TITIK BEKAM YANG DILARANG

6th Oktober 2020

TITIK BEKAM YANG DILARANG UNTUK DI BEKAM

Titik bekam yang dilarang merupakan titik bekam yang memerlukan kehati hatian dalam prosesnya. Sebab kebanyakan titik bekam yang dilarang di karenakan berhubungan dengan alat yang di gunakan dalam proses bekam. Bukan di karenakan pada asal daerah tersebut berbahaya untuk di lakukan bekam. Sebab lain titik bekam dilarang karena dalam proses di perlukan kehati hatian yang ekstra. Atau diperlukan wawasan dan pengetahuan dalam pembekaman pada daerah tersebut. Oleh karenanya titik bekam yang dilarang tersebut hanya boleh di lakukan oleh pembekam yang sudah berpengalaman.

Tidak ada nash khusus yang menjelaskan bab tentang titik bekam yang dilarang. Titik bekam yang dilarang kebanyakan hanya di ambil berdasarkan pengalaman dan literatur kuno. Karena berdasarkan pengalaman di lakukan bekam pada titik yang di larang kemudian memberikan dampak yang tidak baik bagi kesehatan. Oleh karenanya kemudian di anggap titik tersebut sebagai titik bekam yang di larang. Seperti pada titik bekam yang terletak pada lipatan belakang lutut. Jika di bekam berulang dalam tempo waktu yang dekat justru akan berakibat kaki lemas dan sulit berjalan. Oleh karenanya itu merupakan titik bekam yang di larang jika di lakukan oleh orang yang belum berpengalaman dan tidak memiliki wawasan. Karena dalam bekam pada titik tersebut memerlukan wawasan khusus. Seperti sayatan yang tidak boleh terlalu dalam dan tempo waktu bekam yang tidak boleh terlalu dekat.

Titik Bekam Yang Dilarang Dalam Pandangan Ulama

Dalam pandangan ulama hanya ada satu titik bekam yang dilarang. Dan itu pun masih terjadi perselisihan ada yang membolehkan dan ada yang melarang. Titik bekam yang di larang tersebut adalah titik qomahduwah. Sebagian mengatakan tidak boleh dan sebagian mengatakan boleh di bekam dalam keadaan terpaksa.

Imam Ibnu Qoyyim yang merupakan pakar dalam pengobatan islam berkata ” Para tabib telah berbeda pendapat tentang pembekaman pada daerah Naqrul Qoffa yaitu qomahwudah (tengkuk).”

Pada dasarnya tidak ada titik yang benar benar di larang untuk di lakukan pembekaman. Akan tetapi titik tersebut merupakan titik yang dalam prosesnya memerlukan kehati hatian yang ekstra. Oleh karenanya bagi terapis yang masih baru dan belum berpengalaman sebaiknya menghindari titik tersebut.

Pandangan Ulama Yang Membolehkan Pembekaman Pada titik Qomahwudah

Sebagian ulama menganggap ini bukanlah titik bekam yang di larang. Bahkan menganggap titik bekam pada daerah ini cukup baik. Mereka mengatakan titik bekam ini bermanfaat untuk penyakit bola mata besar, benjolan mata, dan berbagai penyakit mata yang lainnya. Rasa sakit di belakang alis, dan bulu terlalu lebat, sekaligus mengobati bintil mata.

Abu Nu’aim dalam kitab Thibbun Nabawi menyebutkan sebuah hadits marfu’:

Hendaknya kalian berbekam pada daerah qomahwudah (tengkuk). Karena berbekam pada daerah ini akan menyembuhkan lima macam penyakit. Beliau menyebutkan di antaranya adalah kusta.

Dalam hadits yang lain di sebutkan :

Hendaknya kalian berbekam pada daerah qomahwudah ( tengkuk). Karena ia dapat menyembuhkan tujuh puluh dua macam penyakit.

