Tanaman Angsana

17th Oktober 2017

Tanaman Angsana (Pterocarpus indicus Willd)

Tanaman angsana merupakan salah satu jenis tanaman obat nusantara yang berbentuk pohon besar dan rindang. Pohon dari tanaman angsana yang merupakan tanaman jenis polong polongan ini memiliki jenis kayu yang cukup baik. Kayu dari tanaman angsana cukup keras berwarna kemerah – merahan dan bila di angkat cuku berat. Akan tetapi di balik itu semua tanaman angsana dapat di manfaatkan untuk keperluan pengobatan. Karena dalam tanaman angasan terkandung senyawa aktif yang dapat di gunakan untuk mengobati penyakit.

Angsana juga di kenal oleh masyarakat sebagai tanaman sono kembang. Sebagian masyarakat menjadikan tanaman penghasil kayu yang di kenal memiliki kualitas yang baik ini sebagai pagar hidup. Perakaran tanaman angsana dapat mengikat nitrogen,Selain itu juga dapat meningkatkan kesuburan tanah. Karena tanaman ini memiliki tajuk yang rindang maka tanaman angsana juga mulai di tanam di pinggir jalan. Yang di maksudkan sebagai peneduh dan penghias tepi jalan perkotaan. Yang di sayangkan angsana yang di tanam di pinggir jalan biasanya melalui budidaya dengan cara di stek. Sehingga perakarannya tidak dalam seperti angasana pada umumnya. Sehingga kekuatan tanaman ini tidak cukup kuat bila terkena angin yang kencang.

Nama Lokal  Tanaman Angsana

Setiap tanaman terutama tanaman obat selalu memiliki nama lebih dari satu. Di setiap daerah di sebut dengan nama yang berbeda beda. Sama halnya dengan tanaman angsana. Angsana juga sama dengan tanaman obat yang lain. Yaitu memiliki nama lokal di setiap daerah. Di setiap daerah angsana ini di sebut dengan nama yang berbeda beda.

Sama seperti berbagai jenis tanaman lainnya tanaman angsana juga memiliki nama yang berbeda di setiap daerah. Di aceh angsana di kenal dengan nama asan dan athan. Dan di daerah lain di kenal dengan sena, hasona, sona ( batak), kayu merah (timor), asana, sana kapur, sana kembang (minangkabau). Sana kembang (madura), kenala (sohor), aha, naga, aga, naakir (sulawesi utara), tonala (gorontalo), candana (bugis).

Untuk Mengetahui Berbagai harga obat herbal alami klik  DISINI

Morfologi tanaman angsana

Untuk mengetahui jenis tanaman angsana perlu di ketahui ciri ciri tanaman tersebut. Tanaman yang memilikibatang kuat dan banyak di manfaatkan dalam bidang bangunan ini memiliki banyak ciri ciri. Ciri ciri angasana secara mendetail adalah sebagai berikut :

Tanaman Angsana

Tanaman Angsana

Pohon

Angsana merupakan tanaman jenis tanaman polong polongan yang dapat tumbuh tinggi. Ketinggian tanaman ini dapat mencapai 10 meter sampai 40 meter. Tanaman angsana ini dapat menghasil kan kayu yang memiliki kualitas sangat baik. Kayu tanaman ini dapat di manfaatkan sebagai bahan bangunan. Kulit batang pohon angsana berwarna abu kecokelatan. Dan dalam kondisi hidup pohon angsana memiliki getah berwarna bening kemerahan seperti darah.

Daun

Daun pohon angasana tergolong daun majemuk sal dengan daun penumpu berbentuk lanset  dengan panjang 1-2 cm. Daun angsana ini berswlang seling dan memiliki anak daun 5-13. Bentuk daunnya  bulat telur memanjang, meruncing, tumpul, mengkilat sekali dengan panjang 6 sampai 10 cm dan lebarnya 4 sampai 5 cm.

Bunga

Bunga angsana berbau sangat harum dan berbentuk menyerupai lonceng akan tetapi terkadang juga berbentuk seperti tabung. Warna bunganya kuning dengan mahkota berwarna kuning oranye.

Buah

Buah angsana berbentuk polong bersayap sayap yang berwarna kecokelatan bila sudah kering. Sedang bakal buahnya berambut lebat memiliki tangkai yang pendek dengan bakal biji 2 sampai dengan 6 biji. Kebanyakan dari buah angsana hanya memiliki 1 biji.

Bagian yang di manfaatkan sebagai obat

Meski belum begitu banyak di kenal oleh masyarakat tentang khasiat dan manfaatnya dalam bidang kesehatan. AKan tetapi tanaman angsana memiliki manfaat untuk pengobatan. Selama ini yang banyak di manfaatkan adalah bagian kayunya yang cukup kuat. Namun sebenaranya ada bagian yang bisa di manfaatkan untuk pengobatan. Akan tetapi tidak semuan bagian dari tanaman ini dapat di manfaatkan sebagai obat.

Tidak semua bagian dari pohon angsana dapat di manfaatkan sebagai bahan untuk pengobatan. Hanya bagian tertentu yang dapat di manfaatkan sebagai obat. Yaitu bagian kulit pohon, getah atau resin dan daun yang masih muda.

Mau Tahu cara terapi Stroke dengan menggunakan obat herbal klik DISINI

Kandungan senyawa kimia tanaman angsana

Tanaman angasana dapat di olah dan manfaatkan sebagai obat karena dalam tanaman angsana terkandung senyawa aktif. Senyawa aktif dalam tanaman itulah yang membuat angsana memiliki banyak khasiat dalam bidang kesehatan.

Tanaman angsana mengandung senyawa aktif sehingga dapat di manfaatkan untuk pengobatan. Dalam tanaman angsan mengandung resin yang di kenal dengan nama kino. Dalam resin angasan terkandung senyawa aktif asam kinotanat dan mengandung zat warna merah. Dan warna merah padaa resin angasana menyerupai warna darah.

Khasiat tanaman angsana untuk pengobatan

Tanaman angsana dapat berkhasiat dalam bidang kesehatan sebagai  Adstringen dan diuretik.  Dari penelitian hayati yang telah di lakukan pada tahun 1990 yang di lakukan oleh  Jurusan Farmasi, FMIPA USU. Penelitian yang di lakukan di ketahui  pengaruh infus daun Angsana terhadap penurunan kadar gula darah kelinci dibandingkan dengan tolbutamid. Dalam penelitian tersebut menghasilkan pengetahuan bahwa  ternyata infus daun Angsana 5 ml, dengan kadar 10% dan 20°Io secara oral dapat menurunkan kadar gula darah kelinci. Pengaruh infus 10% tidak ada beda atau sama dengan 50 mg/kg bb tolbutamid. Sedangkan dengan kadar 20 % pennurunan kadar gula darah pada kelinci lebih besar daripada pengaruh tolbutalmid.

Pembahasan mengenai tanaman angsana semoga dapat memberikan manfaat

Mencari cara Untuk Mengobati Stroke Klik DISINI

Demikian pembahasan mengenai tanaman angsana dan manfaatnya dalam bidang kesehatan. Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel kami. Semoga informasi tanaman angsana dan manfaatnya dalam bidang kesehatan yang saya sampaikan  melalui tulisan ini dapat memberikan banyak manfaat.

Baca Juga Artikel Kesehatan Lainnya

Anda dapat membacanya di bawah ini :

Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Keranjang>>