Sakit Kejang Jantung

15th November 2017

Sakit Kejang jantung (angina pectoris)

Sakit kejang jantung merupakan salah satu gejala yang muncul pada penyakit tajuk jantung. Biasanya di karenakan jantung kekurangan darah bukan karena kejadian yang terjadi secara tiba tiba. Sakit kejang jantung ini sering muncul bila seseorang terlalu memaksakan diri terhadap suatu pekerjaan ang terlalu berat.  Setidaknya pekerjaan yang terlalu berat bagi orang yang mengalami sakit kejang jantung. Sakit kejang jantung biasanya tidak berlangsung lama. Hanya berkisar antara 10 menit sampai 20 menit. Lamanya sakit yang muncul pada sakit kejang jantung tergantung dari berat atau ringannya serangan kejang jantung.

Pengertian kejang jantung

sakit kejang jantung adalah kondisi berkurangnya pasokan oksigen dan berkurangnya pasokan darah ke mikrokardium. Pengertian kejang jantung tersebut sesuai dengan yang di sebutkan dalam wikipedia. Namun pengertian kejang jantung menurut buku “penuntun perawatan dan pengobatan modern” sakit kejang jantung adalah kurangnya persediaan darah yang mengalir ke mikrokardium. Dalam hal ini pengurangan terjadi secara lambat laun sehingga menimbulkan rasa nyeri yang di sebut dengan sakit kejang jantung.

Penyakit kejang jantung di sebut juga dengan istilah yang lebih familiar yaitu masuk angin duduk. Yang di maksud masuk angin duduk sebenarnya bukan orang sakit masuk angin. Melainkan salah satu penyakit jantung yang di kenal dengan angina pectoris atau penyakit kejang jantung.

Kejang jantung atau angina pectoris sebenarnya merupakan penyakit jantung ringan. Yang menjadi penyebab sakit kejang jantung ini adalah karena adanya kotoran yang ada di dalam darah dari sisa makanan yang telah di makan.

Pembagian angina pectoris sakit kejang jantung

Angina pectoris atau sakit kejang jantung terbagai mejadi tiga macam:

Sakit Kejang Jantung Angine Pectoris

Sakit Kejang Jantung Angine Pectoris

Sakit kejang jantung/ Angina klasik

Angina klasik juga di kenal dengan angina stabil ( stable angina). Angina pectoris atau sakit kejang jantung ini terjadi jika jika pembuluh darah koroner untuk meningkatkan aliran darah tidak dapat melebar sewaktu kebutuhan ogsigen meningkat. Biasanya di akibatkan karena habis melakukan pekerjaan yang sangat berat seperti habis berlari kencang mengejar maling. Rasa nyeri di bagian dada yang muncul pada sakit kejang jantung klasik ini tidak berlangsung lama hanya beberapa menit saja. Dan biasanya akan hilang setelah di gunakan untuk istirahat beberapa waktu. Rasa sakit yang muncul juga terkadang dapat menyebar ke bagian lain seperti pada bagian punggung, bahu dan lengan.

Baca juga tentang Penyakit Jantung Koroner

Sakit kejang jantung/ Angina varian

Sakit kejang jantung yang jenis angina varian di sebabkan karena terjadi penyempitan pada arteri koronari. Sehingga menyebabkan aliran darah ke jantung menjadi berkurang. Gejala yang di timbulkan biasanya akan muncul rasa nyeri pada bagian dada sewaktu istirahat terutama pada pagi hari. Penyakit angina atau sakit kejang jantung varian ini cukup jarang terjadi.

Baca juga Penyakit Jantung Bawaan

Sakit kejang jantung/ Angina tidak stabil

Sakit kejang jantung yang tidak stabil atau angina tidak stabil ini merupakan jenis sakit kejang jantung yang lebih berat di banding yang lain. Bahkan serangannya dapat terjadi meskipun dalam kondisi sedang istirahat. Rasa nyeri yang di timbulkan sama seperti dengan pada angina klasik namun tidak dapat sembuh meski di bawa dengan beristirahat. Dan durasi rasa nyeri yang di rasakan juga lebih lama dari pada pada sakit kejang jantung klasik. Sakit kejang jantung tidak stabil atau angina tidak stabil terkadang merupakan gejala akan adanya serangan jantung pada waktu dekat.

Baca juga Penyakit Jantung Rematik

Penyebab kejang jantung

Penyebab kejang jantung adalah karena kurangnya pasokan oksigen yang di bawa dalam darah ke mikrokardium. Yang kekurangan tersebut kadang di sebabkan oleh karena adanya penyempitan pembuluh koroner. Atau karena  adanya kotoran dalam darah darah yang menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar.

Lebih lengkapnya penyebab kejang jantung adalah sebagai berikut :

  • Karena habis melakukan pekerjaan yang sangat berat.
  • Karena adanya penyumbatan pada pembuluh nadi koroner yang menyebabkan persediaan darah ke jantung berkurang.
  • Adanya banyak racun atau toksin dalam darah yang membuat aliran darah menjadi tidak lancar.
  • Termasuk penyebab kejang jantung adalah obesitas atau kelebihan berat badan.

