PUSING DENGAN MASALAH SAKIT MAAG INILAH SOLUSINYA

2nd Agustus 2016

TERAPI PENGOBATAN SAKIT MAAG

Terapi pengobatan sakit maag penting di lakukan mengingat sakit maag adalah penyakit yang sering kambuh. Pengobatan sakit maag dengan cara biasa hanya dapat menyempuhkan sakit maag untuk sementara waktu. akan tetapi terapi pengobatan sakit maag yang baik akan menyembuhkan secara total. Dan terapi pengobatan sakit maag seharusnya tidak membuat sakit maag kambuh kembali.

Sakit maag sering sekali kita mendengar orang mengeluh tentang sakit maag ini. Memang sangat wajar kalau kita sering mendengar keluhan orang tentang sakit maag. Ini karena orang yang mengalami sakit maag sangat banyak. Hampir setiap rumah di lingkungan kita ada salah satu anggota keluarganya ada yang terkena sakit maag. Mungkin muncul pertanyaan mengapa orang yang terkena sakit maag sangat banyak? Jelas sekali pasti karena pola makan dan pola hidup yang masih salah dan tidak teratur. Karena penyebab utama sakit maag adalah pola makan yang salah dan tidak teratur. Maka dari itu di sini kita akan membahas bagaimana cara pengobatan sakit maag. Untuk lebih jelasnya simak terus pembahasan berikutnya hehehe.

Baca juga cara membuat  Obat herbal tukak lambung

Sakit maag ialah adanya peradaangan pada selaput lambung yang di karenakan tubuh kelebihan zat asam lambung. Akibatnya ada perasaan seperti terbakar di ulu hati, muncul rasa yang tidak enak di dalam perut, perut kembung, sakit kepala, mual, lidah berlapis dan muncul rasa yang tidak enak di mulut. Semua gejala yang muncul itu akan semakin buruk seiring dengan penyakit yang semakin parah. Bahkan akan bertambah rasa sakitnya di perut bagian atas, perut lunak, muntah demam, terkadang juga sampai terjadi pendarahan di lambung. Kelembihan asam lambung  yang mengakibatkan sakit maag ini bila berlangsung secara berulang – ulang dan sering terjadi akan mengakibatkan terjadinya borok lambung. Sedang borok lambung itu sendiri adalah luka yang menahun yang terjadi pada lambung dan usus halus.

Penyebab

Kebanyakan orang mengalami sakit maag karena kebanyakan makan obat. Obat yang sering kali menyebabkan sakit maag yaitu aspirin. Obat ini bila di konsumsi dengan cara yang salah akan dapat menyebabkan sakit maag. Contoh penggunaan aspirin yang salah ialah mengkonsumsi aspirin ketika perut dalam keadaan kosong. Kebanyakan orang menganggap aspirin sebagai obat yang aman dan tidak berbahaya. Akan tetapi efek samping dari aspirin adalah merusak selaput lambung yang mengakibatkan sakit maag.

Selain mengkonsumsi obat seperti aspirin penyebab lain sakit maag ialah makan yang tidak teratur, sering telat makan padahal perut sudah kelaparan, bahkan kebanyakan makan juga dapat menyebabkan sakit maag.  Selain itu memakan makanan yang sulit di cerna, terkena udara yang dingin dan lembab, infeksi racun dan keracunan makanan atau alergis juga merupakan penyebab sakit maag yang lainnya. Dan memungkinkan itu menjadi komplikasi suatu penyakit infeksi tertentu. Dan juga kebanyakan minum minuman yang beralkhohol juga menyebabkan sakit maag di tambah lagi minumnya dalam keadaan perut kosong atau makanan yang terlalu sedikit.

Kebanyakan sakit maag dapat sembuh dalam beberapa hari. Namun pada sebagian kasus sakit maag akut yang di akibatkan makan asam. Asam yang membahayakan atau sejenis racun dan menyebabkan sakit maag akut / radang lambung yang sangat berbahaya bahkan dapat berakhir dengan kematian.

cara pengobatan sakit maag agar sembuh total dan tidak kambuh lagi

cara pengobatan sakit maag agar sembuh total dan tidak kambuh lagi

Jenis sakit maag

Sakit maag itu sendiri sebenarnya ada dua jenis yaitu sakit maag akut / radang lambung akut ( gastritis akut ) dan sakit maag kronis / radang lambung kronis ( gastritis kronika). Yang banyak di bahas di atas tadi sebenarnya adalah sakit maag akut. Sedangkan sakit maag kronis ialah rasa tidak enak yang muncul di mulut, lidah berlapis, nafasnya berbau busuk, bersendawa dan memuntahkan makanan atau cairan tanpa rasa asam. Terdapat rasa tidak enak di perut bagian atas yang di rasakan setelah makan, perut mual, lunak, terkadang muncul perasaan setengah cacat jasmani dan rohani. Dan gejala tersebut sangat ringan sehingga sulit untuk di perhatikan.

Kalau di perhatikan gejala yang muncul antara sakit maag akut dengan sakit maag kronis memiliki banyak persamaan. Dan memang memiliki banyak persamaan karena kedua duanya merupakan peradangan yang terjadi di lambung.

Dan sakit maag kronis lebih banyak terjadi karena seseorang terlalu memanjakan dirinya dengan cara yang salah yaitu dengan cara makan yang tidak teratur. Terlalu banyak makan makanan yang mengandung minyak seperti gorengan juga merupakan salah satu penyebabnya. Dan penyebab lain yang sering terjadi adalah makan yang terlalu banyak, makan yang terlalu cepat, minuman dingin, kebanyakan minum cairan setelah makan, sering telat makan, makan makanan yang terlampau pedas, merokok serta minum alkhohol, danjuga makan dalam kondisi yang terlalu capek. Radang lambung kronis atau sait maag kronis ini akan terus bertambah parah karena serangan sakit maag akut yang terjadi secara terus- menerus.

