Cara Terbebas Dari Sakit Asam Urat

29th Mei 2016

Cara Terbebas Dari Sakit Asam Urat

Sakit Asam Urat adalah penyakit yang disebabkan karena adanya purin yang berlebihan di dalam tubuh. Dalam kondisi normal purin yang ada dalam tubuh dapat di ubah menjadi asam urat dan asam urat ini akan di buang bersamman saat buang air besar maupun buang air kecil. Tapi kondisi purin yang berlebihan di dalam tubuh akan mengakibatkan tingginya kadar asam urat dalam tubuh dan akibatnya ginjal yang yang berfungsi untuk mengatur tidak akan sanggup untuk mengaturnya. Akibatnya asam urat ini akan menumpuk dan mengkristal di dalam persendian. Biasanya menumpuk pada persendian jari tangan maupun jari kaki, tumit, lutut maupun persendian di seluruh tubuh. Kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam tubuh serta terjadi pengkristalan dalam persendian akan di tandai benjolan atau bekak pada persendian. Dan seringkali penyakit ini terasa nyeri yang luar biasa di setiap persendian.

Bahkan dalam beberapa kasus adanya pengkristalan dalam ginjal atau yang sering di sebut sakit batu ginjal adalah karena di akibatkan pengkristalan asam urat yang menumpuk dalam ginjal. Menurut pendapat sebagian orang 90 % penderita sakit asam urat adalah kaum pria. Penyebab utama penyakit asam urat ini adalah karena adanya gangguan metabolisme protein yang di sebabkan karena kebanyakan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung purin. Sedangkan penyeban yang lainnya adalah karena faktor obesitas dan bertambahnya usia. Sehingga organ yang ada dalam tubuh tidak dapat bekerja secara maksimal/ kinerja organ tubuh mulai melemah seiring bertambahnya usia.

Cara Terbebas Dari Sakit Asam Urat

Cara Mengobati Sakit Asam Urat Agar Tidak Kambuh Lagi

Laki – laki lebih rentan terkena asam urat

Kebanyakan orang yang menderita asam urat adalah pria yang berusia 40 tahun ke atas dan juga wanita yang sudah mulai menopause. Tapi walaupun seperti itu bukan berarti laki- laki dengan usia di bawah 40 tahun tidak akan terkena sakit asam urat. Belakangan ini juga sering di jumpai anak muda yang berusia di bawah 40 tahun terkena sakit asam urat. Ini biasanya di akibatkan karena pola makan yang kurang baik. yaitu terlalu banyak makan makanan yang banyak mengandung purin dan kurangnya aktifitas fisik seperti olah raga.

Sebagian kasus orang yang menderita penyakit asam urat juga terkena penyakit yang lain seperti terkena sakit tekanan darah tinggi (hipertensi), diabetes, penyakit ginjal/ batu ginjal, atau juga mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Gejala Sakit Asam Urat

Setiap penyakit memiliki ciri – ciri atau tanda. Adapun tanda atau gejala seseorang terkena sakit asam urat adalah sebagai berikut :

  1. Terasa nyeri di bagian persendian, terasa ngilu, linu dan juga kesemutan bahkan sampai teradi peradangan/ bengkak berwarna kemerahan. Rasa nyeri ini biasa sering muncul di malam hari dan semakin hari semikin memburuk dan sering kali sampai tak tertahankan.
  2. Di atas sendi yang terdapat penumpukan/ pengkristalan asam urat ada pembengkakan berwarna merah atau ke unguan, terlihat kencang dan agak licin serta terasa hangat saat di pegang.
  3. Pada tempat yang terjadi pembengkakan akan sangat sakit luar biasa saat di sentuh dan bahkan sangat sakit saat berjalan atau bergerak. Oleh karenanya terkadang penderitanya sampai tidak bisa berjalan.
  4. Tempat yang sering diserang sakit asam urat adalah sendi jari kaki, jari tangan, lutut, tumit, pergelangan tangan dan siku.
  5. Terkadang pada penderita sakit asam urat disertai demam, menggigil dan perasaan yang tidak enak.
  6. Dan apabila di raba di bagian jantung denyut jantung berdetak sangat cepat.

Penyebab Sakit Asam Urat

Seseorang dapat terkena penyakit asam urat biasanya di karenakan kebiasaan yang sering di lakukan . Secara umum kebanyakan orang yang terkena sakit asam urat di sebabkan karena hal berikut :

  1. Penyakit asam urat muncul karena kebanyakan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung purin. Tubuh manusia pada dasarnya sudah menyediakan 85 % kebutuhan senyawa purin untuk kebutuhan setiap hari. Yang berarti manusia hanya memerlukan 15 % asupan senyawa purin dari luar. Maka apabil mengkonsumsi purin melebihi 15 % yang di butuhkan tubuh maka akan terjadi kelebihan dan dapat menyebabkan penyakit asam urat.
  2. Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol juga mampu meningkatkan resiko penyakit asam urat. Sebab alkohol dapat menyebabkan pembuangan asam urat dalam tubuh melalui urine menjadi berkurang. Sehingga asam urat dalam darah tidak dapat keluar dan terjadi penumpukan dalam persendian yang berarti pula akan terjadi pengkristalan dan berakibat sakit asam urat.

