SAKIT TEKANAN DARAH TINGGI

30th Mei 2016

SAKIT TEKANAN DARAH TINGGI DAN TINDAKAN YANG HARUS DILAKUKAN

Tekanan darah tinggi atau di sebut juga hipertensi merupakan kondisi naiknya tekanan darah sampai melebihi ambang batas. Peningkatan tekanan darah ini terjadi dalam waktu yang panjang dan juga kronis. Tekanan darah itu merupakan tekanan alami dalam pembuluh darah yang di akibatkan karena mengembang dan mengempisnya jantung.

Untuk mengetahui ukuran tekanan darah seseorang biasanya dokter mengukur dua hal yang tinggi dan yang rendah. Tekanan jantung yang paling tinggi yaitu tekanan jantung sewaktu memompa darah ke dalam urat nadi ini di sebut tekanan systolic atau secara umum lebih mengenalnya dengan angka atas. Sedangkan yang rendah yaitu ukuran tekanan darah yang terdapat dalam nadi sebelum nadi tersebut bendenyut kembali ini di sebut diastolic atau secara umum orang lebih mengenalnya dengan istilah angka bawah. Ukuran tekanan darah ini di buat dalam ukuran milimeter air raksa, dengan menunjukkan tingginya air raksa yang dapat di dorong oleh tekanan ini. Seperti contohnya 120 / 90 ini berarti tekanan darah saat jantung mengembang adalah 120 milimeter sedangkan saat sebelum jantung mengembang adalah 80 milimeter.

Ukuran Tekanan Darah

Ukuran tekanan darah secara normal antara orang dewasa dengan anak – anak tidaklah sama. Tekanan darah untuk anak – anak cenderung lebih rendah daripada tekanan darah pada orang dewasa. Ukuran tekanan darah normal pada anak – anak pada usia 6 tahun yaitu 90 / 60 sedangkan pada orang dewasa 120 / 80. Untuk seseorang dalam usia muda ukuran tekanan normalnya adalah 90 sampai dengan 140 untuk systolik atau angka atas dan 60 sampai dengan 90 untuk diastolic atau angka bawahnya.

Sebagian orang percaya bahwa tekanan darah seseorang akan bertambah ketika usianya semakin tua. Dan memang rata – rata tekanan darah seseorang bertambah seiring bertambahnya usia tetapi kondisi ini bukanlah keadaan yang normal. Apabila tekanan darah bertahan di angka 140 / 90 sebenarnya orang yang memiliki angka tersebut sudah terkena tekanan darah tinggi apabila berlanjut maka bisa berakibat pecahnya pembuluh darah.

Tekanan Darah Tinggi dan Tindakan Yang Harus di Lakukan

Tekanan Darah Tinggi dan Tindakan Yang Harus di Lakukan

Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Ada banyak faktor penyebab terjadinya tekanan darah tinggi. Memakan makanan yang dapat menyebabkan obesitas adalah penyebab secara umum di tambah lagi faktor atau adanya riwayat keluarga yang terkena tekanan darah tinggi. Banyaknya problematika dalam pekerjaan, adanyanya ketegangan jasmani dan tekanan sosial juga merupakan penyebab tekanan darah tinggi yang sering di jumpai. Karena hai itulah maka penyakit tekanan darah tinggi lebih banyak di jumpai di daerah perkotaan dari pada di daerah pedesaan. Apalagi kebiasaan merokok ini akan menambah parahnya tingkat tekanan darah tinggi karena dengan menghisap rokok 1 batang saja dapat meningkatkan tekanan darah 5 sampai 10 strip untuk sementara.

Orang yang terkena tekanan darah tinggi sering kali di barengi dengan arteiosclerosis dan atheriosklerosis. Ini merupakan keadaan tersumbatnya pembuluh darah oleh peroksida lemak dan pengapuran yang kondisi ini menyebabkan tekanan darah semakin tinggi.

Ciri yang umum

Ciri atau tanda adanya tekanan darah tinggi tidak jelas kelihatan di usia kurang dari 35 tahun. Meskipun tampak berbeda dari kebiasaan yang di sering di lakukan oleh penderita tekanan darah tinggi. Yaitu seperti marah – marah. Karena orang yang bijaksana dia akan mampu memperhatikan penyebab amarah melalui penglaman orang lain sehingga dia akan mampu mengubah kebiasaan amarahnya sebelum mala petaka yang lebih besar menimpanya.

Selain itu terkadang ada juga tekanan darah tinggi yang di sebabkan oleh penyakit yang lain. Seperti orang yang menderita penyakit ginjal, penyakit radang tonsil, demam berdarah. Ini juga dapat menyebabkan tekanan darah menjadi naik. Akan tetapi dalam kasus ini tekanan darah tinggi merupakan jalan keluar untuk penyaringan darah yang normal melalui dinding pembuluh darah halus dalam ginjal. Seseorang yang menderita penyakit ginjal dalam jangka lama sering kali di tandai dengan adanya pengerasan pembuluh darah. Naiknya tekanan darah atau tekanan darah tinggi dan pembengkakan jantung. Sedangkan pada wanita yang sedang hamil akan di sertai dengan kejang – kejang yang tiba – tiba dan juga kelainan ginjal berhubungan dengan peningkatan tekanan darah.

