SEBAB SAKIT

27th Agustus 2016

PENYEBAB SAKIT BERBAHAYA Bag 2

Sebagian penyebab sakit sudah di jelaskan dalam materi sebelumnya. Sekarang materi penyebab sakit lanjutanya yang cukup penting untuk di ketahui. Dengan mengetahui penyebab sakit akan lebih mudah untuk menghindari datangnya penyakit.

Penyebab Sakit Keturunan

Penyebab sakit yang sering di alami oleh seseorang sebagian di karenakan keturunan. Apabila kedua orang tuanya menderita suatu penyakit maka itu akan menjadi penyebab sakit pada anaknya untuk terkena penyakit yang sama.

Meskipun anak menderita penyakit yang sama dengan penyakit yang di derita oleh orang tuanya. Namun keturunan bukan satu  – satunya faktor penentu yang menjadi penyebab sakit untuk seseorang. Namun terkadang lebih penentu penyebab sakit ialah karena kebiasaan hidup yang salah yang sering di lakukan oleh keluarga tersebut. Seperti faktor kebersihan, pola makan, serta ketegangan emosi yang menjadi faktor penyebab sakit yang sering di jumpai. Karena hal – hal tersebut yang membuat sebuah keluarga mudah mendapatkan serangan penyakit yang sama seperti orang tuanya.

Penyebab sakit yang sering di hubungkan dengan keturunan ialah penyakit gula. Sebagian orang berpendapat bila seseorang terkena penyakit gula maka anaknya juga mempunyai potensi yang cukup tinggi untuk terkena penyakit yang sama. Selain itu penyebab sakit anemia juga cenderung di kaitkan dengan keturunan.

Selain itu jenis kelamin juga berpengaruh terhadap daya tahan serangan suatu penyakit. Seperti orang laki – laki lebih mudah terkena serangan sakit jantung, paru – paru, penyakit hati dan TBC. Namun bukan berarti wanita tidak bisa terkena penyakit ini. Wanita juga bisa terkena penyakit yang sama namun kemungkinannya lebih kecil bila di bandingkan dengan laki – laki. Dan sebaliknya wanita lebih rentan terkena penyakit kerongkongan. Ini menunjukkan bahwa jenis kelamin juga merupakan penyebab sakit meski tidak secara langsung.

Perbedaan Daya Tahan

Sebagian orang lebih kebal terhadap serangan suatu jenis penyakit dari pada orang lain. Seperti contohnya adalah para perokok. Sebagian orang perokok terkena serangan penyakit seperti penyakit kanker. Namun sebagian perokok yang lain tidak tekena penyakit kanker. Jelas ini menunjukkan perbedaan daya tahan tubuh. Mereka yang terkena serangan sakit kanker memiliki jaringan tubuh yang lebih lemah di banding yang tidak terkena sakit kanker meski sama – sama seorang perokok. Ini jelas terlihat mereka yang tidak terkena serangan sakit kanker meski menjadi seorang perokok mewari jaringan tubuh yang kuat sehingga mampu menahan gangguan asap rokok. Namun perlu di ingat bukan berarti dia tidak mendapatkan ancaman dari penyakit yang lain yang di sebabkan karena asap rokok. Dia tetap bisa terkena jenis penyakit yang lain meski memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Karena racun dalam rokok merupakan penyebab sakit berbahaya .

makanan penyebab sakit

pola makan yang salah merupakan salah satu penyebab sakit yang banyak di jumpai

Memang benar faktor keturunan berpengaruh terhadap kesehatan seseorang. Namun seseorang yang memiliki daya tahan yang lemah terhadap penyakit dapat meningkatkan taraf kesehatannya dengan menjaga pola makan yang baik. Dan dengan melakukan pola hidup yang sehat. Namun mereka yang mewarisi tubuh yang kuat juga harus berhati – hati supaya tidak mudah terkena serangan kuman penyebab sakit. Pola makan yang baik akan meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyebab sakit yang sangat kompleks.

Kebiasaan – Kebiasaan Dalam Hidup

Banyak sekali penyakit yang di sebabkan karena kebiasaan atau pola hidup yang tidak sehat. Oleh karenanya sangat penting untuk memperhatikan kebiasaan hidup agar senantiasa sehat dan tidak mudah sakit.

Gizi

Jaringan tubuh sangat di pengaruhi oleh unsur gizi yang terkandung dalam makanan yang kita di makan. Apabila dalam makanan yang di konsumsi setiap hari kekurangan unsur gizi maka metabolisme tubuh juga tidak dapat berjalan dengan maksimal. Sehingga berakibat pada rusaknya suatu jaringan tertentu dalam tubuh. Kesempurnaan kandungan gizi dalam makanan sangat berpengaruh penting dalam upaya tubuh dalam menolak dan melawan kuman penyebab sakit.

Namun juga perlu menjadi perhatian. Kelebihan makan juga sama berbahayanya dengan kekurangan makan. Terlalu banyak makan akan berakibat pada kegemukan sehingga organ tubuh bekerja lebih berat. Ini akan melemahkan organ dan jaringan tubuh sehingga dapat berakibat pada munculnya suatu penyakit. Penyakit yang sering muncul karena kelebihan berat badan adalah penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah. Kedua jenis penyakit ini di tengarai dapat memperpendek usia. Jadi kegemukan juga merupakan salah satu faktor penyebab sakit.

