CARA MENANGANI MIGRAIN ATAU SAKIT KEPALA SEBELAH

21st Agustus 2016

Pengertian Migrain

Migrain ialah rasa sakit berupa nyeri pada kepala yang bedenyut – denyut dan sering kali di sertai rasa mual dan muntah.  Migrain merupakan sakit kepala yang hanya menyerang pada satu sisi kepala saja. Penderita migrain sering kali sangat sensitif terhadap cahaya, suara ataupun bau – bauan.  Rasa nyeri di kepala yang di rasakan terkadang dapat berpindah ke sisi kepala yang lain tapi terkadang juga dapat mengenai kedua – duanya.

Rasa sakit yang di rasakan pada migrain terkadang sulit untuk di bedakan dengan sakit kepala yang lain. Sakit kepala yang di sebabkan karena penderita mengalami sakit sinusitis mempunyai ciri yang hampir sama dengan migrain. Selain itu migrain juga dapat timbul karena penderita mengalami sakit asma, depresi atau karena adanya penyakit tumor.

Ciri Migrain

Seseorang yang mengalami sakit kepala sebelah terkadang dapat merasakan sakit sampai beberapa hari bahkan bisa sampai satu bulan atau lebih. Tanda atau ciri yang paling menonjol ialah rasa sakit pada kepala namun hanya pada satu sisi kepala saja. Rasa sakit saat pertama menyerang biasanya di mulai dengan rasa yang tidak enak. Dan terkadang di mulai dengan melihat cahaya yang berwarna warni yang sangat terang. Dalam serangan yang awal ini penderita migrain biasanya akan merasa mual dan muntah. Kedangatan rasa sakit yang amat sangat itu berlangsung beberapa jam saja dan setelah itu biasanya hilang dengan begitu saja secara mendadak sedangkan yang menderita migrain masih dalam keadaan lemah.

Untuk tentang sakit kepala secara lengkap dan jelas baca pada Sakit kepala

Cara mencegah migrain

Cara mencegah migrain agar migrain tidak kambuh lagi

Sakit kepala sebelah dapat mengenai pada seseorang dalam segala usia. Baik anak – anak sampai usia lanjut. Yang paling menyusahkan, sekali terkena sakit kepala sebelah ini biasanya dapat bertahan selama beberapa tahun. Penyakit yang di rasakan sering datang dan pergi seperti penyakit yang kambuhan. Biasanya sakit kepala sebelah atau migrain menyerang pada orang yang masih anggota keluarga. Maksudnya apabila dalam anggota keluarganya banyak yang terkena sakit kepala sebelah maka sering kali dia juga mudah terkena sakit kepala sebelah. Yang paling sering terkena skit kepala sebelah adalah wanita. Apalagi wanita yang sedang mengalami siklus bulanan yaitu haid. Saat haid wanita sering terkena sakit kepala sebelah.  Sakit migrain terkadang bertambah parah tapi terkadang juga hilang sama sekali ketika seorang wanita mengalami mati haid.

Sakit kepala sebelah  sering menyerang pada seseorang yang suka memaksakan diri untuk mencapai suatu tujuan yang di anggapnya sempurna. Dan sering kali sakit kepala sebelah ini menyerang pada anggota keluarga yang sama. Ini di karenakan biasanya sesama anggota keluarga yang sama memiliki tingkat kepribadian dan sifat – sifat yang hampir sama.

Pembagian Sakit Migrain

Sakit kepala sebelah dapat bedakan menjadi beberapa kelompok. Yaitu sakit migrain biasa, migrain haid, migrain klasik dan migrain komplikasi.

Migrain biasa. Migrain yang ini merupakan sakit kepala sebelah yang paling banyak penderitanya. Jenis yang ini di tandai dengan sakit kepala yang berdenyut di salah satu sisi dengan intensitas yang sedang sampai yang berat. Dan rasa sakit yang di rasakan akan bertambah semakin parah ketika di bawa beraktifitas. Jenis sakit kepala sebelah yang ini juga di sertai dengan mual dan muntah serta merasa sangat sensitif terhadap cahaya, suara dan bau. Terkadang sakit kepala sebelah jenis yang ini dapat sembuh dengan sendirinya tanpa perlu di obati dalam waktu 4 sampai dengan 72 jam.

Migrain haid. Ialah sakit kepala sebelah yang terjadi beberapa hari sebelum haid atau selama haid atau juga setelah selesai haid. Biasanya wanita yang mengalaminya paham betul bahwa sakit kepala sebelah yang di rasakannya karena siklus bulanan wanita yang sedang berlangsung. Sakit kepala sebelah yang terjadi bisa berbentuk migrain biasa ataupun migrain klasik.

Migrain klasik. Migrain klasik ialah sakit kepala sebelah yang sering terjadi di dahului oleh suatu gejala yang di namakan aura.

Migrain komplikasi. Ialah penyakit sakit kepala sebelah yang di sertai dengan gangguan sistem syaraf. Gangguan sistem syaraf yang sering terjadi ialah rasa baal dan  geli, kesulitan berbicara atau mengerti pembicaraan, dan ketidak mampuan menggerakkan tangan dan kaki. Pada jenis ini biasanya gejala gangguan syaraf masih bertahan meskipun sakit kepala sebelah yang di rasakannya sudah menghilang.

