Tanaman Alpukat

24th September 2017

Tanaman Alpukat (Persea gratissima Gaertn.)

Tanaman alpukat merupakan salah satu jenis tanaman yang buahnya banyak di sukai. Buah alpukat banyak di minati untuk di nikamati dalam bentuk es campur atau juice alpukat. Rasanya yang nikmat membuatnya banyak di gandrungi oleh masyarakat. Akan tetapi di balik rasanya yang begitu enak ternyata tanaman alpukat merupakan salah satu jenis tanaman obat nusantara. Itu artinya di balik rasanya yang nikmat alpukat memiliki beragam khasiat dalam dunia kesehatan.

Kandungan kimia daun alpukat

Kandungan kimia daun alpukat memiliki banyak manfaat dalam bidang kesehatan. Daun alpukat bisa di manfaatkan untuk mengobati penyakit pada dasarnya karena kandungan kimia daun alpukat tersebut. Kandungan kimia daun alpukat antara lain saponin, alkaloida dan flavonoida serta polifenol, quersetin dan gula alkali persiit (Mursito, 2007). Salah satu zat aktif yang merupakan kandungan kimia daun alpukat adalah flavonoida yang merupakan kelompok flavanol yang merupakan turunan benzena. Manfaatnya dapat di gunakan sebagai zat dasar warna alam.

Ada tiga kelompok flavonoida yang di kemukakan menurut Chang dan Kinghorn (2001) dalam fisiologi tumbuhan yaitu antosianin, flavanol, dan flavon. Antosianin merupakan pigmen berwarna merah, ungu, dan biru. Warna antosianin pertama-tama bergantung pada gugus pengganti yang terdapat dicincin B. Kedua, antosianin sering berhubungan dengan flavon atau flavonol yang menyebabkan warnanya menjadi lebih biru. Ketiga, antosianin berhubungan satu sama lain. Khususnya pada konsentrasi tinggi dan ini dapat menyebabkan efek kemerahan atau kebiruan. Semuanya bergantung pada antosianin dan pH vakuola tempat mereka terhimpun.

Kandungan kimia daun alpukat berdasarkan beberapa hasil penelitian

Penapisan fitokimia daun alpukat menunjukkan adanya golongan senyawa flavonoid, tanin katekat, kuinon, saponin, dan steroid/ triterpenoid. Ini berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan oleh Maryati dkk (2007).  Sedangkan  menuerut penelitian Sulaeman dkk (1999) tanin merupakan senyawa fenolik kompleks yang tersebar luas dalam tanaman. Tanin terdapat dalam daun, buah yang belum matang, batang dan kulit kayu. Pada buah yang belum matang, tanin digunakan sebagai energi dalam proses metabolisme dalam bentuk oksidasi tanin.  Dan menurut hasil penelitian yang di lakukan Lestari (2014) menyatakan bahwa ekstraksi tanin dari daun alpukat. Dari hasil penelitiannya di ketahui total tanin yang terkandung dalam ekstrak tersebut berkisar antara 15.81 – 22.07 %.  Dari hasil penelitian yang di lakukan oleh Hidayat dan Saat (2006)Tanin akan menghasilkan warna coklat.

Itulah kandungan kimia daun alpukat berdasarkan hasil penelitian yang sudah di lakukan oleh para ahli. Karena senyawa atau zat aktif dari kandungan kimia daun alpukat tersebut maka daun alpukat dapat di manfaatkan dalam berbagai bidang kesehatan. Terutama dalam mengobati berbagai penyakit tertentu.

