Berbagai Macam Sakit Batuk Dan Cara Pengobatannya

31st Mei 2016

Macam  Sakit Batuk dan Cara Pengobatannya

Pada dasarnya sakit batuk bukanlah suatu penyakit. Batuk itu sendiri merupakan sistem pertahanan tubuh dalam upaya mengeluarkan sesuatu yang mengganggu dalam saluran pernafasan. Selain itu batuk terjadi karena adanya rangsangan akan gejala adanya suatu penyakit. Batuk juga  terjadi karena adanya iritasi di saluran pernafasan karena adanya debu, lendir yang berlebihan, makanan, asap dan lain sebagainya.

Selain yang di atas terkadang pula batuk muncul di sebabkan karena selesma. Selesma adalah penyakit yang gejalanya mirip dengan orang sakit flu. Akan tetapi batuk yang di sebabkan oleh selesma tidak bertahan lama. Biasanya paling lama hanya bertahan seminggu dan akan sembuh dengan sendirinya.

Akan tetapi apabila mengalami sakit batuk yang penyebabnya belum di ketahui. Dan sakit batuk itu bertahan lebih dari satu minggu maka perlu di periksa lebih lanjut penyebab batuk tersebut. Ini di maksudkan agar segera di ketahui penyebab batuk itu. Seandainya batuk itu di sebabkan karena penyakit yang lebih berbahaya bisa segera di ambil tindakan pengobatan yang tepat.

Secara umum batuk terjadi akibat adanya rangsangan tertentu. Seperti di karenakan adanya debu yang mengganggu di saluran pernafasan ( hidung atau saluran pernafasan yang lain). Debu yang berada di reseptor batuk / yang mengganggu di saluran pernafasan oleh reseptor tubuh akan di berikan sinyal kepada otak. Sinyal tersebut di kirim lewat syaraf bahwa ada benda yang mengganggu di saluran pernafasan. Sehingga otak akan menanggapi dengan memberi sinyal kepada otot – otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing / debu yang mengganggu tersebut. Sehingga terjadilah batuk.

Sakit Batuk Dan Cara Pengobatannya

Sakit Batuk Dan Cara Pengobatannya

Batuk Akut Dan Kronis

Apabila mengalami batuk lebih dari seminggu tidak juga sembuh. Bahkan batuk berlangsung sampai 14 hari atau lebih ini menandakan adanya sakit batuk yang sudah akut. Akan tetapi apabila batuk tersebut terjadi serjadi lebih dari 14 hari dan berlangsung dalam 3 bulan berturut – turut. Ini menandakan batuk yang sudah kronis atau batuk kronis berulang.

Sakit batuk kronis berulang yang sering menyerang anak – anak adalah batuk yang di sebabkan karena sakit asma, sakit tubercolusis atau lebih sering di singkat TB. Dan juga batuk pertusis orang lebih mengenal dengan istilah batuk rejan atau batuk 100 hari. Batuk rejan atau batuk seratus hari ini adalah batuk kronis yang terjadi karena adanya infeksi kuman bordetella pertusis. Seperti yang di jelaskan di awal tadi batuk yang di sebabkan oleh penyakit lain seperti ini harus segera di ambil tindakan penanganan yang tepat agar tidak terjadi kondisi yang lebih parah.

Penyebab sakit Batuk

Penyebab sakit batuk yang paling utama adalah karena adanya infeksi pada saluran pernafasan bagian atas oleh adanya virus ( ISPA). Ini terjadi pada sebagian besar orang. Selain karena adanya infeksi virus batuk juga bisa di sebabkan karena rentinitas alergi seperti karena adanya debu yang mengganggu di dalam saluran pernafasan. Penyebab yang lain karena di picu oleh komplikasi penyakit yang lain seperti karena sakit asma atau sakit tubercolusis a( TB ).

Batuk juga sering di sebabkan karena masuknya benda asing kedalam saluran penafasan sehingga tubuh bereaksi untuk mengeluarkan benda asing tersebut dari saluran pernafasan dengan melakukan batuk. Selain itu juga terkadang batuk terjadi karena tersedak saat minum susu atau minum air yang lain. Batuk juga bisa teradi ketika seseorang sedang berada di sekitar orang yang merokok yaitu karena menghirup asap rokok.

Tindakan Yang Harus di Lakukan

Sakit batuk memang terkadang bukan penyakit berbahaya. Akan tetapi sakit batuk terkadang juga merupakan salah satu gejala adanya penyakit yang berbahaya seprti adannya infeksi pada paru paru oleh virus. Yang sering di kenal dengan istilah TBC. Sakit batuk biasanya akan bertambah frekuensi batuknya pada malam hari. Sehingga yang menderita batuk tidak dapat tidur dengan nyenyak semalaman. Berikut ini cara penanganan sakit batuk yang biasa, bukan sakit batuk yang merupakan gejal penyakit yang berbahaya. Langkah yang harus di ambil adalah sebagai berikut :

Baca juga : Manfaat tanaman andong obati batuk berdarah

  1. Apabila sakit batuk yang di alami hanya di tenggorokan maka hanya perlu di kompres dengan air panas pada bagian leher setiap dua kali sehari. Dan juga kompres panas pada bagian leher setiap malam.
  2. Akan tetapi kalau sakit batuk yang di rasakan berasal dari bagian dada maka gunakan kompres menggunakan air panas pada bagian leher dan dada dua kali dalam sehari. Dan juga kopreslah dengan kain basah yang hangat di bagian dada dan panas kering di bagian leher setiap malam.
  3. Berikan obat sakit batuk yang tidak berbahaya yang terbuat dari bahan alami utnuk penanganan pertama sepetri buatkan sirup dengan jeruk nipis dan madu dengan perbandingan satu bagian jeruk nipis dengan tiga bagian madu. Lebih baik lagi sebelum di berikan hangatkan sirupnya terlebih dahulu.
  4. Apabila sakit batuk yang di alami bertahan cukup lama, maka untuk mengobatinya dapat di lakukan dengan menghirup uap air panas sehari sekali. Cara ini akan cukup membantu untuk proses penyembuhan batuk tersebut.
  5. Namun apabila sakit batuk yang di alami bertahan lebih dari seminggu maka mintalah nasehat dokter atau terapis yang sudah berengalaman dalam menangani orang sakit.
  6. Minum obat yang di sarankan untuk membantu menyembuhkan sakit batuk seperti numhat atau obat batuk yang lain.

Pantangan Yang Harus Di Hindari Orang Yang Sedang Sakit Batuk

Agar sakit batuk yang di alamai dapat segera sembuh dan untuk membantu proses penyembuhan sakit batuk maka orang yang sakit batuk perlu untuk menghindari makan makanan yang dapat memicu terjadinya batuk seperti :

  1. Makan makanan yang banyak mengandung minyak seperti gorengan. Makanan ini akan dapat merangsang terjadinya batuk dengan cepat.
  2. Makan permen.
  3. Makan ice cream.
  4. Udang.
  5. Makan yang bertekstur keras dan juga kering.
  6. Makanan yang berasa asam dan pedas.
  7. Makanan yang banyak mengandung penyedap atau makanan yang banyak mengandung monosodium glutamat ( MSG ).
  8. Memakan buah – buahan yang dapat merangsang batuk seperti makan nangka, nanas, mangga dan yang lainnya.
  9. Minuman yang terlalu dingin atau juga minuman yang terlalu panas juga dapat merangsang batuk.

Baca juga artikel kami tentang sakit asma.

Semoga apa yang kami tulis memberikan manfaat kepada banyak orang.

Semoga Informasi ini dapat memberikan banyak manfaat

Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Keranjang>>