Tindakan Yang Harus di Lakukan Bagi Penderita Asam Urat

Supaya penyakit asam urat bisa sembuh dan tidak mudah kambuh lagi. Maka bagi yang mempunyai penyakit asam urat sebaiknya melakukan program penyembuhan. Seperti minum obat – obatan herbal yang bisa melunturkan pengkristalan purin yang menempel pada persendian. selain itu orang yang mempunyai penyakit asam urat juga harus mengurangi makan makanan yang dapat meningkatkan kadar purin. Seperti yang di jelaskan di bagian selanjutnya. Untuk membantu program penyembuhan agar sakit asam urat dapat segera di sembuhkan. Maka orang yang mempunyai penyakit asam urat sebaiknya melakukan hal – hal sebagai berikut :

  1. Lakukan pemeriksaan kadar asam urat dalam tubuh secara rutin agar dapat mengontrol makanan yang dimakan agar penyakit asam urat yang di derita bisa sembuh. Kadar asam urat secara normal untuk laki- laki 3,5 – 7 mg/ dl dan pada perempuan 2,6 – 6 mg/ dl.
  2. Minum air putih yang maksimal ( 2,5 liter/ hari ), olah raga yang cukup setiap hari, kurangi makanan instan serta hindari minum sofdrink.

Makanan Yang harus di Hindari Bagi Penderita Asam Urat /Pantangan

Sakit asam urat muncul karena pola hidup yang kurang baik yaitu karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung purin. Artinya selama hidup yang telah di lalui orang yang terkena penyakit asam urat. Telah terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi makanan yang berpotensi meningkatkan kadar purin dalam tubuh. Yang seharusnya hanya 15% tapi yang di konsumsi melebihi batasnya. Untuk itu agar penyakit ini bisa di sembuhkan dan tidak kambuh lagi. Orang yang memiliki penyakit asam urat harus menghindari makan makanan yang berpotensi meningkatkan kadar purin dalam tubuh. Purin merupakan zat pemicu naiknya asam urat. Sekalipun nantinya sudah sembuh tetap harus di jaga makan makanan ini. Jangan sampai berlebihan karena sesuatu yang berlebihan tidaklah baik dan itu akan kembali memicu kembalinya penyakit asam urat. Makanan yaang sebaiknya di hindari untuk di konsumsi oleh orang yang menderita asam urat antara lain adalah sebagai berikut :

Untuk penjelasan lebih detail tentang pantangan asam urat klik Makanan pantangan asam urat

  • Jeroan seperti ginjal, limfa, babat, usus, hati, paru dan otak.
  • Seafood seperti udang, cumi- cumi, sotong, kerang, remis, tiram, kepiting, ikan teri, dan ikan sarden.
  • Ekstrak daging seperti abon dan dendeng.
  • Makanan kaleng seperti kornet sapi dan juga sarden.
  • Daging kambing, daging kuda dan juga daging sapi.
  • Bebek, angsa dan juga kalkun.
  • Kacang- kacangan seperti kacang kedelai, dalam hal ini termasuk produk olahan yang berasal dari kacang kedelai. Seperti susu kedelai dan juga tahu serta tempe, kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping dan lain-lain.
  • Sayuran seperti kembang kol, bayam, asparagus, buncis, daun singkong, daun pepaya, kangkung dan lain- lain.
  • Keju, telur, krim, es krim, kaldu atau kuah daging yang kental.
  • Buah buahan tertentu seperti durian, nanas dan air kelapa.
  • Makanan yang di goreng atau makanan yang bersantan atau makanan yang di masak dengan menggunakan margarin atau mentega.
  • Makanan yang kaya akan kandungan protein serta lemak.

Semoga anda dan kita semua terbebas dari asam urat

Baca juga artikel lainnya tentang sakit typus. Untuk hari ini cukup sampai di sini dahulu semoga artikel ini banyak membantu. terimakasih

Semoga Informasi yang saya sampaikan di sini dapat memberikan banyak manfaat.

[contact-form][contact-field label=”Nama” type=”name” required=”true” /][contact-field label=”Surel” type=”email” required=”true” /][contact-field label=”Situs web” type=”url” /][contact-field label=”Pesan” type=”textarea” /][/contact-form]

Mau mencari Rangkaian bunga Kunjungi

Malang Florist

Toko karangan bunga papan malang

Bunga papan Florist

Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Keranjang>>