TANAMAN PACAR AIR

17th April 2018

Tanaman Pacar Air Dan Manfaat Tanaman Pacar Air Bagi Kesehatan

Tanaman pacar air merupakan salah satu tanaman yang sering di tanam di taman. Karena tanaman pacar air memiliki warna bunga yang cantik dan berwarna warni. Tanaman pacar air yang sebenarnya berasal dari asia selatan dan asia tenggara ini ternyata memiliki segudang khasiat dan manfaat. Selama ini pemanfaatan tanaman pacar air hanya sebagai hiasan di taman. Manfaatnya yang sangat banyak bagi kesehatan belum banyak di manfaatkan. Di balik keindahannya ternyata tanaman ini menyimpan banyak banyak manfaat yang tidak banyak di ketahui oleh orang.

Selama ini tanaman pacar air hanya banyak di tanam di taman atau di depan rumah sebagai hiasan saja. Selama ini pemanfaatan tanaman pacar air dalam bidang kesehatan belum maksimal. Oleh karenanya belum banyak masyarakat yang membudidayakannya untuk di ambil manfaatnya sebagai obat.

Klasifikasi pacar air

Tanaman pacar air memiliki banyak sekali nama yang berbeda di setiap daerah. Seperti di pulau sumatera tanaman pacar air di sebut juga dengan nama Lahine, paruinai. Di pulau jawa banyak di kenal dengan nama pacar cai, pacar banyu. Tanaman pacar air juga di kenal dengan nama  kimhong yaitu sebutannya di Jakarta. Di nusatenggara di kenal dengan nama pacar foya, pacar aik. Di sulawesi di kenal dengan nama tilang-gele duluku, kolendingi unggaagu, bunga jabelu, giabebe, gofu, laka gofu, bunga taho, inai anyer.

Klasifikasi pacar air secara ilmiah

Berikut klasifikasi pacar air secara ilmiah

Kingdom : plantae

Sub kingdom : viridiplantae

Infra kingdom : streptophyta

Super divisi : embryophyta

Divisi : tracheophyta

Sub divisi : spermatophytina

Kelas : magnoliopsida

Super Ordo : asteranae

Ordo : ericales

Famili : balsaminaceae

Genus : impatiens L.

Spesies : impatiens balsamina L.

Ciri morfologi pacar air

Tanaman pacar air

Tanaman pacar air

Tanaman pacar air merupakan jenis tanaman terna yang memiliki batang basah dan dapat bercabang.  Memiliki bentuk daun yang lanset memanjang dengan bagian pinggirnya bergerigi. Daunnya merupakan daun tunggal. Daun pacara air ini berwarna hijau muda tanpa daun penumpu.

Yang menarik dari tanaman pacar air adalah warna bunganya. Warna bunga pacar air cukup beragam dengan warna yang cerah. Ada yang berwarna oranye, merah, ungu, putih dan lain sebagainya. Pada bunganya ada yang engkel dan ada yang tunggal. Karena warna yang terlihat cantik dan memiliki beragam warna yang indah tersebut yang menyebabkan tanaman ini banyak di gunakan sebagai tanaman hias.

Hal lain yang unik dari tanaman pacar air adalah bagian buahnya. Buahnya merupakan buah kendaga bila sudah cukup tua dan masak maka akan membuka  dan terpecah menjadi 5 bagian yang terpilin. Terlebih bila di sentuh oleh tangan maka mudah sekali pecah dan terpilin.

Tanaman yang memiliki bunga warna warni yang sangat cantik ini memiliki ketinggian 30 cm sampai dengan 80 cm. Karena warna bunganya yang indah tanaman pacar air sering di tanam di taman. Di gunakan dan di manfaatkan sebagai tanaman hias.

Sifat kimia dan efek farmakologis tanaman pacar air

Tanaman pacar air memiliki rasa pahit, hangat, sedikti toxic (beracun). Dapat berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah, melunakkan masa/benjolan yang keras.

Terkait dengan khasiat dan manfaatnya tanaman pacar air mengandung senyawa kimia yang bermanfaat. Kandungan senyawa kimia yang terdapat dalam bunga pacar air adalah anthocyanins, cyanidin, delphinidin, pelargonidin, malvidin, kaempherol, quercetin.  Sedangkan senyawa kimia yang terkandung dalam akar tanaman pacar air adalah cyanidin mono-glycoside.

