Sakit Tekanan Darah Rendah Dan Tindakan Pengobatan Yang Harus Di Lakukan

31st Mei 2016

Sakit Tekanan Darah Rendah Dan Tindakan Pengobatan Yang Harus Di Lakukan

Tekanan darah rendah sebenarnya bukanlahlah penyakit akan tetapi kebanyakan orang menganggapnya sebagai penyakit. Bahkan sebagian orang menganggap tekanan darah rendah sama dengan dengan anemia ( kurang darah). Perlu di ketahui bahwa antara anemia ( kurang darah ) dengan tekanan darah rendah itu tidak sama. Meski di antara keduanya menunjukkan gejala yang hampir sama atau bisa di bilang sama.

Kali ini saya akan menjelaskan tentang tekanan darah rendah atau hipotensi. Eh jangan salah ya ! hipotensi bukan hipertensi. Hipotensi atau tekanan darah rendah merupakan kebalikan hipertensi yaitu tekanan darah tinggi.

Sebelum membahas lebih jauh tentang tekanan darah rendah atau hipotensi. Perlu  kiranya untuk di mengerti apa itu tekanan darah. Dan apa yang di maksud angka – angka yang sering di tulis oleh dokter dalam memberitahukan tekanan darah. Tekanan darah merupakan tekanan aliran darah alami yang mengalir dalam darah karena aktifitas jantung saat mengembang dan mengempis. Angka atas atau di kenal juga dengan istilah sistolik dalam hasil pemeriksaan dokter menunjukkan tekanan darah saat jantung mengembang. Sedangkan angka bawah yang juga di kenal dengan istilah diastolik menunjukkan tekanan dalam pembuluh darah saat jantung dalam kondisi mengempis sebelum kembali mengembang. Parameternya yang digunakan untuk mengukur tekanan darah adalah menggunakan mili meter air raksa. Maksudnya besarnya tekanan darah ini di hitung berdasarkan kemampuan tekanan darah dalam mendorong air raksa sampai seberapa tinggi. Dan ini tentunya di lakukan dengan menggunakan peralatan khusus yang di miliki oleh dokter.

Pengertian tekanan darah rendah

Tekanan darah rendah atau hipotensi merupakan keadaan di mana tekanan aliran darah seseorang berada di bawah batas normal. Normalnya tekanan darah seseorang adalah 120 / 80 mmHg. Tetapi untuk orang yang mengalami hipotensi atau tekanan darah rendah , tekanan aliran darahnya bisa mencapai nilai rendah yaitu 90 / 60 mmHg. Untuk nilai tekanan darah normal itu di nilai secara umum karena tekanan darah seseorang secara umum dengan ukuran tinggi badan, berat badan dan aktifitas normal adalah 120 / 80 mmHg.

Namun demikian terkadang ada beberapa orang yang mungkin memiliki tekanan darah di bawah angka normal. Mungkin 110 / 90 mmHg atau bahkan sampai angka 100 / 80 mmHg namun dia tidak menunjukkan adanya keluhan yang berarti seperti orang yang terkena sakit tekanan darah rendah. Meski demikian keadaannya apabila kondisi seperti itu terus berlanjut dengan faktor – faktor atau kondisi yang mendukung turunnya tekanan darah. Maka tekanan darah akan dapat mencapai ambang batas rendah yaitu 90 / 60 mmHg. Bila sampai ambang batas masih terus menurun karena faktor pendukung menurunnya tekanan aliran darah yang terus berlanjut maka bisa meberikan dampak yang lebih berbahaya.

Baca juga tentang sakit Tekanan darah tinggi

Sakit Tekanan Darah Rendah Dan Tindakan Pengobatan Yang Harus Di Lakukan

Sakit Tekanan Darah Rendah Dan Tindakan Pengobatan Yang Harus Di Lakukan

Kebanyakan orang yang mempunyai sakit tekanan darah rendah tidak pernah menganggapnya sebagai penyakit. Dan memang benar sakit tekanan darah rendah sangat jarang membawa dampak berbahaya sampai terjadinya kematian. Sangat jarang orang yang usianya di perpendek karena sakit tekanan darah rendah. Kebanyakan orang yang punya penyakit  tekanan darah rendah dapat hidup persis seperti orang normal dan tidak menunjukkan banyak gejala seperti penyakit yang lain.

