PENYAKIT CHIKUNGUNYA

26th Agustus 2016

Penyakit Chikungunya Dan Cara Pencegahannya

Penyakit chikungunya merupakan penyakit sejenis demam yang disebabkan oleh virus alpha virus. Virus ini di sebarkan melalui gigitan nyamuk dari species yang sama yang menyebarkan penyakit demam berdarah yaitu virus aedes aegypti. Penyakit Chikungunya berarti melengkung ke atas istilah ini berasal dari bahasa makonde.  Nama ini di sesuaikan dengan bentuk tubuh yang melengkung akibat gejala arthiritis dari penyakit ini. Penyakit Chikungunya termasuk jenis penyakit yang dapat menyerang semua usia. Dari anak – anak sampai usia dewasa yang tinggal di daerah endemis semua beresiko terkena penyakit chikungunya.

Penyebab utama penyakit ini adalah gigitan nyamuk yang sama dengan nyamuk yang menyebabkan demam berdarah. Artinya faktor utama yang menyebabkan penyakit ini adalah tingkat kebersihan lingkungan. Jika tidak rajin membersihkan kamar mandi atau tempat lain yang sering di jadikan nyamuk sebagai tempat bersembunyi dan berkembang biak. Maka resiko ancaman dari penyakit chikungunya ataupun penyakit lain seperti demam berdarah akan sangat besar. Untuk itu cara pencegahan penyebaran penyakit chikungunya adalah menjaga lingkungan supaya tetap bersih dan sehat.

Sebab – Sebab Penyakit Chikungunya

Penyebaran penyakit chikungunya di sebabkan oleh nyamuk. Sehingga penyebab yang paling berpengaruh adalah lingkungan tempat tinggal yang menjadi kegemaran nyamuk. Penyebab penyakit chikungunya tersebut secara ringkas seperti berikut :

  1. Lingkungan yang tidak memenuhi standar kesehatan seperti rumah yang pengap dan gelap yang merupakan tempat kesenangan nyamuk untuk bersarang.
  2. Terlalu banyak di lingkungan tersebut air yang menggenang yang merupakan tempat untuk bertelurnya nyamuk. Sehingga merupakan sarana yang sangat baik untuk nyamuk berkembang biak.
  3. Banyaknya baju yang di gantung apalagi baju yang kotor yang sering di jadikan nyamuk sebagai tempat bersembunyi.
  4. Yang paling jelas ialah karena tergigit oleh nyamuk aedes aegypti sehingga terinfeksi virus penyebab penyakit chikungunya.

    cara mencegah penyakit chikungunya

    Fase penyebaran penyakit chikungunya

Tanda – tanda Atau Gejala Penyakit Chikungunya

Penyakit chikungunya mempunyai masa inkubasi selama 7 sampai dengan 10 hari. Dan berikut ini merupakan tanda atau gejala penyakit chikungunya yang dapat di lihat :

  1. Mengalami demam lima hari. Yaitu tubuh tiba – tiba mengalami demam selama lima hari. Nama demam lima hari di ambil dari waktu demam yang di alami yaitu lima hari.
  2. Terkadang muncul rasa mual pada perut bahkan kadang – kadang sampai muntah.
  3. Sering terjadi anak kejang karena demam.
  4. Pada anak – anak demam yang muncul di ikuti dengan mata dan kulit yang mulai memerah serta menunjukkan tanda – tanda seperti sakit flu. Ruam – ruam pada kulit yang berwarna merah biasanya akan muncul Setelah 3 sampai dengan 5 hari.
  5. Demam yang muncul juga di ikuti dengan rasa pegal linu di bagian persendian, punggung juga terasa pegal – pegal, ngilu dan sakit pada tulang – tulang. Karena itulah sebagian orang menyebutnya dengan istilah demam tulang atau ada juga yang menyebut dengan istilah flu tulang.
  6. Pada anak yang usianya lebih dewasa demam yang muncul sering kali di ikuti rasa sakit pada bagian otot dan sendi. Dan tidak jarang penyakit ini muncul dengan di barengi dengan pembesaran kelenjar getah bening. Gejala nyeri sendi yang timbul akan sangat dominan bahkan terkadang sampai terjadi lumpuh sementara.

