CARA MENGOBATI SAKIT CACAR

30th Agustus 2016

Cara Mengobati Sakit Cacar Air

Cacar air juga yang sering di sebut dengan istilah varicella. Penyakit  ini sangat mudah masuk ke dalam tubuh seseorang  dan mengakibatkan sakit dengan melalui sejenis kuman yang berbentuk virus. Biasanya anak – anak yang berusia di bawah delapan tahun yang lebih mudah terserang penyakit ini. Ketika seorang anak di serang penyakit cacar air maka akan timbul gejala berupa bintik – bintik merpah pada kulit yang seperti jerawat – jerawat halus yang kemudian akan membengkak dan pada akhirnya akan pecah.

Setelah seseorang terinfeksi virus penyebab cacar air maka dalam jarak sekitar enam belas hari baru akan mulai menampakkan gejala penyakit. Gejala yang muncul pada awalnya anak tersebut akan mengalami demam yang ringan, menggigil kedinginan, punggung terasa sakit, lengan dan kaki juga terasa sakit, dan kemudian muntah – muntah. Semakin tua usianya biasanya akan menampakkan gejala yang semakin parah. Setelah satu hari dari munculnya gejala sakit biasanya  akan muncul ruam – ruam pada kulit. Ruam kulit yang berupa jejas pada kulit itu muncul secara berkelompok. Pada awalnya muncul di batok kepala, wajah, dan akhirnya menyebar ke dada dan punggung bagian atas.

Apabila jejas itu tidak terinfeksi karena kuman biasa maka jejas itu tidak akan menimbulkan bekas luka yang permanen. Namun apabila terinfeksi oleh virus akan menimbulkan bekas luka parut yang permanen. Dan biasanya setelah muncul bintik – bintik ruam pada kulit maka anak tersebut akan segera sembuh dari sakir cacar. Namun juga perlu di perhatikan karena terkadang muncul komplikasi dari berbagai organ tubuh karena infeksi penyakit cacar.

Baca Juga tentang Cara Menghilangkan tuma kutu rambut

cacar air

cacar air pada bagian lengan

Hubungan cacar air dengan herpes zoster

Hubungan kedua penyakit ini adalah di sebabkan oleh jenis virus yang sama. Cacar air dan herpes zoster memiliki penyebab dari jenis virus yang sama sehingga pada saat seseorang tertular sakit cacar air bisa jadi orang tersebut terkena sakit herpes zoster. Bentuk penyakit itu baik herpes zoster maupun cacar air di tentukan oleh daya imunitas tubuh yang di miliki terhadap virus. Apabila daya tahan atau imunitas tubuh tidak sempurna akan muncul penyakit herpes zoster. Herpes zoster itu sendiri merupakan penyakit yang parah yang dapat mempengaruhi akar saraf pada daerah kulit yang terkena penyakit herpes zoster.

Sedangkan cacar air tidak di anggap sebagai penyakit yang serius. Biasanya anak – anak yang masih usia sekolah ketika terkena sakit cacar air di haruskan untuk beristirahat di rumah sampai luka – luka yang ada pada kulitnya sembuh yaitu berkerak karena kering dan berwarna cokelat.

Dan apabila di rumah tersebut ada anak yang lain yang sedang kurang sehat sebaiknya di jauhkan dari anak yang sedang mengalami sakit cacar. Tetapi biasanya orang lebih memilih membiarkan anak tersebut terkena sakit cacar supaya tubuhnya menjadi kebal. Sebab sakit cacar ini biasanya hanya menyerang satu kali seumur hidup. Untuk mencegah penyebaran penyakit cacar ialah menggunakan cara vaksinasi. Selama ini vaksinasi merupakan cara yang paling efektif untuk  mencegah seseorang terjangkit cacar air.

Penanganan cacar air

Gejala penyakit cacar air yang paling merepotkan ialah rasa gatal. Biasanya rasa gatal ini sering di atasi dengan melembabkan kulit menggunakan soda bakar. Terkadang oleh dokter juga di berikan larutan kalamina untuk membantu meringankan rasa gatal yang teramat sangat.

Akan sangat penting untuk di perhatikan yaitu melindungi kulit agar tidak terjadi infeksi. Karena apabila terjadi infeksi dapat mengakibatkan luka parut yang permanen. Maka sebaiknya bila kuku yang sedang mengalami cacar air panjang segera di potong supaya saat menggaruk cacar air yang gatal tidak menyebabkan infeksi pada luka.

