Penyakit Scabies

6th November 2017

Penyakit Scabies ( Penyakit Kudis)

Penyakit scabies merupakan nama lain dari penyakit kudis. Penyakit ini tergolong dalam jenis penyakit kulit yang berjangkit sangat lama jika penanganan yang di lakukan tidak tepat. Tidak hanya bertahan dalam hitungan bulan bahkan dapat bertahan dalam hitungan tahun. Karena cara mengobati scabies dapat di bilang cukup sulit. Namun sesulit apapun caranya bukan berarti tidak ada cara mengobati scabies. Cara mengobati kudis atau cara mengobati scabies ini harus di lakukan dengan rutin dan teratur juga harus bersabar. Sebab penyebab penyakit scabies yaitu tungau, kutu ( kutu kemaluan) bercokol di dalam kulit dan terus berkembang biak. Ini yang membuat cara pengobatan scabies menjadi sulit dilakukan.

Penyakit Scabies Dan penyebabnya

Penyakit Scabies Dan penyebabnya

Penyebab penyakit scabies

Penyakit scabies atau penyakit kudis di sebabkan oleh tungau atau kutu yang bersembunyi di bawah jaringan kulit. Kutu tersebut menggigit dan masuk ke dalam bawah kulit bertelur dan berkembang biak di dalam kulit. Kutu yang menyebabkan sakit scabies tidak semua jenis kutu. Kutu kepala dan kutu badan tidak menyebabkan sakit scabies. Akan tetapi tetap menyebabkan penyakit yang lain seperti penyakit typus. Yang menyebabkan seseorang terkena penyakit kudis atau sakit scabies adalah kutu kemaluan dan kutu yang di bawa oleh tikus. Kutu ini sangat kecil dan berwarna putih kekuning kuningan. Bentuknya yang kecil dan tubuhnya yang tembus cahaya membuat kutu kemaluan yang menjadi penyebab sakit scabies sulit untuk di lihat dengan mata telanjang.

Untuk penjelasan penyakit typus baca Sakit typus

Baca juga Cara mengobati syaraf kejepit

Kutu kemaluan memiliki ukuran 1,3 sampai 2 mm saja. Sangat kecil dan berwarna putih serta badannya tembus cahaya. Untuk jenis yang betina bertelur dan menyembunyikan telurnya di dalam jaringan di bawah kulit. Ini yang menyebabkan munculnya penyakit scabies atau penyakit kudis.

Biasanya penyakit scabies yang di bawa oleh kutu menyerang pada daerah kulit yang lebih lunak di banding kulit yang lain. Biasanya sakit scabies atau penyakit kudis ini menyerang pada daerah celah jari, permukaan lengan sebelah dalam, pada dan kaki, pada bagian buah dada . selain itu terkadang juga menyerang pada daerah pantat atau bokong. Bagian kulit muka, kepala, telapak kaki dan tangan sangat jarang di serang. Biasanya yang di serang penyakit scabies atau penyakit kudis pada bagian tersebut adalah bayi yang masih menetek. Dan bila dalam keluarga ada yang terkena sakit scabies maka dapat menyebar kepada yang lain.

Gejala penyakit scabies

Penyakit kudis atau penyakit scabies awalnya hanya berbentuk bintil bintil yang di dalamnya terdapat air. Bintil bintil yang terdapat pada kulit itu menimbukan rasa gatal yang luar biasa. sehingga yang terjangkit tidak sadar menggaruknya. Jika penyakit scabies ini menjangkit maka akan di tandai rasa gatal yang amat sangat pada daerah yang di jangkiti. Seperti pada sela sela jari, pada pusat kemaluan, dan tempat lain yang kulitnya lunak. Namun tetap akhirnya akan menjalar pada daerah kulit yang lain.

Penyakit scabies yang juga di sebut dengan penyakit kudis ini akan dapat meradang dan menjadi koreng jika pecah sebab di garuk. Rasa gatal yang menyebabkan sakit scabies di garuk akan menjadikannya luka yang bernanah dan berkerak.

Dalam jarang dua minggu penyakit scabies akan sudah menyebar pada daerah banyak kulit. Penyebarannya memang sangat cepat sebab penyebabnya adalah kutu kemaluan yang perkembang biakannya juga sangat cepat. Dalam enam hari telur yang di keluarkan kutu kemaluan menetas. Dan dalam enam hari kutu kemaluan dapat mengeluarkan telut 30 sampai 50 butir telur. Perkembangan biakannya sangat cepat sehingga membuat cara pengobatan scabies juga sulit. Dan jika pengobatan scabies tidak di lakukan dengan tepat maka penyakit scabies ini dapat bertahan dalam hitungan bulan. Bahkan dapat bertahan dalam hitungan tahun jika pengobatan scabies tidak di lakukan dengan benar.