Manfaat tanaman pacar air dalam bidang kesehatan

Tanaman pacar air merupakan salah satu tanaman yang multi khasiat dalam bidang kesehatan. Karena tanaman yang memiliki warna bunga yang indah ini dapat di manfaatkan untuk mengobati berbagai jenis penyakit tertentu. Beberapa penyakit yang dapat di obati dengan mengambil manfaat tanaman pacar air di antaranya sebagai berikut :

  • Sebagai peluruh haid.
  • Untuk mengobati penyakit kanker khususnya kanker pencernaan.
  • Dapat di gunakan untuk mengobati bengkak.
  • Bermanfaat sebagai obat reumatik.
  • Untuk mengobati bisul.
  • Dapat untuk mengobati gigitan ular.
  • Mengobati radang kulit.
  • Untuk mengatasi masalah keputihan.
  • Mengobati sakit tulang seperti tulang patah atau retak.
  • Menghilangkan rasa nyeri.
  • Sebagai anti inflamasi.
  • Untuk mengatasi tertusuk benda asing di kerongkongan. Orang jawa mengatakan dengan istilah pancingen.

Bagian tanaman pacar air yang di manfaatkan untuk kesehatan

Yang bermanfaat dari tanaman pacar air untuk kesehatan adalah bagian akar, daun, biji dan bunga.

Biji

Biji tanaman pacar air bermanfaat untuk :

  • Peluruh haid (Emenagog).
  • Mempermudah  persalinan (Parturifasien).
  • Kanker saluran pencernaan bagian atas.

Aturan pemakaian 3 – 10 gr sedangkan untuk kanker: 15 – 60 gr.

Cara mengolahnya dengan di rebus menggunakan air bersih kemudian di minum.

Bunga

Bunga pacar air bermanfaat untuk :

  • Peluruh haid.
  • Mengakiri kehamilan (abortivum) dipakai bunga warna putih.
  • Pembengkakan akibat terpukul (haematom).
  • Rheumatik sendi.
  • Bisul (furunculolsis).
  • Gigitan ular.
  • Radan  kulit (dermatitis).

Cara mengolahnya dengan cara di rebus menggunakan air bersih sebanyak 3 sampai 6 gr. Air rebusan di minum secara rutin setiap hari.

Daun

Daun bunga pacar air bermanfaat untuk :

  • Keputihan (Leucorrhoea).
  • Tulang patah/retak (Fracture).
  • Mengurangi rasa nyeri (analgetik).

Akar

Manfaat akar bunga pacar air untuk :

  • Peluruh haid.
  • Anti -inflamasi  (antiflogistik = anti radang).
  • Rheumatik.
  • Tertusuk tulang /benda asing di kerongkongan.

Cara mengambil manfaat tanaman pacar air

Untuk memperoleh manfaat tanaman pacar air dapat di lakukan dengan cara mengobati dari luar dan dalam. Maksudnya dapat di gunakan sebagai obat luar. Dan dapat di gunakan sebagai obat dalam.

Bunga

Bagian bunga tanaman pacar air dapat di gunakan untuk mengobati pembengkakan, bisul, rheumatik, radang kulit. Caranya adalah dengan melumatkan bunga pacar air yang masih segar kemudian di tempelkan pada bagian yang sakit.

Daun

Daun pacar air dapat di gunakan sebagai frakturedan dapat di gunakan sebagai anti-inflamasi. Caranya adalah dengan melumatkan daun tanaman pacar air yang masih segar kemudian di tempelkan di tempat yang terasa sakit. Selain itu juga dapat di gunakan dengan cara di rebus. Dan air rebusan daun pacar air di gunakan untuk mencuci bagian yang terluka. Sedangkankan daunnya di tempelkan pada bagian yang terluka setelah di cuci menggunakan air rebusan daun pacar air.

Sebagai Obat Luar

Tanaman pacar air untuk mengobati rematik, radang kulit dan pembengkakan

Untuk mengobati rematik, radang kulit (dermatitis), pembengkakan. Menggunakan bunga pacar air yang masih segar secukupnya. Di haluskan lalu ditempelkan pada bagian yang sakit.

Baca juga : Cara membuat ramuan herbal untuk mengobati rematik

Tanaman pacar air untuk mengobati patah tulang atau tulang yang mengalami retak

Mengobati tulang patah atau retak (fraktur), anti radang (antiinflamasi). Menggunakan  daun pacar air secukupnya. Di haluskan lalu ditempelkan pada bagian yang sakit atau dapat juga daun tersebut direbus lalu airnya digunakan untuk mencuci luka, sedangkan daunnya ditempelkan pada bagian yang sakit.