Gejala kejang jantung

Ciri ciri kejang jantung atau gejala kejang jantung yang terjadi sedikit sudah di jelaskan di atas. Tergantung dari jenis sakit kejang jantung yang di alami. Namun secara lebih jelas gejala kejang jantung atau ciri ciri kejang jantung secara lebih lengkap adalah sebagai berikut :

  • Gejala kejang jantung yang paling khas yaitu munculnya rasa nyeri pada bagian dada seperti dada yang di remas.
  • Gejala kejang jantung yang lain muncul rasa yang tidak nyaman pada belakang tulang dada. Yang rasa tidak nyaman tersebut terkadang dapat menyebar ke bagian punggung, bahu dan lengan.
  • Rasa nyeri yang munjul di dada sering muncul pada saat di gunakan untuk melakukan aktifitas.
  • Pada gejala kejang jantung terkadang muncul rasa nyeri pada dada seperti di timpa benda yang sangat berat.
  • Terkadang muncul sesak nafas disertai dengan keringat dingin, perasaan lelah dan rasa nyeri pada dada.
  • Rasa nyeri yang muncul berkisar antara 10 menit sampai 20 menit tergantung jenis serangan kejang jantung yang terjadi. Namun terkadang juga terjadi suma 5 menit saja.
  • Gejaja kejang jantung lain wajah menjadi pucat dan kaki terasa dingin.

Untuk lebih jelasnya baca Gejala Sakit jantung

Obat kejang jantung

Obat kejang jantung dapat di lakukan dengan menggunakan obat obatan alami yang dapat di buat sendiri.  Beberapa obat kejang jantung yang dapat di gunakan untuk mengobati sakit kejang jantung adalah sebagai berikut :

Resep obat kejang jantung yang pertama

Dengan menggunakan jus wortel 1 gelas (250 cc) yang di minum sehari 3 kali. Yaitu setiap pagi siang dan sore.

Cara membuat obat kejang jantung dengan jus wotel adalah dengan memarut wortel kemudian di peras dan di ambil airnya. Tambahkan dua sendok madu murni kemudian di minum untuk obat kejang jantung.

Resep obat kejang jantung yang ke dua

Menggunakan air rebusan daun kaca piring. Yaitu dengan merebus daun kaca piring sebanyak 25 lembar dengan menggunakan 3 gelas air. Rebus sampai airnya tersisi ¾ gelas. Minum ramuan obat kejang jantung ini sehari tiga kali setiap pagi siang dan sore.

Resep obat kejang jantung yang ke tiga

Yaitu menggunakan rebusan kedelai yang di minum sehari dua kali setiap pagi dan sore. Cara membuatnya siapkan kedelai sebanyak 3 cangkir. Kemudian rebus dengan menggunakan air sebanyak 2 gelas. Bila sudah matang dapat di tambahkan madu atau gula secukupnya supaya rasanya lebih enak. Dapat di gunakan untuk minum dua kali pagi dan sore hari.

Tindakan penangan untuk mengangani sakit kejang jantung atau angina pectoris

Jika ada yang mengalami sakit kejang jantung jangan terlalu panik. Ambil langkah berikut untuk memberikan pertolongan yang pertama:

  • Baringkan orang yang mendapat serangan kejang jantung dengan baik. Yaitu dengan posisi terlentang dan posisi kepala dan bahu lebih tinggi.
  • Ambil botol dan isi dengan air panas dan demahlah bagian dada dan kakinya.
  • Buka baju yang di rasa ketat agar lebih longgar supaya nafasnya dapat berjalan longgar.
  • Selimuti dengan selimut yang hangat.

Cara mencegah sakit kejang jantung

Untuk mencegah terjadinya serangan kejang jantung dapat di lakukan dengan cara seperti berikut :

  • Berhenti merokok.
  • Melakukan diet bagi yang kelebihan berat badan atau obesitas.
  • Olah raga secara teratur.
  • Banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat dan rendah lemak.
  • Mengurangi minum alkhohol.

Serangan kejang jantung banyak di anggap sebagai serangan jantung yang sebenarnya. Namun pada serangan jantung yang sebenarnya rasa nyeri yang muncul akan berlangsung lebih lama. Akan tetapi meski penyakit kejang jantung bukan merupakan serangan jantung yang sebenarnya akan tetapi tetap perlu di waspadai. Karena bisa jadi merupakan gejala atau tanda akan adanya serangan jantung yang sebenarnya.

Bagi seseorang yang pernah mengalami kejang jantung sebaiknya cara pencegahan tersebut supaya di perhatikan. Karena itu menandakan dalam jantungnya sudah mulai ada masalah meski belum begitu parah. Cara pencegahan tersebut juga bermanfaat untuk mencegah munculnya penyakit jantung yang lain yang lebih berbahaya.

Baca juga tentang Sakit Batu Ginjal

Demikian pembahasan mengenai sakit kejang jantung. Semoga informasi tentang sakit kejang jantung yang di sampaikan di sini dapat memberikan banyak manfaat. Terima kasih

Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Keranjang>>