Pandangan Ulama Yang Melarang Bekam Pada Titik Bekam Yang Dilarang ( Qomahwudah )

Sebagian tabib sangat membenci bekam pada titik bekam yang dilarang (qomahwudah). Salah satu yang membenti bekam di titik bekam yang dilarang ini adalah pengarang al-Qonun. Beliau menandaskan: Bekam pada titik ini benar benar mengakibatkan kelupaan, sebagaimanan di katakan junjungan dan penghulu syari’at kita. Nabi Muhammad SAW : Sungguh bagian otak belakang adalah tempat hafalan, dan bekam di situ dapat menghilangkannya.

Ibnu Qoyyim menandaskan : sebagian kelompok membantah pendapat ini. Mereka berkata : Hadits ini tidak shohih dan kalaulah shohih maka sesungguhnya ia hanya melemahkan otak belakang saja. Khususnya ketika bekam di lakukan tanpa ada kebutuhan.  Dan seandainya bekam di lakukan pada saat darah bergolak ( pada saat di butuhkan bekam). Maka pembekaman ini akan sangat bermanfaat jika di tinjau dari segi medis dan syari’at.

Titik Bekam Yang Dilarang Untuk Terapis Secara Umum

Titik bekam yang di larang

Titik bekam yang di larang

Berikut ini merupakan titik bekam yang dilarang secara umum. Sebagian benar benar merupakan titik bekam yang dilarang. Dansebagian merupakan titik bekam yang dilarang khusu untuk terapis yang kurang pengalaman. Yaitu di karenakan bekam di daerah tersebut memerlukan keahlian dan pengetahuan khusus.

Berikut ini adalah titik bekam yang dilarang :

  • Beberapa tempat yang menjadi pusat kelenjar limpa dan getah bening seperti di area berikut ini
    1. Titik yang berada di leher samping dibawah telinga
    2. Titik yang berada di kedua ketiak kanan dan kiri
    3. Area selakangan depan sebelah kanan dan kiri
    4. Titik tepat dibawah otak kecil diakhir tulang tengkorak belakang
    5. Area di leher depan bagian tenggorokan
  • Tak boleh membekam pada tempurung lutut dan area dibawah / lipatan lutut
  • Dilarang membekam pada area lubang alami tubuh seperti lubang telinga, mulut, hidung, mata, pusar dan lainnya
  • Dilarang juga membekam pada area sendi besar tubuh
  • Jangan membekam lipatan siku bagian dalam
  • Jangan melakukan pembekaman pada area yang terdapat pembuluh darah besar / nadi
  • Dilarang membekam perut wanita hamil
  • Area yang sedang terluka / borok juga terlarang untuk dibekam diatasnya
  • Dilarang membekam pada area tubuh yang terkena infeksi
  • Area yang bengkak karena benturan dan asam urat juga terlarang untuk dibekam
  • Pada area tubuh yang terkena tumor atau kanker
  • Dilarang membekam pada area yang terkena varises
  • Bagian tubuh yang terkena cacar air juga gak boleh di bekam
  • Titik yang sudah pernah dibekam kecuali sudah berlalu 1 bulan

Kesimpulan

Bekam adalah metode pengobatan yang terbaik. Bahkan berdasarkan dari pengalaman banyak penyakit yang sulit di obati di rumah sakit dengan metode pengobatan barat. Dapat sembuh dengan pengobatan metode bekam. Banyak kasus penderita stroke yang sudah bertahun tahun di rawat di rumah sakit tanpa ada perubahan. Dapat sembuh dengan di bekam beberapa kali bekam.

Akan tetapi bekam selain dapat memberikan manfaat bekam yang baik bagi kesembuhan penyakit. Juga dapat memberikan dampak bahaya, jika ada kesalahan dalam melakukan prosesnya. Seperti karena alat yang di gunakan tidak steril atau kesalahan titik atau kesalahan tehnis yang lain. Intinya terus belajar dan banyak membaca buku referensi yang sudah di tulis oleh ahli di bidang bekam. Selain itu juga perlu banyak belajar dengan syaring bersama terapis bekam yang lain. Niscaya dengan berbagai pengalaman maka ilmu akan semakin baik.

Pada dasarnya tidak ada titik bekam yang dilarang secara khusus. Akan tetapi dalam setiap proses memerlukan kehati hatian.

Demikian semoga informasi ini dapat memberikan banyak manfaat. Terima kasih.

Baca Juga Artikel Yang Lain

Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Keranjang>>