Kandungan Tanaman Adas

17th September 2017

KANDUNGAN TANAMAN ADAS DAN EFEK FARMAKOLOGIS SENYAWA KIMIA YANG TERKANDUNG DALAM TANAMAN ADAS

Kandungan tanaman adas dan efek farmakologis dari senyawa kimia yang terkandung di dalamnya adalah suatu hal yang membuat tanaman adas sangat bermafaat untuk mengobati berbagai penyakit. Kandungan tanaman adas dapat mengobati penyakit seperti asma, batu empedu, batuk dan penyakit yang lainya. Semua itu tidak terlepas dari kandungan tanaman adas yang berbentuk senyawa kimia yang bermanfaat. Untuk mengetahui manfaat dari tanaman adas kita tentunya perlu mengetahui kandungan tanaman adas, sifat kimia dan efek farmakologis tanaman adas tersebut. Dengan begitu kita akan mengerti tanaman adas dapat di gunakan untuk mengobati penyakit apa saja.

Tanaman adas merupakan salah satu jenis tanaman yang di kenal oleh masyarakat memiliki banyak khasiat dan manfaat dalam bidang kesehatan. Kehebatan dari tanaman adas ini di karenakan kandungan tanaman adas yang berupa senyawa kimia alami. Kandungan tanaman adas yang berupa senyawa kimia alami ini yang membuat tanaman ada s memiliki banyak manfaat dan khasiat.

Buah  Tanaman Adas

Buah dari tanaman adas yang sudah masak mengandung bau aromatik. Dan memiliki rasa yang sedikit manis, pedas dan hangat. Buah adas ini sangat baik untuk kesehatan karena dapat masuk pada meridian hati, ginjal, limpa dan lambung.  Dan dari buah tanaman adas sering di ambil minyaknya yang sering kita sebut sebagai minyak adas (fennel oil ). Minyak dari buah adas memiliki bau yang aromatik.

Kandungan Tanaman adas dan Senyawa Kimia Di Dalamnya :

Kandungan tanaman adas sangat banyak dan sangat bermanfaat untuk kesehatan. Dalam tanaman adas banyak terkandung senyawa kimia seperti :

  • Minyak atsiri (Oleum Foeniculi) 1 – 6%.
  • Juga mengandung 50 – 60% anetol.
  • Mengandung fenkon kurang lebih  20% dan.
  • Mengandung senyawa pinen, limonen, dipenten, felandren, metilchavikol, anisaldehid, asam anisat.
  • Serta mengandung minyak lemak sekitar 12%.

Adas memiliki aroma yang khas dan berkhasiat karminatif semua itu di sebabkan karena adas mengandung senyawa anetol. Dan juga di dalam akar tanaman adas terkandung gapten.  Pada bagian akar dan biji juga mengandung stigmasterin atau serposterin.

Kandungan tanaman adas dan manfaatnya serta efek farmakologis tanaman adas

Kandungan tanaman adas dan manfaatnya serta efek farmakologis tanaman adas

Efek Farmakologis dan Hasil Penelitian :

  1. Dalam adas terkandung senyawa anisaldehida yang dapat meningkatkan khasiat streptomycin untuk pengobatan penyakit TBC. Dan pernah di teliti dengan tikus sebagai bahan percobaannya.
  2. Juga dapat meningkatkan peristaltik saluran cerna dan merangsang pengeluaran kentut (flatus).
  3. Dapat di gunakan untuk menghilangkan rasa dingin dan dahak.
  4. dalam minyak adas terkandung anetol, fenkon, chavicol, dan anisaldehid. Yang kesemuanya bermanfaat untuk menyejukkan saluran pencernaan. Dan cara kerjanya menyerupai perangsang nafsu makan.
  5. dalam suatu penelitian yang pernah di lakukan pada manusia di temukan bahwa adas mempunyai manfaat dapat menghancurkan batu ginjal.
  6. Juga pernah di lakukan percobaan penelitian pada binatang yang hasilnya menunjukkan bahwa rebusan daun adas dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Akan tetapi pada pengolahan daun adas dengan cara yang lain tidak menunjukkan khasiat yang sama.

Terima kasih telah berkunjung. Semoga informasi yang saya sampaikan dapat memberikan banyak manfaat

Baca juga artikel kesehatan yang lainnyayang dapat memberikan banyak manfaat dan pengetahuan. Anda dapat membacanya di bawah ini

Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Keranjang>>