Penyebab Migrain

Penyebab pasti adanya sakit kepala sebelah ini belum di ketahui secara pasti. Ada yang berasumsi bahwa sakit ini muncul karena adanya hiperaktifitas impuls listrik otak. Sehingga kondisi itu meningkatkan aliran darah ke otak. Akhirnya pembuluh darah ke otak mengalami pelebaran serta terjadi proses inflamasi. Pelebaran pembuluh darah dan inflamasi ini mengakibatkan rasa nyeri dan gejala yang lain seperti mual. Semakin berat proses inflamasi yang di alami maka  sakit kepala sebelah yang di rasakan juga semakin sakit.

Namun sakit kepala sebelah ini dapat di picu oleh makanan yang di konsumsi. Selain makanan yang dapat memicu ada hal lain yang juga dapat memicu timbulnya sakit kepala sebelah seperti stres dan perubahan aktifitas rutin harian. Namun sampai sekarang belum di ketahui bagaimana dan mengapa stres  dan perubahan aktifitas harian bisa menyebabkan sakit kepala sebelah.

Ada beberapa hal yang dapat memicu terjaginya sakit kepala sebelah yaitu :

  1. Makan makanan tertentu yang mengandung MSG, cokelat dan kopi.
  2. Tidur yang terlalu berlebihan atau juga kurang tidur.
  3. Telat makan.
  4. Adanya perubahan cuaca atau tekanan udara.
  5. Sinar matahari yang terlalu terik atau pantulan sinar matahari.
  6. Bau yang sangat menyengat tajam dan asap rokok.
  7. Stress atau tekanan emosi.

Tanda – Tanda Migrain

Berikut ini adalah gejala atau tanda tanda seseorang mengalami sakit migrain atau sakit kepala sebelah.

  1. Adanya rasa nyeri di kepala yang luar biasa dan hanya satu sisi kepala saja. Biasanya di sertai dengan kepekaan terhadap cahaya, suara dan bau yang tajam. Selain itu juga sering di barengi dengan rasa mual dan muntah serta gejala tersebut semakin berat di rasakan apabila di bawa beraktifitas.
  2. Sekitar 30 menit sebelumnya timbul aura seperti melihat cahaya yang berwarna – warni, cahaya yang sangat terang, seperti melihat garis yang bergelombang, melihat bintik gelap atau tidak dapat melihat benda dengan jelas, merasakan adanya rasa geli atau kesemutan pada tangan, tidak bisa mengucapkan kata – kata dengan jelas, terasa kebas pada bagian tangan, merasa sangat lelah pada satu sisi tubuhnya, terkadang rasa kebas muncul di pundak atau wajah dan merasa bingung. Gejala yang muncul ini datang silih berganti.
  3. Merasakan rasa nyeri pada satu bagian sisi kepala.
  4. Satu atau dua hari sebelumnya merasakan badan yang lemah, sering menguap, menginginkan suatu makanan seperti orang ngidam, mudah marah dan merasa gelisah.
  5. Setelah rasa nyeri yang di kepala sembuh rasa nyeri pada otot tidak ikut hilang. Penderita masih merasa lemas.

Penanganan

Baca juga Ramuan Herbal Sakit Kepala

Tindakan Pencegahan

  1. Berusahalah berfikir dengan kepala dingin jangan sampai merasa stress karena sakit kepala sebelah ini sering menyerang pada saat stress.
  2. Lakukan senam relaksasi agar otot anda tidak terlalu tegang.
  3. Apabila anda mengetahui sakit kepala sebelah yang di alami karena tekanan mental seperti depresi atau rasa cemas, maka sebaiknya anda berusaha untuk mengatasi tekanan mental tersebut.
  4. Berusahalah untuk mencari tahu penyebab sakit kepala sebelah yang di alami. Yaitu dengan cara membuat catatan harian mengenai sakit kepala yang di alami. Ini akan membantu untuk mengetahui penyebab sakit kepala sebelah yang di alami. Sehingga anda akan lebih mudah mencari solusi pengobatan atau pencegahannya.

Pengobatan Migrain

  1. Berusahalah mencari tahu penyebab sakit kepala sebelah yang di alaminya.
  2. Apabila merasakan pusing yang sangat berat dan tidak tertahankan boleh minum obat untuk anti nyeri guna mengurangi rasa nyeri yang sedang di rasakan.
  3. Untuk seseorang yang sudah berusia 65 tahun atau lebih biasanya tidak di perkenankan minum obat pencegah sakit kepala sebelah. Maka sebaiknya di terapi dengan akupuntur atau bekam untuk melancarkan aliran darah dan mengurangi rasa sakit yang di rasakan.

Baca juga Cara Menyembuhkan sakit kepala

Cukup sekian dulu semoga bermanfaat untuk banyak orang. Terima kasih

Mau tahu cara mudah untuk selalu hidup sehat klik di sini.

Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Keranjang>>