Tanaman pacar air untuk mengobati bisul dan radang kulit

Mengobati sakit bisul (furunculus), radang kulit (dermatitis). Dengan menggunakan 15 gram daun pacar air segar, 5 lembar daun cocor bebek segar (kalanchoe pinnata [Lam] Pers.). Semua di haluskan lalu ditempelkan pada bisul.

Ramuan lain untuk mengobati bisul

Tanaman pacar air untuk menghilangkan bengkak karena kena pukulan

Untuk mengobati pembengkakan akibat terpukul. Dapat menggunakan 3 sampai 6 gram bunga pacar air yang di haluskan, tambahkan arak putih secukupnya. Setelah lembut kemudian tempelkan pada bagian yang bengkak.

Tanaman pacar air untuk mengobati radang kuku

Untuk mengobati radang kuku. Dapat memanfaatkan seluruh herba pacar air secukupnya. Semua bagian tersebut  di haluskan lalu ditempelkan pada kuku dan dibungkus dengan kain kasa. Lakukan 7 sampai 14 hari secara rutin.

Sebagai Obat Dalam

Tanaman pacar air sebagai obat peluruh haid / melancarkan haid (emenagog).

Dapat di lakukan dengan beberapa cara. Cara yang pertama ambil 4 atau 5 bonggol akar  tanaman pacar air. Kemudian di rebus dengan menggunakan 400 cc air bersih. Rebus sampai airnya tersisa 200 cc. Air rebusan tersebut kemudian di saring untuk di ambil sarinya. Baru kemudian di minum. Lakukan minum ramuan tersebut  3 sampai 4 kali dalam sehari sehari. Dan cara yang kedua adalah dengan menggunakan 6 gram biji pacar air, 15 gram temu hitam (Curcuma aeruginosa Roxb.). Bahan tersebut di rebus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Kemudian hasil rebusan di saring baru kemudian di minum selagi masih dalam kondisi hangat. Dan Cara yang ke tiga adalah dengan menggunakan 3 sampai 10 gram biji pacar air, 30 gram daun dewa segar (Gynura segetum [Lour.] Merr.), 10 gram temulawak (Curcuma xanthorriza Roxb.). semua bahan tersebut  di rebus dengan menggunakan air secukupnya. Hasil rebusan di saring dan kemudian di minum.

Tanaman pacar air untuk mngobati nyeri haid (Dysmenorrhoea).

Dapat memanfaatkan 10 gram daun pacar air, 15 gram umbi rumput teki (Cyperus rotundus L.), 15 gram temu hitam (Curcuma aeruginosa Roxb.). Semua bahan di campur dan  di rebus dengan air secukupnya. Setelah mendidih saring untuk di ambil airnya baru kemudian di minum.

Tanaman pacar air untuk mengatasi permasalahan terlambat datang haid, pembekuan darah.

Dapat di obati dengan menggunakan ramuan 6 gram herba pacar air, 10 gram temu putih (Curcuma zedoaria  Roxb.). Semuanya di rebus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring dan diminum airnya.

Tanaman pacar air untuk mengobati keputihan

Untuk mengobati keputihan (leucorrhea) yang memanfaatkan tanaman pacar air dapat di lakukan dengan menggunakan beberapa ramuan. Ramuan yang pertama dengan menggunakan 30 gram daun segar tanaman pacar air. Daun tersebut di rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian hasil rebusan di saring dan di minum airnya. Ramuan yang kedua dengan menggunakan 30 gram daun pacar air segar atau 15 gram yang kering, 15 gram daun sambiloto kering (Andrographis paniculata Nees.). kedua bahan di campur dan di rebus bersamaan dengan menggunakan air bersih secukupnya. Setelah mendidih angkat dan saring untuk mengambil airnya. Setelah itu di minum.

Tanaman pacar air untuk mempermudah persalinan

Jika di gunakan untuk mempermudah persalinan (Parturipasien), kanker saluran pencernaan atas. Yaitu dapat dengan menggunakan 10 gram biji pacar air. Biji pacar air tersebut  di rebus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Kemudian airnya di saring dan minum secara rutin. Selain dengan menggunakan ramuan tradisional ini sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter untuk memantau perkembangan penyakitnya.