Gejala tekanan darah tinggi yang terjadi pada setiap orang berbeda- beda. Orang yang badannya gemuk tekanan darah tinggi akan tampak dari warna kulitnya. Yaitu dari kulitnya tampak warna kemerah – merahan sedangkan badanya kelihatan tegap dan sehat. Hanya saja ini terlihat pada seseorang yang berusia 50 tahun sampai 60 tahun. Dalam kondisi ini mungkin tekanan darah sistolik atau angka atasnya akan mencapai angka 200 atau mungkin lebih tinggi lagi. Akan tetapi orang tersebut tidak merasakan gejala apapun. Tetapi sebagian orang akan merasakan telinganya berdenging dan sedikit merasa pusing.

Tindakan

Ada banyak tindakan yang dapat di lakukan bagi orang yang menderita tekanan darah tinggi sebelum terjadi pengerasan pembuluh darah. Yaitu dengan mengatur pola makan agar lebih baik ini terutama bagi orang yang terlalu gemuk. Agar tekanan darah bisa menurun seseorang harus mengendalikan selera makan dan menjaga keseimbangan berat badan. Makanan yang memiliki kadar gula yang cukup tinggi harus di hindari, makanan yang mengandung gizi yang berlebihan juga harus di hindari. Kue –kue yang lezat dan enak, makanan kecil, minuman yang mengandung kafein seperti kopi semua harus di hidarkan. Dan hanya boleh sedikit menggunakan garam dalam makanan yang yang di makan.

Terapinya

Untuk terapi pengobatan tekanan darah tinggi bagi orang yang terkena adalah dengan istirahat yang cukup. Dalam hal ini bukan saja istirahat badannya saja melainkan istirahat secara fisik dan juga mental. Ini akan sangat membantu dalam proses pengobatan tekanan darah tinggi. Bagi yang tekanan darahnya belum telalu tinggi olah raga seperti jalan – jalan yang sedang dapat membantu. Tetapi dalam kasus yang sudah parah maka semua urusan baik urusan kantor, urusan masyarakat sosial, dan semua tanggung jawab harus di kesampingkan terlebih dahulu. Harus banyak istirahat di tempat tidur supaya bisa istirahat tanpa ada tekanan mental. Bisa instirahat baik secara fisik maupun mental itu yang akan dapat membawa hasil yang baik.

Dan juga untuk pengobatan tekanan darah tinggi yang sudah parah maka segeralah bawa ke dokter. Agar dapat di tangani dengan cepat dan juga tepat. Dan juga agar segera mendapatkan pengobatan yang seharusnya.
Namun apabila tekanan darah tinggi sudah berlangsung cukup lama. Otot jantung dan juga jaringan ginjal sudah menyesuaikan dengan tekanan darah. Apabila tekanan darah di lakukan penurunan dengan cepat justru akan lebih berbahaya. Hal yang harusnya di lakukan adalah dengan menurunkan tekanan darah secara perlahan – lahan agar dia dapat meyesuaikan diri .

Tindakan Yang Harus Di Lakukan

Apabila sudah terkena tekanan darah tinggi apa yang harusnya di lakukan? Ada beberapa hal yang perlu di lakukan yaitu :

  1. Harus memperhatikan diet bagi yang kegemukan, berhenti merokok dan istirahat yang cukup.
  2. Mintalah nasehat kepada dokter atau orang yang ahli di bidangnya seperti tukang terapi yang sudah biasa menangani orang sakit. Anda mungkin akan mendapatkan beberapa nasehat yang dapat membantu proses penyembuhan. Dan juga dokter atau terapis tadi mungkin saja akan memberikan resep untuk pengobatan sakit hipertensi atau tekanan darah tinggi yang tepat.
  3. Periksalah kondisi kesehatan secara teratur. Karena akan ada perubahan cara pengobatan dari waktu ke waktu seiring dengan perkembangan kesehatan yang di alami.
  4. Seseorang yang terkena serangan tekanan darah tinggi harus mengikuti petunjuk dengan ketat. Seperti harus teratur dalam konsumsi obat yang sudah di sarankan oleh dokter atau terapis. Dan juga tidak boleh menghentikan proses pengobatan kecuali atas petunjuk dokter atau terapis yang menangani.

Semoga artikel ini banyak membantu menyelamatkan banyak orang. Baca juga artikel lainnya yang menjelaskan tentang sakit kanker. Terimakasih

Semoga Informasi Ini dapat memberikan banyak manfaat.

[contact-form][contact-field label=”Nama” type=”name” required=”true” /][contact-field label=”Surel” type=”email” required=”true” /][contact-field label=”Situs web” type=”url” /][contact-field label=”Pesan” type=”textarea” /][/contact-form]

Mencari rangkaian bunga kunjungi link di bawah ini

Toko bunga malang kota

Toko karangan bunga di malang

Jual bunga papan di malang

Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Keranjang>>