Perbedaan Penyakit Chikungunya Dengan Demam Berdarah / Demam Dengue

Meski sama – sama di sebabkan oleh nyamuk yang sama yaitu karena gigitan nyamuk aedes aegypti, namun di antara kedua penyakit ini memiliki perbedaan. Perbedaan antara penyakit chikungunya dengan demam berdarah ialah pada penyakit chikungunya tidak menyebabkan terjadinya pendarahan hebat. akan tetapi pada sakit demam berdarah dapat menimbulkan pendarahan. Serta pada penyakit chikungunya tidak menyebabkan renjatan (shock). Dan yang paling penting pada penyakit chikungunya jarang sampai menyebabkan kematian. Sedang pada penyakit demam berdarah tidak jarang sampai terjadi kematian karena adanya pendarahan yang hebat.

Tindakan Pencegahan Penyakit Chikungunya

Berikut ini adalah langkah yang dapat di ambil untuk mencegah penyakit ini.

  1. Rajin menguras kamar mandi atau membersihkan kamar mandi atau tempat – tempat lain. Tempat yang sering di gunakan sebagai tempat penampungan yang merupakan tempat nyamuk berkembang biak. Setidaknya dalam satu minggu di kuras satu kali.
  2. Membersihkan lingkungan di sekitar rumah dari tempat – tempat yang dapat menampung air seperti kaleng bekas ember dan lain – lain. Karena di saat hujan tempat – tempat tersebut dapat menampung air dan dapat di gunakan nyamuk sebagai tempat berkembang biak.
  3. Baju – baju di rumah yang bergelantungan sebaiknya di lipat dan di taruh almari serta di beri pengharum. Tujuannya supaya tidak di jadikan nyamuk sebagai tempat bersembunyi. Apalagi baju – baju yang kotor jangan di biarkan bergelantungan sebaiknya segera di cuci supaya tidak menjadi sarang nyamuk.
  4. Di dalam rumah sebaiknya di buat ventilasi udara sehingga udara dan cahaya bisa masuk dan berganti setiap hari. Ini akan membantu supaya rumah tidak pengap dan tidak gelap karena adanya pertukaran udara. Dan juga sebaiknya biasakan membuka pintu ketika siang hari untuk membantu supaya cahaya lebih banyak masuk ke dalam rumah.
  5. Basmi nyamuk. Yaitu dengan menggunakan insektisida jenis malathion untuk membasmi nyamuk yang banyak berkeliaran di sekitar rumah. Dan menggunakan insektisida jenis themophos untuk mematikan jentik – jentik nyamuk yang berada di tempat penampungan air. Insektisida jenis malathion di gunakan dengan cara pengasapan bukan dengan cara di semprotkan pada dinding. Ini di karenakan nyamuk penyebab penyebab chikungunya tidak suka menempel pada dinding. Melainkan suka menempel pada benda – benda yang bergelantungan.
  6. Apabila sudah terlanjur terinfeksi penyakit chikungunya sebaiknya segera di bawa ke rumah sakit. Tujuannya agar segera mendapatkan perawatan terbaik dari dokter yang mengerti tentang cara merawat orang yang mengalami sakit.
  7. Untuk yang sedang sakit chikungunya sebaiknya istirahat dan mengkonsumsi obat yang rekomendasikan oleh dokter atau terapis untuk membantu mempercepat kesembuhannya.

Saran

Sebaiknya selalu berhati – hati dengan selalu melakukan tindakan pencegahan. Itu akan lebih baik dari pegobatan yang di lakukan setelah terkena penyakit.

Demikian pembahasan mengenai penyakit chikungunya. Semoga informasi ini dapat memberikan banyak manfaat bagi semua para pembacanya. Terima kasih

 

Baca juga artikel yang lain tentang apa saja yang menyebabkan seseorang menjadi sakit.

Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Keranjang>>