AMANDEL / TONGSIL DAN ADENOID DAN CARA PENYEMBUHANNYA

1st Juni 2016

AMANDEL / TONGSIL DAN ADENOID DAN CARA PENYEMBUHANNYA

Radang amandel adalah pembengkakan yang terjadi pada amandel. Sakit radang amandel ini akan mengakibatkan sulit menelan. Menelan makanan terasa sakit memang salah satu gejala dari sakit radang amandel sebelum memabhasa radang amandel lebih jauh. Pernahkah anda mendengar istilah radang amandel? Iya  istilah amandel sebenarnya nama dari bagian dari organ pencernaan yang ada di mulut. Akan tetapi orang lebih sering menggunakannya sebagai istilah penyakit. Banyak orang yang mengatakan sakit amandel tapi sebenarnya yang di maksud adalah radang amandel.

Saya pernah mendengar katanya satu orang di antara 3.000 orang pernah mengalami radang amandel. Tapi itu saya hanya mendengar dari orang saja , adapun kebenarannnya saya tidak tahu. Kebenarannya serahkan saja sama yang di Atas heheheheh.

Sebelum membahas sakit radang amandel tahukah anda apakah itu amandel? Amandel atau yang di sebut dalam bahasa inggris sebagai tonsil adalah organ pencernaan yang terdapat pada kedua sisi tenggorokan di panggal lidah. Tonsil ini merupakan kumpulan jaringan getah bening / limfoid yang terletak di bagian pangkal tenggorokan di sebelah kanan dan kiri. Selain itu masih ada juga yang berkaitan erat dengan amandel yaitu adenoid. Adenoid terletak di pangkal tenggorokan cukup dekat dengan tonsil. Adenoid menempel pada dinding belakang tenggorokan di belakang langit – langit yang lunak.

Amandel Atau Tonsil

Amandel atau tonsil dan adenoid merupakan bagian susunan tubuh yang normal. Dan dalam kondisi normal amandel atau tonsil dan adenoid merupakan pintu masuknya saluran pernafasan dan saluran pencernaan. Dalam kondisi yang normal organ ini berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi yang masuk ke tubuh melalui makanan dan udara secara imunologis.

Namun apabila amandel dan adeenoid ini mengalami peradangan dan membesar maka akan menyumbat tenggorokan dan rongga hidung. Terjadinya radang amandel dan adenoid ini bisa berlangsung secara bersamaan. Ini sangat sering terjadi pada anak – anak terutama yang berusia 5 tahun sampai usia 10 tahun. Mungkin ini karena letaknya amandel / tonsil dan adenoid yang di pangkal tenggorokan sedang anak – anak dalam usia tersebut masih belum bisa menjaga makanan yang dia makan.

Sakit Radang Amandel Dan Adenoid Serta Cara Penyembuhan

Sakit Radang Amandel Dan Adenoid Serta Cara Penyembuhan

Pada saat radang amandel terjadi ini akan dapat mengganggu pernafasan terutama pernafasan melalui mulut. Pernafasan melalui mulut biasanya lebih sering terjadi pada malam hari saat kondisi tidur. Apabila ini terganggu maka akan mengurangi jumlah zat asam maka ini akan mengganggu pertumbuhan anak. Dan radang amandel tersebut juga akan membuat tenggorokan terasa sakit saat menelan sehingga makanan tidak akan cukup serta mengakibatkan kegiatan mental menjadi lebih lambat.

 Baca juga Ramuan herbal penghilang mendengkur

Kelambanan mental bisa saja terjadi, ini di karenakan pendengaran yang berkurang akibat dari pembengkakan adenoid yang menutupi atau menyumbat sebagian rongga pendengaran. Gangguan pendengaran pada anak anak seperti ini terkadang dapat di pulihkan dengan membuang sebagian adenoid yang membengkak itu sendiri. Terkadang terjadinya sakit teling yang akut juga di sebabkan karena pembengkakan adenoid. Karena itulah pembesaran atau peradangan adenoid perlu untuk di buang sebagian guna mengembalikan pendengaran yang terganggu. Akan tetapi apabila adenoid di buang sebagian ini bukan berarti amandel atau tonsil jugaharus ikut di buang. Sebaliknya adenoid mungkin tidak mengalami peradangan atau pembengkakan pada saat amandel mengalami peradangan/ radang amandel.

Amandel / tonsil dan adenoid hanya akan megalami peradangan apabila terjadi infeksi. Infeksi yang menyebabkan amandel dan adenoid mengalami peradangan biasanya akan berakibat pada sakit tenggorakan dan demam. Sebenarnya fungsi utama amandel / tonsil dan adenoid adalah menolong tubuh untuk menolak infeksi yang masuk melalui makanan dan udara. Sebenarnya ada tiga alat tubuh yang menghasilkan getah bening yaitu semacam sel yang berfungsi untuk menangkis serangan kuman. Apabila organ yang berfungsi untuk menghasilkan getah bening ini mengalami peradangan yang di karenakan seringnya terjadi infeksi dan karena serangan kuman yang jahat maka secara otomatis daya imunitas tubuh akan mengalami penurunan.