Penyebab Sakit Maag

Baik sakit maag akut maupaun sakit maag kronis keduanya memiliki penyebab yang sama. Sakit maag yang kronis terjadi karena sakit maag akut yang berulang – ulang yang sering dan terus menerus. Sehingga secara umum dapat di simpulkan penyebab sakit maag antara lain seperti di bawah ini :

  1. Makan yang terlalu banyak.
  2. Makan yang di lakukan terlalu cepat atau terburu – buru.
  3. Mengkonsumsi obat secara berlebihan seperti aspirin.
  4. Sering terlambat makan/ makan tidak tepat waktu.
  5. Banyak mengkonsumsi alkhohol.
  6. Terlalu banyak makan makanan yang mengandung minyak seperti gorengan.
  7. Terlalu banyak minum cairan setelah makan kenyang sehingga perut merasa tidak enak.
  8. Sering minum minuman dingin seperti minum sofdrink.
  9. Suka makan makanan yang susah di cerna sehingga lambung harus bekerja terlalu keras.
  10. Karena infeksi racun yang masuk ke dalam tubuh.

Gejala Atau Ciri- ciri Orang Mengalami Sakit Maag.

Dalam pembahasan di atas sebenarnya sudah banyak di singgung tentang gejala atau ciri – ciri orang yang mengalami sakit maag. Namun begitu supaya lebih jelas  akan saya simpulkan sehingga lebih mudah di pahami dan di mengerti. Secara umum ciri – siri orang yang sakit maag antara lain :

  1. Adanya rasa tidak enak di perut / sebah terutama di bagian lambung atau tengah dada.
  2. Perut kembung.
  3. Sakit kepala.
  4. Muncul seperti rasa terbakar di bagian ulu hati.
  5. Lidah berlapis.
  6. Muncul rasa tidak enak di mulut.
  7. Mulut berbau busuk.
  8. Ada rasa nyeri yang sampai menusuk ulu hati.
  9. Apabila terlambat makan atau setelah makan makanan yang berasa pedas muncul rasa nyeri di perut yang hebat.
  10. Memuntahkan makanan atau cairan tanpa rasa asam.

Tindakan Yang Harus di Lakukan Untuk Pengobatan Sakit Maag.

Dalam upaya pengobatan sakit maag agar tidak semakin bertambah parah dan dapat di sembuhkan ada beberapa tindakan yang merupakan kebiasaan setiap hari yang sebaiknya di lakukan :

  • Pada saat makan lakukan dengan tenang jangan terburu – buru kunyah makanan dengan seksama agar nantinya lambung lebih mudah untuk mencerna. sebaiknya ketika makan di kunyah lebih lembut sehingga lambung tidak akan bekerja terlampau berat ini akan mempercepat proses pengobatan sakit maag yang sedang di lakukan.
  • Dalam masa pengobatan sakit maag makanlah dengan teratur tepat pada waktunya dan pada saat merasa lapar segeralah makan jangan di tunda – tunda. dan sebaiknya ini tidak di lakukan di masa pengobatan sakit maag saja melainkan di jadikan kebiasaan setiap hari.
  • Setelah selesai makan jangan minum terlalu banyak sisakan ruang untuk udara. Dan juga jangan suka minum minuman dingin apalagi minuman keras karena akan merusak selaput lambung dan mengakibatkan sakit maag semakin parah sehingga proses pengobatan sakit maag semakin sulit di lakukan.

Baca penyebab masalah pencernaan Makanan sehat yang membuat sakit

  • Agar pengobatan sakit maag semakin cepat menampakkan hasilnya jarak antara makan sebaiknya lima jam. Jangan terlalu pendek dan juga jangan sampai terlambat makan.
  • Sebaiknya setelah makan istirahat setengah jam sebelum beraktifitas kembali. Ini cukup penting untuk di lakukan agar proses pengobatan sakit maag semakin maksimal karena dengan begitu kerja tidak lambung akan semakin ringan.
  • Selain dengan terapi pengobatan sakit maag. Sebaiknya mempelajari setiap reaksi setiap makanan yang di konsumsi apabila makanan yang di konsumsi memberikan reaksi yang tidak baik maka sebaiknya di tinggalkan.
  • Hindari semua ketegangan emosi seperti susah dan juga marah. Emosi berlebihan akan mengganggu metabolisme tubuh sehingga juga menghambat proses pengobatan sakit maag.
  • Makanlah makanan yang dapat membantu pengobatan sakit maag atau radang lambung seperti keju, kelapa susu, biskuit dan lain – lain.
  • Hindarilah makanan yang akan memperparah sakit maag. Seperti  makanan yang terlampau pedas, merokok , minuman beralkhohol, makanan yang banyak mengandung lemak dan juga minuman bersoda seperti sofdrink.

Penutup

Untuk sementara yang pembahasan terapi  pengobatan sakit maag sampai di sini dulu. Nanti lain kali akan di lanjutkan cara terapi untuk pengobatan sakit maag sampai tuntas dan tidak mudah kambuh lagi.

Demikian pembahasan tentang terapi pengobatan sakit maag semoga dapat memberikan manfaat.

Baca juga artikel yang lain tentang sakit diabetes dan cara mengobatinya.

Semoga informasi di sini dapat memberikan banyak manfaat.

Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Keranjang>>