Keadaan Lingkungan Hidup

Keadaan lingkungan tempat seseorang tinggal dan bertahan hidup juga mempunyai pengaruh terhadap kesehatan. Jelas sekali iklim sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Daerah yang memiliki iklim tropis mempunyai permasalahan kesehatan secara khusus dan yang paling sering masalah kesehatan terkait dengan kebersihan lingkungan. Daerah yang lebih dingin membuat organ tubuh seseorang melemah karena terkena udara yang dingin. Intinya suatu daerah yang memiliki iklim yang berbeda – beda juga memiliki pengaruh kesehatan yang berbeda  beda terhadap tubuh manusia. Iklim atau cuaca yang buruk juga menjadi penyebab sakit bagi tubuh yang memiliki daya tahan yang lemah.

Selain itu dari sisi yang lebih kecil seperti lingkungan rumah juga erat kaitannya dengan masalah kesehatan yang di hadapi. Rumah yang baik ialah rumah yang mampu melindungi seseorang dari udara yang terlalu panas ataupun terlalu dingin. Dan rumah juga di bangun serta di tata sedemikian rupa sehingga mudah untuk di bersihkan. Rumah yang bersih dan mampu memberikan kepusaan hati sertas sikap optimisme di dukung dengan  suasana hati penghuni rumah yang bahagia akan sangat menunjuang tingkat kesehatan penghuninya.

Kebiasaan – Kebiasaan Pribadi

Hukum menjaga kesehatan sama halnya dengan hukum moral yang berlaku dalam masyarakat. Yaitu apabila kita mau bekerja dan mau menurut maka akan mendapatkan upah. Dan kalau melanggar aturan yang ada akan mendapatkan hukuman. Seseorang bisa memilih dengan sendiri. Apakah dia akan hidup dengan pola yang sesuai dengan prinsip menjaga kesehatan. Sehingga mendapatkan upah berupa badan yang sehat. Atau dia akan memilih untuk hidup dengan mengabaikan pola hidup yang sesuai dengan prinsip kesehatan sehingga mendapat hukuman berupa penyakit.

Untuk menjaga pola hidup yang sehat tidaklah sulit. Hanya dengan gerak badan yang cukup, tidur yang cukup, sedikit rekreasi di alam terbuka, makan dengan teratur, dan jangan makan di antara jam makan. Di tambah dengan sikap optimisme serta selalu bahagia. Semua itu akan mengawetkan tenaga yang ada dan  membuat daya tahan tubuh semakin kuat. Dan membuat tubuh tidak mudah di kalahkan oleh faktor -faktor penyebab sakit..

Sebaliknya kebiasaan memboroskan energi dan makan terlalu banyak, tidur tidak teratur, suka merokok dan minum alkhohol, dan melakukan hal – hal lain yang bertentangan dengan aturan atau prinsip menjaga kesehatan. Akan membuat tubuh semakin lemah dan mudah oleh kuman dan faktor lain yang menjadi penyebab sakit..

Kebiasaan yang di lakukan oleh orang secara umum juga bukan jaminan untuk membuat seseorang menjadi sehat. seseorang mudah sekali mengikuti kebiasaan orang secara umum meskipun itu membahayakan bagi ksehatan tubuh. seperti kebiasaan membuang sampah sembarangan. Apabila di suatu lingkunngan tertentu terbiasa membuang sampah ke sungai  maka sebagian besar masyarakat di sekitar daerah tersebut akan ikut – ikutan membuang sampah ke sungai sehingga sungai  menjadi tercemar dan menjadi sumber penyebab sakit. Hanya membutuhkan sedikit pengorbanan untuk bisa tetap menjadi sehat . semua pilihan ada di tangan masing – masing.

Penyakit Usia

Penyebab sakit yang terakhir adalah usia. Ada beberapa jenis penyakit yang menyerang pada seseorang di usia yang sudah lanjut. Penyakit ini datang dan menyerang pada saat organ – organ dan jaringan dalam tubuh mulai melemah.  Usia ialah proses yang terus berlangsung selama hidup yang terjadi secara terus menenerus tanpa dapat di scegah dan di hindari dimana tubuh dan jaringan yang ada di dalamnya mulai tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Adapun cepat atau lambanya kerusakan pada jaringan tergantung dari daya tahan tubuh yang di miliki seseorang. Dalam hal ini faktor penyebab sakit keturunan mempunyai pengaruh di dalamnya.

Kesimpulan

Datangnya suatu penyakit memang tidak pernah di duga. Bahkan sebagian dari penyakit tidak dapat di hindari seperti karena faktor penyebab sakit  keturunan dan faktor usia. Namun ada beberapa jenis penyakit yang lain yang penyebab sakit dapat di cegah dan dapat di kendalikan. Itulah kenapa cukup penting bagi seseorang untuk memahami tentang penyebab sakit.

Sampai di sini pembahasan materi penyebab sakit semoga dapat memberikan banyak manfaat. semoga dengan mengetahui penyebab sakit yang ada di lingkungan sekitar kita, kita dapat lebih menjga diri dari serangan berbagai penyakit. Terima kasih

Jangan lupa baca juga materi yang lain tentang penyebab sakit cacar dan cara mengobati sakit cacar.

Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Keranjang>>