Apabila sudah terjadi infeksi mintalah nasihat dokter. Biasanya dokter akan memberikan obat anti biotik untuk mengatasi infeksi yang terjadi pada luka tersebut. Sementara itu jika jejas – jejas pada kulit sudah mau pecah, oleskan minyak zaitun pada luka tersebut untuk menghaluskan kulit.

Untuk cara yang lain untuk mengatasi sakit cacar silahkan di baca pada materi penyakit cacar.

Penyebaran Cacar Air

Penyakit cacar air di sebabkan karena adanya infeksi virus varicella zoster. Penyebaran virus ini sangat cepat. Kontak langsung dengan bagian yang ruam pada kulit yang di serang merupakan salah satu cara penyebarannya. Bahkan terkena air pecahan dari bintik merah yang mengandung air juga merupakan cara penyebarannya. virus ini dapat menyebar dengan menggunakan media air dan udara. Oleh karenanya orang terkena penyakit ini sering di tempatkan pada tempat yang berbeda dengan yang lain.

Resiko Terserang Sakit Cacar Air

Siapa saja memiliki resiko terserang penyakit ini. Terlebih bagi mereka yang belum pernah memperoleh vaksin yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadapa cacar air. Dan orang sseperti di bawah ini memiliki resiko yang sangat tinggi untuk terkena sakit cacar.

  • Seorang bayi yang ibunya belum pernah mendapatkan vaksin cacar.
  • Orang yang berinteraksi secara langsung dengan penderita cacar.
  • Anak anak yang sedang menjalani proses pengobatan sakit asma.
  • Seseorang yang memiliki daya tahan tubuh rendah.
  • Ibu yang sedang hamil dan belum pernah mengalami sakit cacar.
  • Bayi yang ibunya belum pernah mengalami sakit cacar.

Cara Pencegahan sakit cacar air

Untuk mengurangi resiko terkena sakit cacar. Tindakan yang terbaik adalah melakukan tindakan pencegahan. Tindakan pencegahan untuk mengurangi resiko terkena sakit cacar air adalah sebagai berikut :

  • Untuk mengurangi penularan penyakit ini sebaiknya anak anak yang terkena sakit cacar air berada di rumah. Dan tidak bermain bersama yang lain untuk sementara waktu.
  • Berikan vaksin untuk meningkatkan antibody supaya kebal dengan penyakit cacar. Khususnya bagi anak yang belum pernah terkena sakit cacar.
  • Bagi ibu yang sedang hamil tidak boleh untuk di beri vaksin karena berbahaya bagi bayi yang di kandungnya. Untuk itu harus benar benar menghindari orang yang sedang terkena sakit cacar.
  • Meski tidak ada makanan yang dapat mengobati sakit cacar. Akan tetapi sebaiknya yang mengalami sakit cacar makan makanan yang banyak mengandung gizi. Ini bertujuan agar tubuh seakin kuat dan infeksi penyakit cacar dapat segera sembuh.

Baca juga Sakit Cacar dan Cara Menanganinya Agar Segera Sembuh

Cara Mengobati Sakit Cacar Air

Untuk emngobati sakit cacar tidak ada cara yang khusus yang benar benar ampuh untuk mengobatinya. Tindakan yang di lakukan biasanya hanya untuk mengurangi gejala penyakit yang ada.

Dan seseorang yang terkena sakit cacar air ini biasanya seumur hidup hanya terkena sekali. Karena setelah terkena sakit cacar biasanya tubuh akan membentuk antibody secara otomatis. Tetapi terkadang bagi yang daya tahan tubuhnya lemah dapat terkena sakit cacar kembali.

Untuk itu cara mengobati sakit cacar yang terbaik adalah dengan memperhatikan langkah penangan cacar air yang sudah di jelaskan di atas. Ikuti langkah penanganan tersebut maka berangsur angsur sakit akan berkurang dan akhirnya akan sembuh.

Untuk lebih detailnya cara mengobati penyakit cacar baca Cara Mengobati sakit cacar

Demikian pembahasan mengenai cara mengobati sakit cacar air semoga informasi ini dapat memberikan banyak manfaat. Terima kasih

Baca juga materi yang lain yang Insya Allah juga dapat memberikan tambahan wawasan kesehatan yang bermanfaat. Materi yang lain tentang cara terapi sinusitis ada di Cara Terapi Sakit Sinusitis.

Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Keranjang>>