Demam Berdarah Dan Cara Pengobatannya

29th Mei 2016

Demam Berdarah Dan Cara Pengobatannya

Demam berdarah atau sering di sebut DBD Pernahkah anda mendengar istilah ini?. Iya yaitu penyakit demam berdarah penulis yakin pembaca pasti sudah mengenal istilah itu. Karena memang istilah itu sudah sering di dengar dan tidak asing lagi di telinga kita semua. Tapi apakah pembaca sudah mengerti secara jelas apa itu DBD atau demam berdarah atau juga sering di sebut demam dengue. Dan bagaimana penyakit itu bisa menyerang manusia? Demam berdarah merupakan salah satu jenis penyakit yang menyebabkan tingginya angka kematian di dunia.

Baiklah barang kali pembaca ada yang belum mengerti. Sebelum membahas lebih jauh coba penulis jelaskan terlebih dahulu apa itu DBD atau demam berdarah. Demam berdarah atau demam dengue yang sering di singkat DBD adalah penyakit karena terinfeksi virus dengue lebih lengkapnya virus dengue hemorhagic fever atau DHF. Virus ini ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti. Orang yang terinfeksi virus ini akan mengalami nyeri yang sangat hebat sampai ke tulang terasa seperti tulang –tulang patah semua. Virus yang di tularkan oleh nyamuk aedes aegypti ini akan dapat mengganggu kinerja darah kapiler dan sistem pembekuan darah, kondisi seperti ini akan berakibat terjadinya pendarahan.

Gejala

Gejala yang sering muncul apabila seseorang terinfeksi virus dengue. Yaitu demam, pusing/ sakit kepala, kulit berwarna merah yang tampak seperti sakit campak, dan di bagian otot serta persendian terasa nyeri. Terkadang rasa nyeri ini terasa sangat sakit luar biasa sampai ke tulang.

Penyakit demam berdarah lebih banyak di temukan di daerah yang beriklim tropis seperti di Indonesia dan negara lain seperti Asia Tenggara, India, Amerika, Brazil dll. Meski begitu biasanya di daerah yang mempunyai ketinggian lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut jarang di temui adanya nyamuk aedes aegypti. Sehingga jarang di temui penderita demam berdarah. Apabila tidak jeli terkadang diagnosa penyakit demam berdarah sering kali salah. hal ini di karenakan penyakit demam berdarah gejala awalnya sangat mirip dengan penyakit typus maupun flu.

Demam Berdarah Dan Cara Pengobatannya

Demam Berdarah Dan Cara Pengobatannya

Kenapa demam berdarah berbahaya?

Pada sejumlah pasien yang di temui demam dengue atau demam berdarah dapat berubah menjadi satu dari dua bentuk yang sangat berbahaya dan mengancam keselamatan jiwa. Yaitu yang pertama terganggunya kinerja darah kapiler. Akibatnya terjadi pendarahan / terjadi kebocoran pembuluh darah ( saluran yang mengalirkan darah ) dan terjadinya penurunan trombosit darah. Sehingga ketika tingkat trombosit darah rendah akan dapat mengkibatkan pembekuan darah. Dan yang kedua terjadinya sindrom renjat dengue yaitu terjadinya tekanan darah yang sangat rendah yang berbahaya.

Sampai saat ini belum di temukan vaksin unuk mencegah agar seseorang tidak terinfeksi virus dengue. Tetapi agar tidak terinfeksi virus dengue ada beberapa tindakan yang dapat di lakukan. Caranya yaitu seseorang harus mampu melindungi diri mereka sendiri agar tidak di gigit oleh nyamuk yang membawa virus dengue. Yaitu nyamuk aedes aegypti. Cara yang dapat dilakukan untuk meminimalkan gigitan nyamuk itu adalah dengan cara mengurangi habitat untuk tempat berkembang biaknya nyamuk. Seperti menutup tempat bak mandi atau tempat air menggenang. Selain itu juga perlu sesekali di adakan penyemprotan untuk mengurangi jumlah nyamuk yang ada.

Penanganan Pertama

Apabila terlanjur tergigit nyamuk aedes aegypti dan sudah terinfeksi virus dengue. Selagi masih ringan dan belum parah orang tersebut dapat sembuh dengan banyak minum cairan. Tetapi apabila sudah parah maka akan memerlukan penanganan yang lebih serius, untuk itu segeralah menghubungi dokter. Karena mungkin orang yang sudah terinfeksi dengue tersebut memerlukan cairan infus. Yaitu cairan yang di masukkan melalui aliran darah vena menggunakan jarum dan selang infus. Atau juga orang itu akan memerlukan tranfusi darah yaitu pemberian darah dengan menggunakan darah orang lain.

