Manfaat Tanaman Anting Anting

25th Oktober 2017

Manfaat Tanaman Anting Anting Bagi Kesehatan

Manfaat tanaman anting anting dalam bidang kesehatan dan pengobatan terbilang cukup banyak. Meskipun banyak dari mereka yang hidup sebagai petani terkadang tidak mengerti akan manfaat tanaman anting anting ini. Malahan sebagian dari mereka menggunakannya sebagai pakan ternak. Karena manfaat tanaman anting anting itulah makanya tanaman anting anting di masukkan ke dalam daftar tanaman obat nusantara. Tanaman yang memiliki nama lain Acalypha australis Linn semua bagiannya dapat di gunakan sebagai obat alami yang ampuh. Baik dari bagian akar sampai bagian buah, Semua dapat di manfaatkan sebagai obat yang aman dan ampuh.

Tanaman anting anting ini merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat di sukai oleh kucing dan anjing. Bahkan ada cara unik untuk mengetahui bahwa tanaman itu adalah tanaman anting anting. Yaitu dengan membiarkan tanaman anting anting dibegitu saja. Dan bila akar tanaman di makan kucing atau anjing maka berbati itu merupakan tanaman anting anting. Akan tetapi jika tidak di makan kucing atau anjng berarti bukan tanaman anting anting. Memang manfaat tanaman anting anting sangat banyak. Salah satu manfaat tanaman anting anting adalah untuk memperbaiki masalah pencernaan. Termasuk dalam hal ini pencernaan kucing dan anjing. Jadi tidak heran jika kucing dan anjing juga menyukai tanaman anting anting ini.

Cara pemakaian

Seluruh bagian tanaman anting anting dapat di gunakan sebagai obat tradisional. Cara penggunaannya juga terbilang mudah. Bisa dengan di tumbuk atau di rebus. Bisa di gunakan dalam bentuk tanaman kering. Dan bisa juga di gunakan dalam keadaan masih segar. Dapat di gunakan sebagai obat dalam dengan cara di minum. Tapi juga bisa di gunakan sebagai obat luar yaitu hanya dengan di tempel.

Pemanfaatan tanaman anting anting sebagai obat untuk mengobati suatu jenis penyakit sudah banyak di lakukan dengan cara tradisional. Cara menggunakan dengan cara tradisional seperti yang sudah di jelaskan di atas. Namun penggunaannya sesuai dengan penyakit yang di derita. Jika untuk penyakit luar seperti di lakukan dengan cara di tempel sedangkan untuk pengobatan penyakit dalam di lakukan dengan di minum sebagai ramuan.

Khasiat dan manfaat tanaman anting anting

Mau Tahu cara terapi Stroke dengan menggunakan obat herbal klik DISINI

Senyawa kimia alami yang terkandunga dalam tanaman anting anting sangat banyak. Oleh karenanya manfaat tanaman anting anting dalam bidang pengobatan juga cukup banyak. Salah satu senyawa kimia yang terkandung dalam tanaman anting anting adalah astringen. Astringen sudah di kenal sebagai obat utuk menghentikan pendarahan karena bersifat hemostatik. Selain astringen tanaman anting anting juga mengandung senyawa yang lain seperti glucoronidase inhibitor, asam karbonat, kaemferol dan lain sebagainya.

Oleh karenanya manfaat tanaman anting anting dapat di gunakan sebagai anti oksidan, anti aging, anti diabetik dan lain sebagainya.

Manfaat tanaman anting anting cukup banyak. Berikut beberapa manfaat tanaman anting anting dalam pengobatan. Manfaat tanaman anting anting banyak di gunakan untuk mengobati :

  • Penyakit disentri amuba.
  • Penyakit disentri basiler.
  • Mengobati diare pada anak anak.
  • Mengatasi gangguan pencernaan.
  • Mengobat muntah darah.
  • Sebagai obat untuk menghentikan mimisan.
  • Mengobati berak berdarah (melena).
  • Mengatasi kencing darah (hematuria).
  • Mengobati sakit malaria.

Cara penggunaan

Untuk Mengetahui Berbagai harga obat herbal alami klikĀ  DISINI

Manfaat tanaman anting anting cukup banyak dan cara penggunaan untuk mendapatkan manfaat tanaman anting anting juga cukup banyak. Ada beberapa cara yang dapat di lakukan untuk memperoleh manfaat tanaman anting anting. Berikut adalah cara mengolah tanaman anting yang dapat di lakukan untuk bisa mendapatkan manfaat tanaman anting anting.

Manfaat Tanaman Anting Anting

Manfaat Tanaman Anting Anting

Untuk pemakaian dari dalam

Yaitu dengan cara merebus 9 sampai 15 gram tanaman anting anting yang sudah kering. Kemudian di saring dan di minum air rebusannya.

Atau dengan merebus tanaman anting anting yang masih segar 30 sampai 60 gram yang masih segar. Direbus dengan menggunakan air bersih sampai mendidih. Setelah mendidih baru di angkat dan airnya di saring. Setelah air rebusan tanaman anting anting hangat dapat di minum sebagai pengobatan dari dalam.

Cara pemanfaatan tanaman anting anting yang seperti ini biasanya di gunakan untuk mengobati sakit disentri baik disentri amuba maupun disentri basiler. Dan juga untuk mengobati sakit diare, batuk, muntah darah, kencing darah, dan lain sebagainya.

Untuk pemakaian luar

Selain di gunakan untuk obat tradisonal untuk pengobatan penyakit dalam. Manfaat tanaman anting anting juga dapat di gunakan sebagai obat luar. Yaitu dengan cara menumbuk tanaman anting anting yang masih segar sampai halus. Setelah halus hasil tmbukan tanaman anting anting tersebut kemudian di tempelkan pada tempat yang luka. Dapat di gunakan untuk mengobati bisul, koreng, luka berdarah, eczema, dermatitis, gigitan ular.

Cara lain untuk pengobatan dari luar dapat dengan cara di rebus, air hasil rebusan di gunakan untuk mencuci luka. Sedangkan ampas atau sisa rebusan di tempel sebagai obat luar.

Demikian pembahasan mengenai manfaat tanaman anting anting semoga dapat bermanfaat.

Mencari cara Untuk Mengobati Stroke Klik DISINI

Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel manfaat tanaman anting anting bagi kesehatan . Semoga informasi yang saya sampaikanĀ  melalui tulisan ini dapat memberikan banyak manfaat.

Baca Juga Artikel Kesehatan Lainnya

Anda dapat membacanya di bawah ini :

[contact-form][contact-field label=”Nama” type=”name” required=”true” /][contact-field label=”Surel” type=”email” required=”true” /][contact-field label=”Situs web” type=”url” /][contact-field label=”Pesan” type=”textarea” /][/contact-form]

Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Keranjang>>