Tekanan darah rendah ini di sebabkan karena dinding pembuluh darah kendur atau telalu lentur. Yang kondisi ini berakibat oksigen dan nutrisi yang di bawa oleh darah untuk disebarkan keseluruh tubuh tidak dapat menjangkau seluruh jaringan- jaringan tubuh. Orang yang mengalami sakit tekanan darah rendah sering kali di barengi dengan sakit yang lain seperti anemia dan juga hipoglikemia.

Apabila seseorang terkena tekanan darah rendah atau setelah di periksa / di cek ternyata tekanan darah di bawah angka normal. Maka sangat di sarankan untuk segera memperbaiki pola makan. Karena kebanyakan seseorang yang terkena sakit tekanan darah rendah ini di sebabkan oleh kurangnya kalori , protein atau vitamin A dan B kompleks khususnya pantotenat dalam tubuh.

Tanda Atau Ciri – Ciri Seseorang Terkena Tekanan Darah Rendah / Hipotensi

Untuk mengetahui seseorang dalam kondisi tekanan darah rendah atau tidak bukanlah hal yang sulit. Hanya dengan melihat kondisi fisik tubuhnya akan tampak jelas orang tersebut kondisi tekanan darahnya normal atau rendah. Orang yang mengalami tekanan darah rendah biasanya akan menampakkkan gejala atau tanda secara umum seperti berikut di bawa ini :

  1. Mudah merasa lelah.
  2. Mudah ngantuk atau sering menguap.
  3. Sering merasa pusing. Daya tahan tubuhnya lemah.
  4. Terkadang penglihatannya berkunang – kunang ini paling sering terjadi setelah duduk terlalu lama kemudian berdiri secara tiba – tiba.
  5. Sangat sensitif terhadap hawa panas dan dingin.
  6. Wajahnya tampak pucat, ini terjadi karena darah tidak dapat mensuplai nutrisi secara merata dan maksimal keseluruh jaringan tubuh.
  7. Mudah pingsan.
  8. Mengeluarkan keringat dingin.
  9. Saat melakukan kegiatan yang membutuhkan tenaga jatungnya mudah berdetak kencang.
  10. Pada saat di periksa denyut nadi terasa lemah.
  11. Badannya terasa lemah dan tidak ada tenaga.
  12. Kemampuan melakukan aktifitas seksual juga menurun.

Tindakan Yang Harus Di Lakukan

Agar dapat melakukan aktifitas secara normal maka seseorang yang memiliki tekanan darah rendah harus segera menaikkan tekanan darah sampai pada kondisi normal. Hal itu dapat di lakukan dengan beberapa tindakan yang sebaiknya di lakukan. Adapun tindakan upaya menaikkan tekanan darah yang dapat di lakukan antara lain sebagai berikut :

  1. Istirahatlah yang cukup.
  2. Makanlah makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah seperti makan sate kambing.
  3. Periksalah secara rutin untuk mengetahui kondisi tekanan darah agar lebih bisa mengatur pola makan dan pola hidup.
  4. Minumlah obat herbal untuk meningkatkan tekanan darah yang di rekomendasikan agar segera sehat kembali.
  5. Kurangi kalau perlu tinggalkan makan mie instan.
  6. Berhentilah minum minuman yang mengandung alkhohol.
  7. Kurangi minum kopi atau minuman lain yang mengandung kafein kalau perlu tidak usah minum.
  8. Berusahalah untuk tidak memakan makanan yang berasa pahit dan juga asam.

Semoga tulisan ini dapat membantu menyelamatkan banyak orang dari kesusahannya karena sakit.

Baca juga arikel saya yang lain tentang radang sendi.

semoga informasi ini dapat memberikan banyak manfaat.

Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Keranjang>>