Gejala Atau Tanda – Tanda Seseorang Terkena Sakit Demam Berdarah

Penyakit demam berdarah mempunyai masa inkubasi penyakit selama 3 – 15 hari sejak orang tersebut pertama kali terinfeksi virus dengue. Setelah masa itu seseorang atau orang yang terinfeksi akan menunjukkan berbagai tanda atau gejala demam berdarah. Tanda atau gejala tersebut antara lain sebagai berikut :

  1. Mengalami demam mendadak selama 2 – 7 hari yaitu sekitar 38 – 40 ⁰C
  2. Bila di lakukan pemeriksaan uji torniquet akan tampat adanya jentik/ puspura pendarahan.
  3. Di bagian kelopak mata akan terlihat adanya pendarahan tepatnya di bagian konjungtiva yaitu kelopak mata bagian dalam. Selain itu mengalami mimisan yaitu mengeluarkan darah dari hidung dan juga saat buang air besar akan keluar kotoran bercampur dengan lendir dan juga darah.
  4. Terjadi pembesaran hati / hepatomegali.
  5. Tekanan darah menurun yang akibatnya terjadi shock.
  6. Di kulit akan muncul bintik – bintik merah hal in disebabkan karena pecahnya pembuluh darah.
  7. Badan orang yang terkena demam berdarah akan terasa pegal dan terasa ngilu di bagian persendian ini di karenakan demam yang di rasakannya.
  8. Orang yang terkena demam berdarah akan mengalami gejala klinis yag mirip dengan sakit flu atau typus. Yaitu perut mual, tidak nafsu makan, diare, sakit perut, muntah, badan menggigil, kejang dan juga sakit kepala.
  9. Dari hidung dan gusi mengeluarkan darah.
  10. Jika di lakukan pemeriksaan di laboratorium ( cek darah ) pada hari ke 3 – 7 akan terjadi penurunan trombosit di bawah 100.000 per mmᶟ dan terjadi peningkatan nilai hematokrit lebih dari 20 % dari nilai yang seharusnya.

Tindakan pencegahan

Untuk melakukan pencegahan maupun pengobatan sakit DBD atau demam berdarah maka ada beberapa tindakan yang harus di lakukan. Ini semua di lakukan guna menghindari terkena penyakit demam berdarah. Agar tidak di gigit nyamuk penyebar virus dengue yaitu nyamuk sedes aegypti dapat di lakukan di siang hari. Kenapa harus sisng hari ? karena nyamuk aedes aegypti tidak aktif di malam hari melainkan aktif di siang hari. Selain itu hindari tempat – tempat yang di siang hari banyak nyamuk beterbangan apalagi kalau di daerah itu sering atau sudah ada orang yang terkena sakit demam berdarah. Karena ini jelas berarti di daerah tersebut banyak nyamuk aedes aegypti. Selain cara yang tadi disebutkan ada cara yang lain yang juga sangat efektif untuk pencegahan penyakit demam berdarah yaitu :

  1. Di lakukan pemberantasan sarang nyamuk, cara ini dapat di lakukan dengan mengelola sampah padat agar tidak terbuang di tempat sampah di luar rumah sehingga jadi tempat tampungan air dan menjadi tempat berkembangnnya nyamuk.
  2. Peliharalah ikan yang suka makan jentik bibit nyamuk di tempat air kolam yaitu ikan yang sering di jadikan aduan ( ikaan cupang ).
  3. Di lakukan pengasapan untuk mengurang jumlah nyamuk yang ada.
  4. Masukkan bubuk abate di tempat – tempat penampungan air seperti gentong air, kolam , vas bunga atau di mana saja yang biasa air menampung.

Tindakan pengobatan

Untuk pengobatan bagi orang yang sudah terkena penyakit demam berdarah atau demam dengue adalah sebagai berikut :

  1. Untuk pengobatan fokus yang utama adalah mengatasi pendarahan dan mengatasi agar tidak terjadi shock dapat di lakukan dengan cara memberikan penderita demam berdarah dengan banyak minum air yaitu 1,5 – 2 liter dalam 24 jam. Air yang di maksud tidak harus air putih tetapi bisa juga air teh, gula, sirup ataupun susu.
  2. Untuk mencegah dehidrasi dan hemokonsentrasi yang berlebihan maka perlu di berikan penambahan cairan tubuh dengan cara di infus.
  3. Tranfusi platelet akan di perlukan jika jumlah platelet menurun dengan drastis.
  4. Lakukan pengopresan menggunakan air dingin tetapi jangan menggunakan air es karena hal itu bisa mengakibatkan shock.
  5. Makan makanan atau minuman yang dapat menaikkan trombosit seperti minum jus jambu merah, minum teh angkak, atau makan kurma.
  6. Untuk membantu proses kesembuhan sebaiknya di bantu minum herbal untuk DBD atau demam berdarah.

Baca juga artikel tentang sakit stroke dan cara mudah untuk mendapatkan kesembuhannya. Terima kasih

Semoga Informasi ini dapat memberikan banyak manfaat.

Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Keranjang>>