman akar wangi banyak di manfaatkan sebagai bahan utama dalam dunia industri. Baik dalam industri kosmetik maupun dalam industri obat obatan. Dalam Industri obat obatan tanaman akar wangi sering di gunakan sebagai obat untuk menghilangkan bau mulut. Selain itu juga sering di manfaatkan sebagai obat untuk mengobati rematik.

Untuk Mengetahui Berbagai harga obat herbal alami klik  DISINI

Tanaman Akar Wangi

Tanaman Akar Wangi

Khasiat dan manfaat

Di depan sudah di singgung tentang khasiat dan manfaat tanaman akar wangi bagi kesehatan. Namun supaya lebih jelas ini saya ulang lagi. Bahwa manfaat dan khasiat tanaman akar wangi adalah sebagai :

  • Penghilang bau mulut (obat kumur).
  • Obat rematik (obat luar).

Sebagai obat kumur yang bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut biasanya akar wangi di ramu atau di olah bersamaan dengan tanaman herbal yang lain. Berberapa bahan yang sering di gunakan untuk membuat ramuan obat kumur penghilang bau mulut seperti kapulaga, pegegan, dan daun sirih. Semua bahan tersebut di olah dengan cara tertentu sehingga di hasilkan caairan yang sangat bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut.

Sedangkan untuk mengobati rematik. Tanaman akar wangi di padu dengan tanaman herbal yang lain sehingga dapat di rubah menjadi obat gosok. Penggunaannya dengan mengosokan ramuan tersebut pada bagian yang terasa nyeri karena rematik.

Mencari cara Untuk Mengobati Stroke Klik DISINI

Demikian pembahasan mengenati tanaman akar wangi dan manfaatnya dalam mengobati permasalahan kesehataan. Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel kami. Semoga informasi mengenai tanaman akar wangi dan manfaatnya dalam bidang kesehatan yang saya sampaikan  melalui tulisan ini dapat memberikan banyak manfaat.

Baca Juga Artikel Kesehatan Lainnya

Anda dapat membacanya di bawah ini :

Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Keranjang>>