Tanaman pacar air untuk mencegah dan mengatasi kanker

Bila di gunakan untuk mencegah dan mengatasi kanker (karsinoma). Dapat di lakukan dengan mengambil  15 gram biji pacar air, 30 gram rumput mutiara (Hedyotis corymbosa [L.] Lamk.). Keduanya di rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Setelah di angkat dari tungku kemudian di saring dan diminum airnya. Minum ramuan ini sehari dua kali secara rutin. Dan tetap konsultasikan penyakit anda ke dokter secara rutin.

Penjelasan lengkap tentang penyakit kanker

Tanaman pacar air untuk mengobati sakit bisul (furunculus), radang kulit (dermatitis).

Gunakan  3sampai 6 gram bunga pacar air, 5 lembar daun cocor bebek (kalanchoe pinnata [Lam] Pers.). Bahan yang sudah di siapkan  di rebus dengan  menggunakan 500 cc air bersih. Rebus sampai airnya tersisa tersisa 200 cc. Bila sudah kemudian di angkat kemudian di saring dan airnya di minum sebagai obat.

Tanaman pacar air untuk mengobati sakit radang usus buntu kronis (cronic appendicitis).

Dapat menggunakan 30 gram herba pacar air, 30 gram daun sambiloto (Andrographis panniculata Nees.). Bahan yang sudah di siapkan di rebus dengan 600 cc air. Di rebus sampai airnya tersisa setengahnya yaitu 300 cc. Biila airnya sudah tersisa setengahnya kemudian di angkat dan di saring. Yang di manfaatkan sebagai obat adalah air yang sudah di saring. Minum secara rutin setiap hari sampai sembuh.

Tanaman pacar air untuk mengobati sakit tekanan darah tinggi (hipertensi).

Siapkan bahan ramuan yang di perlukan yaitu 10 gram bunga pacar air, 100 gram seledri kecil (Apium graveolens L.). Bahan tersebut  di rebus dengan menggunakan 400 cc air bersih. Di rebus samapi airnya tersisa 200 cc atau setengahnya. Kemudian angkat dan saring untuk memisahkan air dan ampasnya. Kemudian minum air yang sudah di saring secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Penjelasan lengkap tentang sakit darah tinggi dan resiko bahayanya

Tanaman pacar air untuk mengobati sakit pinggang, leher kaku, pinggang kaku dan rematik

Dapat juga di gunakan untuk mengobati sakit pinggang (lumbago), kaku leher, kaku pinggang, rematik. Caranya adalah dengan menggunakan 15 gram akar pacar air, 30 gram akar sawi langit (Vernonia cinerea [L] Lees.), 15 gram jahe merah (Zingiber officinale Rosc.). Semua bahan tersebut di rebus dengan menggunakan 600 cc air. Di rebus sampai airnya tersisa setengahnya yaitu 300 cc. Bila airnya sudah tersisa setengahnya angkat dari tungku kemudian saring dan tampung airnya dalam gelas. Kemudian air yang sudah di tampung dalam gelas tersebut yang di minum sebagai obatnya. Minum ramuan ini setiap hari secara rutin. Minum 2 sampai 3 kali setiap hari.

Mengobati syaraf kejepit

Kontra indikasi bagi wanita hamil.

Untuk wanita yang sedang hamil sebaiknya berhati hati dalam mengkonsumsi ramuan yang menggunakan tanaman pacar air. Akan lebih baik jika tidak mengkonsumsinya.

Selain memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan yaitu untuk mengobati berbagai penyakit. Akan tetapi mengkonsumsi tanaman pacar air terlalu berlebihan juga dapat menimbulkan efek samping. Efek sampaing mengkonsumsi ramuan yang menggunakan tanaman pacar air adalah jika  di konsumsi dalam waktu yang lama. Jika di konsumsi dalam waktu yang lama dapat mengkibatkan mulut terasa kering ( xerostomia ). Selain itu juga dapat menimbulkan rasa mual (Nausea). Menurunkan nafsu makan. Nafsu makan akan menurun (anorexia) bahkan akan menghilang setelah menurunkan dosis atau penghentian pengobatan selama 2 – 3 hari.

Demikian pembahasan mengenai tanaman pacar air.

Semoga dapat memberikan banyak manfaat.

Terima kasih

[contact-form][contact-field label=”Nama” type=”name” required=”true” /][contact-field label=”Surel” type=”email” required=”true” /][contact-field label=”Situs web” type=”url” /][contact-field label=”Pesan” type=”textarea” /][/contact-form]

Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Keranjang>>