Perkembangan tanaman alpukat

Tanaman alpukat ini merupakan tanaman buah yang berasal dari Amerika Tengah. Tanaman ini biasanya tumbuh secara liar di hutan hutan. Akan tetapi belakangan tanaman ini banyak di tanam di pekarangan rumah sebagai ohon buah. Dan sekarang sudah mulai banyak petani buah yang mulai membudidayakan tanaman alpukat yang kaya khasiat ini. Tanaman alpukat dapat tumbuh dengan subur di daerah yang tanahnya subur serta memiliki lapisan tanah yang gembur. Dan akan tumbuh dengan baik bila tanahnya tidak tergenang dengan air. Jika di tanam di daerah dataran rendah tanaman alpukat dapat tumbuh namun hasilnya tidak maksimal. Jauh akan lebih maksimal jika di tanam di daerah yang memiliki ketinggian 200 -1.000 meter di atas permukaan laut. Akan sangat baik jika di tanam pada daerah tropik dari subtropik yang memiliki banyak curah hujan.

Mau Tahu cara terapi Stroke dengan menggunakan obat herbal klik DISINI

Tanaman Alpukat dan Manfaatnya Dalam Bidang Kesehatan

Tanaman Alpukat dan Manfaatnya Dalam Bidang Kesehatan

Ciri ciri tanaman alpukat

Untuk mengetahui tanaman alpukat perlu kita mengetahui ciri cirinya. Tanaman alpukat ini memiliki ciri ciri sebagai berikut :

  • Memiliki pohon yang kecil dengan ketinggian mencapai 10 meter. Pohonnya merupakan batang berkayu berbentuk bulat dan memiliki wara cokelat yang kotor. Tanaman alpukat ini memiliki jenis akar tunggang oleh karenanya pohonnya dapat berdiri dengan kokoh. Serta pada pohonya banyak tumbuh ranting dan cabang pohon.
  • Daun tanaman alpukat merupakan daun tunggal yang bertangkai dengan panjang antara 1,5 sampai 5 cm. Daunya kotor dan letaknya berada di ujung ranting. Daun tanaman alpukat ini berbentuk jorong. Terkadang ada yang berbentuk bundar telur memanjang . Daun yang masih muda berwarna kemerahan dan berambut rapat. Sedangkan daun yang sudah tua warnanya berubah menjadi hijau gundul. Daun tanaman ini bertulang menyirip dengan panjang 10 sampai 20 cm.

Untuk Mengetahui Berbagai harga obat herbal alami klik  DISINI

  • Dan buahnya berbentuk bola atau bulat telur yang terkadang ada juga yang bulat meanjang. Panjang buahnya mencapai 20 cm. Warna buah alpukat bermacam macam. Ada yang hijau atau hijau kekuningan ada juga yang memiliki bintik berwarna ungu bahkan ungu kesemuanya. Buah alpukat memiliki biji satu buah. Dan dagingnya ketika sudah masak akan berubah menjadi lunak dan berwana hijau kekuningan. Minyak tanaman alpukat ini banyak di manfaatkan dalam industri kosmetik.

Cara Perkembang biakan tanaman alpukat

Tanaman yang memiliki banyak nama lokal di tiap daerah ini dapat berkembang biak melalui biji. Akan tetapi juga dapat di budidayakan dengan perkembang biakan dengan cara okulasi dan cara enten.

Sekarang ini tanaman alpukat sudah mulai banyak di budidayakan baik untuk kebutuhan buah maupun untuk kepentingan kesehatan. Karena manfaatnya yang luar biasa tanaman alpukat khususnya buah alpukat memiliki harga yang lebih mahal di banding buah sejenis yang lainnya. Kebanyakan masyarakat Mengkonsumsi buah dari tanaman alpukat sebagai jus. Selain rasanya yang enak jus alpukat ini memiliki manfaat yang banyak.

Mencari cara Untuk Mengobati Stroke Klik DISINI

Demikian pembahsan mengenai tanaman alpukat. Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel kami tentang tanaman alpukat. Semoga informasi mengenai tanaman alpukat yang saya sampaikan  melalui tulisan ini dapat memberikan banyak manfaat.

Baca Juga Artikel Kesehatan Lainnya

Anda dapat membacanya di bawah ini :

Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Keranjang>>