Kutu Kemaluan

5th November 2017

Kutu Kemaluan (Pthirus Pubis).

Kutu kemaluan merupakan sejenis binatang parasit pemakan darah yang tinggal dan bersembunyi di rambut kemaluan. Oleh karena tempat sembunyinya ada di rambut kemaluan maka di sebut sebagai kutu kemaluan. Nama lain dari kutu kemaluan adalah kutu kepiting karena bentuknya seperti kepiting. Kutu kemaluan ini tidak dapat melompat akan tetapi bisa bepindah tempat dan hidup di area yang tertutup bulu kasar seperti pada bulu mata atau bulu ketiak.

Kutu kemaluan atau yang terkadang orang menyebutnya dengan istilah kutu kel*min ini memiliki nama latin pthirus pubis. Kutu kepiting ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari pada kutu badan dan kutu kepala. Oleh karena ukurannya yang kecil ini hanya sekitar 1,3 sampai 2 mm sehingga kutu kemaluan ini sulit untuk di temukan. Terlebih lagi bentuknya yang bulat dan warnanya yang tembus cahaya semakin membuatnya tidak mudah terlihat.

Perkembang biakan kutu kemaluan

Kutu kel*min yang juga di kenal dengan kutu kepiting dapat berkembang dengan sangat cepat. Cara perkembang biakannya dengan bertelur. Dalam satu hari kutu kepiting betina dapat bertelur 3 sampai 6 butir perhari. Kutu kemaluan juga di sebut dengan nama kutu kepiting karena bentuknya mirip kepiting. Dan telur kutu kepiting yang berbentuk mirip kepiting itu dapat menetas dalam waktu 6 sampai 8 hari. Dan dalam jarak 2 minggu kutu yang baru menetas sudah menjadi kutu dewasa dan dapat menghasilkan telur. Oleh karena itu perkembangan kutu kepiting ini terhitung sangat cepat. Kutu kepiting yang sudah dewasa akan terus bertelur setiap hari sejak umur 2 minggu sampai usia 25 hari. Umur kutu kepiting tidak panjang, masa hidup kutu kepiting hanya sekitar 30 hari. Namun usia yang tidak panjang tetap memberikan dampak penyakit pada manusia. Penyakit yang di sebabkan oleh jenis gigitan kutu kepiting  adalah penyakit typus, anemia, dan penyakit scabies (kudis) yang dapat berkembang menjadi eksim.

Untuk lebih mengenal tentang kutu baca Tuma

Kutu kepiting atau kutu kel*min yang betina akan menyembunyikan telurnya di dalam kulit dengan menggali lubang pada kulit. Lubang pada kulit tersebut sangat kecil cuma berukuran sekitar 3 mm. Bentuknya hanya menyerupai ujung pensil.

Kutu kemaluan dan kutu badan

Kutu kemaluan dan kutu badan

Gejala terinfeksi kutu kemaluan

Gejala atau ciri terinfeksi kutu kelamin adalah muncul rasa gatal pada kulit yang biasanya pada kulit kemaluan. Sebenarnya yang terjangkit kutu rambut kemaluan sangat banyak. Akan tetapi kebanyakan orang tidak menyadirinya. Pada saat kutu rambut kemaluan ini menggigit biasanya menunjukkan rasa yang sakit seperti di tusuk jarum yang tajam. Efek dari gigitan serangga kutu rambut kemaluan ini menimbulkan rasa yang sangat gatal. Terkadang sampai terjadi peradangan dan bengkak. Selain itu gigitan serangga parasit kutu rambut kemaluan yang menimbulkan rasa gatal yang luar biasa dapat berkembang menjadi penyakit scabies (kudis) dan eksim. Karena terus di garuk dan menyebabkan infeksi.

Penyakit lain yang di timbulkan adalah penyakit typus. Penyakit typus di sebabkan karena infeksi bakteri yang penyebarannya juga dapat melalui gigitan kutu, tungau, tuma termasuk kutu kemaluan.

Bahaya kutu kemaluan

Kutu rambut kemaluan atau kutu kel*min dapat menyebabkan penyakit karena membawa bakteri yang dapat menginfeksi melalui gigitan.

Beberapa penyakit yang di sebabkan oleh gigitan kutu rambut kemaluan adalah sebagai berikut :

Penyakit scabies.

Penyakit cabies (gudik) merupakan jenis penyakit kulit yang menimbulkan rasa sangat gatal. Penyebab adanya penyakit scabies adalah tungau yang menyelinap dan bersembunyi di bawah kulit. Rasa yang di timbulkan adalah gatal yang luar biasa yang sulit untuk di tahan. Sedangkan yang di sebabkan dari kutu kemaluan karena gigitannya menimbulkan rasa gatal yang amat sangat. Sehingga ketika di garuk dapat mengakibatkan lecet dan dapat terjadi infeksi. Yang jika tidak di atasi dengan benar dapat berkembang menjadi scabies/ gudik.