Baca juga Ramuan herbal amandel

Secara klinis radang amandel dan adenoid yang akut di tandai dengan nyeri saat menelan makanan dan sering juga di sertai dengan meningkatnya suhu tubuh sampai 40 ⁰C. Sedangkan yang sudah menahun mungkin tidak merasakan gejala seperti nyeri saat menelan. Tapi apabila radang amandel dan pembengkakan yang terjadi cukup besar akan menyebabkan kesulitan saat menelan.

Radang amandel dan adenoid sering terjadi pada anak yang usianya masih muda. Apabila radang amandel ini sering terjadi dan berulang ulang maka akan dapat menyebabkan komplikasi penyakit yang lain seperti demam rematik, mungkin juga di susul dengan pembengkaan katup jantung, pembengkakan di bawah kulit berwarna merah, penyakit sydenham, atau juga di ikuti peradangan ginjal yang akut. Komplikasi ini berkembang biasanya di karenakan adanya radang amandel yang menjadi kronis dan membandel meskipun sudah tidak menunjukkan adanya gejala radang amandel. Untuk itu bagi yang sudah berulang ulang dan sering mengalami radang amandel walaupun sudah tidak menampakkan gejala radang amandel supaya berkonsultasi pada orang yang faham betul tentang masalah kesehatan. Karena ada kemungkinan amandel harus di buang untuk mengurangi resiko yang lebih berbahaya. Dan biasanya operasi pembuangan amandel ini di lakukan setelah infeksi pada amandel berkurang.

Gejala Umum Radang Amandel

Dalam radang amandel yang akut, awalnya sakit ini di mulai dengan rasa dingin dan rasa sakit pada bagian punggung dan lengan. Kemudian terjadi demam meningkat sampai 40 ⁰C. Kemudian di tenggorakan terasa sakit saat menelan makanan dan juga sulit menelan makanan. Lidahnya berlapis dan nafasnya berbau tajam menusuk hidung. Amandel akan terlihat memerah dan membengkak dan akan terlihat adanya tambalan berwarna kekuning – kuningan di permukaannya. Di bagian leher atau kelenjar gondok terlihat membengkak. Dalam beberpa hal leher akan tampak merah menyala dan di bagian dada akan tampak adanya ruam- ruam merah dan terkadang ruam – ruam merah muncul di seluruh tubuh. Terkadang juga di sertai batuk dan sakit kepala.

Tindakan Yang Harus Di Lakukan Saat Terkena Radang Amandel

Berikut ini adalah tindakan yang harus di lakukan apabila terjadi radang amandel yaitu :

  1. Kopreslah bagian leher bisa dengan kompres panas atau dingin tergantung mana yang lebih di sukai orang yang sakit. Untuk kompres yang panas dapat di lakukan dengan menggunakan kain yang di lipat kecil. Sedangkan kompres yang dingin dapat di lakukan dengan menggunakan kantong es.
  2. Berikan kompres pemanas setiap malam hari.
  3. Hindari makan makanan yang banyak mengandung pengawet dan MSG seta di hindari minum minuman yang dingin.
  4. Berkumur – kumurlah setiap jam dengan menggunakan air panas. Air yang di pakai untuk berkumur – kumur bisa di tambahkan satu sendok teh garam dan satu sendok teh soda yang di bakar dalam segelas air hangat.
  5. Berikan obat yang dapat membawa kesembuhan dengan segera.
  6. Berikan banyak minum jus buah, akan sangat baik jus buah tanpa es dan bila perlu jus buah yang hangat.
  7. Selama dua sampai tiga hari berikan makanan yang cair atau lunak agar tidak kesakitan saat menelan.
  8. Apabila radang amandel berkembang telalu besar dan sangat menganggu maka belahlah atau lukai abses yang berkembang itu dengan alat yang bebas kuman / steril.
  9. Apabila radang amandel terjadi berulang kali dan setelah di periksa ternyata ternyata di ketahui adanya infeksi yang kronis maka sebaiknya amandel di buang setelah infeksi mereda guna mencegah akibat yang lebih berbahaya.
  10. Minumlah obat- obatan herbal yang dapat membantu mengobati radang amandel.

Pantangan Sakit Radang Amandel

Ada beberapa hal yang harus di hindari dan tidak boleh di lakukan ketika sakit radang amandel. Salah satu di antanya yang harus benar – benar di jaga adalah makanan yang di konsumsi. Makanan yang di maksud antara lain :

  1. Ikan dalam hali ini ikan tawar maupun ikan laut baik yang segar maupun yang asin sebaiknya semua di hindari.
  2. Berhentilah makan makanan yang banyak mengandung minyak seperti gorengan dan yang lainnya.
  3. Berhentilah makan buah durian.
  4. Jangan minum minuman yang dingin. Apalagi sofdrink.

Untuk sekarang sampai di sini dulu semoga memberikan banyak manfaat.

Demikian pembahasan mengenai radang amandel semoga dapat bermanfaat.

baca juga artikel kami yang lain tentang ambein /wasir/ bawasir.

Semoga informasi ini dapat memberikanbanyak manfaat

Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Keranjang>>