Penyebaran penyakit scabies / penyakit kudis

Penyakit scabies termasuk salah satu jenis penyakit kulit yang menular. Cara penularan atau penyebaran penyakit scabeis dengan cara kontak secara langsung. Atau dengan memakai pakaian yang di pinjam dari orang yang terkena sakit scabies. Selain itu juga dapat berpindah melalui tempat tidur yang di gunakan oleh penderita scabies yang di tiduri. Oleh karena itu penyakit scabies mudah sekali menjalar pada anggota keluarga yang lain yang tinggal dalam satu rumah.

Untuk itu sangat penting untuk di lakukan pencegahan bila dalam anggota keluarga ada yang terkena sakit scabies. Cara pencegahan penyebaran scabies dengan menuci pakaian yang menderita sakit scabies dengan menggunakan air hangat dan detergen. Air hangat ini akan membantu membunuh kutu kemaluan yang menjadi penyebab penyakit scabies yang bersembunyi di dalam pakaian. Termasuk baju, celana, celana dalam, sprei dan yang lainnya yang di pakai penderita penyakit scabies.

Baju yang sudah di cuci juga sebaiknya di seterika. Ini untuk membunuh kutu kemaluan peyebab scabies atau penyebab penyakit kudis yang masih selamat sewaktu di cuci dengan air hangat/  panas.

Selain itu juga yang menderita sakit scabies juga harus rajin menjaga kebersihan diri. Salah satunya dengan mencukur rambut kemaluan dan kebersihan yang lain. Jika memang sudah terkena penyakit kudis apalagi pada daerah kemaluan maka rambut kemaluan supaya di cukur dan di bakar. Tempat yang terkena penyakit kudis supaya di bersihkan dengan menggunakan air hangat dan di sabun.

Cara mengobati scabies

Berikut ini adalah langkah cara mengobati scabies yang sebaiknya di lakukan. Sebaiknya langkah cara mengobati scabies ini di lakukan secara rutin agar dapat segera sembuh. Sebab cara mengobati scabies ini jika tidak di lakukan dengan benar dan rutin scabies dapat bertahan selama bertahun tahun. langkah cara mengobati scabies adalah sebagai berikut:

Program pengobatan scabies yang pertama harus di lakukan adalah dengan melakukan tindakan pencegahan. Tujuannya supaya penyakit scabies tidak menular kepada orang lain. Cara ini juga merupakan cara mengobati scabies yang baik.

Jika kulit yang terkena penyakit scabies sudah infeksi dan mengeluarkan nanah. Maka cara pengobatan scabies lebih terfokus pada infeksi itu terlebih dahulu. Sebelum melakukan cara pengobatan scabies atau kudis itu sendiri.

Supaya lebih jelas baca juga Cara Menghilangkan Tuma

Sebelum di lakukan cara pengobatan scabies atau kudis maka sebaiknya seluruh tubuh yang terkena penyakit scabies di bersihkan terlebih dahulu. Di bersihkan dengan menggunakan air hangat ( mandi menggunakan air hangat) dan menggunakan sabun mandi. Baru setelah itu di ambil tindakan cara mengobati scabies dengan menggunakan ramuan. Bisa dengan salep atau ramuan herbal yang di buat sendiri.

Untuk pengobatan scabies biasanya menggunakan salep Eurax atau kwell yang di oleskan ke kulit yang terkena penyakit scabies secara rutin setiap hari.

Jika tidak cara pengobatan scabies dapat di lakukan dengan menggunakan ramuan yang di buat sendiri. Seperti dengan menggunakan campuran tepung belerang, minyak kelapa dan kunyit yang di buat dalam bentuk salep. Kemudian di oleskan ke seluruh tubuh. Maka dengan cara mengobati scabies seperti ini jika di lakukan secara rutin penyakit scabies akan sembuh. Bubuk belerang sangat bermanfaat untuk membunuh penyebab penyakit scabies yaitu kutu kemaluan, atau tungau beserta telur telurnya.

Dan untuk selanjutnya hanya tinggal menjaga kebersihan supaya penyakit scabies tidak kambuh kembali.

Untuk lebih lengkapnya tentang kutu baca juga Tuma

Pelajari tentang penyebab kematian yang tinggi Sakit Stroke dan Cara Pencegahannya

Demikian pembahasan mengenai penyakit scabies atau penyakit kudis semoga informasi ini dapat memberikan banyak manfaat.

Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Keranjang>>