Penyakit eksim

Gigitan dari kutu rambut kemaluan atau kutu kel*min yang bersembunyi pada pangkal rambut jaringan di  kulit menimbulkan rasa yang sangat gatal. Dan hal ini membuat yang terinfeksi merasa sangat gatal yang luar biasa hingga susah untuk menahannya. Akibatnya akan terus di garuk karena gatal dan semakin lama akan dapat berkembang menjadi penyakit eksim. Penyakit ini akan membentuk semacam koreng yang bernanah dan menyebar dengan cepat dalam dua minggu. Dan telur parasit kutu rambut kemaluan atau kutu kel*min yang menjadi penyebabnya akan menetas dalam enam hari. Penyakit ini dapat bertahan dalam hitungan bulan bahkan dalam hitungan tahun jika tidak di rawat dengan baik.

Penyakit typus

Penyakit typus atau yang sering di sebut dengan istilah demam typus merupakan salah satu penyakit yang di sebabkan karena gigitan serangga termasuk dalam hal ini kutu rambut kemaluan. Penyebab sebenarnya dari penyakit typus adalah bakteri yang banyak terdapat dalam kotoran. Akan tetapi penyebarannya sering di bawa oleh kutu termasuk kutu  rambut kemaluan atau kutu kel*min. Cara perpindahan atau penyebaran penyakit typus ini melalui kutu kepiting yang berpindah tempat. Dan cara perpindahan kutu rambut kemaluan ini karena keadaan yang kurang bersih atau dengan bersentuhan langsung. Dan cara yang lainnya adalah dengan meminjam pakaian dari orang yang terinfeksi bakteri atau kuman. Sehingga kutu rambut kemaluan atau kutu kel*min dapat berpindah tempat melalui pakaian yang di pakai tersebut.

Untuk lebih jelas tentang penyakit typus baca Sakit typus

Penyakit anemia

Kasus yang terkena penyakit anemia yang di karenakan gigitan kutu rambut kemaluan terbilang sangat jarang. Akan tetapi resiko terkena anemia jika di jangkiti kutu kel*min atau kutu rambut kemaluan tetap ada. Yaitu jika kutu rambut kemaluan berkembang cukup banyak dan tidak segera di atasi. Akibatnya kutu rambut kemaluan tersebut makan darah cukup banyak yang dapat berakibat pada anemia.

Baca juga tanaman yang dapat untuk menambah darah Biji Nangka

Cara menghilangkan kutu kemaluan

Kutu kel*min meski tidak banyak yang menyadari keberadaannya tetap memberikan banyak dampak negatif yang juga terbilang berbahaya. Untuk itu perlu di lakukan tindakan cara menghilangkan kutu kel*min tersebut. Cara menghilangkan kutu kel*min di antaranya adalah sebagai berikut :

Lebih lengkap cara menghilangkan kutu kemaluan dan kutu yang lain baca Cara Menghilangkan Tuma

  • Cara menghilangkan kutu kemaluan yang pertama adalah rajin menjaga kebersihan. Rajin menjaga kebersihan termasuk dalam hali ini mencukur rambut kemaluan tempat bercokolnya kutu kemaluan. Dan kemudian rambutnya di bakar. Ini merupakan salah satu cara membunuh kutu kemaluan yang efektif karena dapat langsung membunuh kutu kemaluan yang berada pada rambut yang di potong.
  • Cara membasmi kutu kemaluan yang lain adalah dengan mencuci pakaian dengan menggunakan air hangat dan sabun atau deterjen. Dengan menggunakan air hangat dan deterjen merupakan cara membunuh kutu kemaluan yang bersembunyi di balik pakaian. Karena terkadang kutu kemaluan bersembuyi pada lipatan pakaian terutama pakaian dalam.
  • Dan untuk yang sudah terinfeksi karena gigitan kutu kemaluan cara mengobatinya juga sama. Yaitu dengan mencuci bagian yang terinfeksi dengan air hanyat dan menggunakan sabun. Tapi bukan detergen. Setelah itu baru di olesi obat untuk membunuh telur kutu kemaluan. Yaitu salah satunya dengan menggunakan emulsi benzil benzoat 25 persen. Ini akan dapat membunuh dan menghacurkan telur yang tersimpan di dalam bawah kuit.
  • Cara menghilangkan kutu kemaluan yang lainnya adalah dengan membesihkan semua pakaian supaya steril dari kutu kemaluan. Selain di cuci dengan air hangat juga di seterika atau di gosok. Cara menghilangkan kutu kemaluan yang ini dapat membunuh kutu kemaluan yang bersembunyi di dalam pakaian.

Demikian pembahasan mengenai kutu kemaluan pthirus pubis semoga informasi ini dapat memberikan banyak manfaat.

[contact-form][contact-field label=”Nama” type=”name” required=”true” /][contact-field label=”Surel” type=”email” required=”true” /][contact-field label=”Situs web” type=”url” /][contact-field label=”Pesan” type=”textarea” /][/contact-form]

Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Keranjang>>