TITIK BEKAM UNTUK SAKIT PINGGANG

20th September 2020

TITIK BEKAM UNTUK SAKIT PINGGANG

Titik bekam untuk sakit pinggang di gunakan untuk terapi bagi penderita sakit pinggang. Dan dari pengamatan berdasar pengalaman selama menerapi pasien bekam. Dengan bekam pada titik bekam untuk sakit pinggang ini menunjukkan hasil yang istimewa. Dalam hal ini tidak sekali di bekam di titik bekam untuk sakit pinggang langsung sembuh 100%. Namun dalam artian 90 % pasien yang mengalami kasus sakit pinggang. Dengan di bekam pada titik bekam untuk sakit pinggang mengalami perbaikan. Dan pada umumnya hasilnya sudah mulai di rasakan sejak pertama kali terapi.

Sakit pinggang merupakan rasa nyeri yang sering kali di akibatkan karena cedera otot atau cedera sendiri pada area pinggang. Munculnya rasa nyeri ini biasanya di akibatkan karena mengangkat beban yang berat atau karena posisi tubuh yang salah ketika beraktifitas. Akan tetapi terkadang juga orang mengalami sakit pinggang karena melakukan gerakan yang berulang ulang.

Meskipun sakit pinggang ini bukanlah termasuk penyakit yang berbahaya. Namun penderitaan dari rasa nyeri yang ada di pinggang ini benar benar sangat mengganggu. Bahkan terkadang sampai seseorang harus libur bekerja karena mengalami sakit pinggang. Rasa nyeri yang muncul di pinggang jika di biarkan biasanya akan semakin bertambah sakit. Tanpa dengan terapi rasa nyeri ini biasanya bisa bertahan sampai 2 minggu terkadang bisa sampai satu bulan.

Sakit Pinggang

Sakit pinggang atau muncul rasa nyeri di bagian pinggang menandakan adanya permasalahan pada bagian sendi tulang belakang. Dalam kondisi normal biasanya nyeri di pinggang atau sakit pinggang sering di derita oleh orang yang berusia 35 tahun sampai dengan 40 tahun. Namun sakit pinggang juga dapat di alami yang di karenakan cedera. Sebab yang lainnya karena hentakan, mengangkat beban berat dengan posisi yang salah, kecetit dan lain sebagainya. Sakit pinggang yang di rasakan ini biasanya adanya masalah disk prolapse. Yaitu kerusakan degenaratif yang terjadi pada bantalan sendi tulang belakang dan ruas tulang.

Sakit pinggang yang di alami di usia tua biasanya di sertai dengan kerusakan pada bantalan sendi tulang belakang dan ruas tulang. Akan tetapi jika yang mengalami adalah orang dalam usia muda. Sangat jarang di temui dengan di sertai kerusakan degenerasi pada ruas tulang belakang. Kecuali jika sakit pinggang ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama dan tidak di lakukan tindakan terapi untuk pembenahan.

Sakit pinggang ini saat mulai pertama kali pada saat mulai terjadi permasalahan tidak begitu terasa adanya sakit atau rasa nyeri. Baru setelah beberapa saat muncul rasa nyeri pada bagian pinggang dan susah untuk di gerakkan. Dalam kondisi sakit pinggang yang di sebabkan karena kecetit akut. Maka sering di jumpai  rasa nyeri menjalar kebagian tangan dan kaki. Ini di karenakan zat jelly (nucleus pulposus) di dalam tulang rawan menekan saraf perifer. Atau di karenakan terjadi penyempitan kanal spiral.

Salah satu cara terbaik untuk menangani masalah ini adalah dengan di bekam pada titik bekam untuk sakit pinggang. Titik bekam untuk sakit pinggang ini tidak terpaku di satu tempat. Akan tetapi tergantung di lokasi mana terjadi permasalahan. Atau di mana rasa nyeri di rasakan.

Bekam Untuk Sakit Pinggang

Terapi bekam merupakan salah satu jenis terapi yang sudah di banyak kalangan di seluruh dunia. Bahkan terapi bekam merupakan salah satu jenis terapi yang berusia lebih dari 1000 tahun. Dan hasil dari terapi bekam sudah tidak di ragukan lagi. Sudah banyak penelitian di lakukan untuk membuktikan kebenaran terapi bekam. Dan hasilnya luar biasa.

Termasuk untuk mengatasi masalah sakit pinggang. Terapi bekam dengan di bekam pada titik bekam untuk sakit pinggang merupakan solusi yang tepat. Dengan di lakukan pembekaman pada titik bekam untuk sakit pinggang dapat melancarkan aliran darah di sekitar pinggang. Sehingga dapat menormalkan kembali kerusakan yang terjadi di area pinggang. Selain itu di di bekam pada titik bekam untuk sakit pinggang maka dapat menghilangkan penyumbatan aliran darah pada pinggang yang menyebabkan rasa nyeri. Dan  dapat untuk relaksasi pembekaman untuk mengatasi kekakuan pada otot pinggang.

Namun untuk pembekaman sakit pinggang yang di karenakan syaraf kejepit atau karena adanya gangguan penyakit yang lain harus di lakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Untuk kasus syaraf kejepit sebaiknya di cari dahulu lokasi sayaraf yang kejepit. Baru di lakukan pembekaman pada lokasi tersebut. Sehingga akan dapat memberikan dampak yang lebih baik dan lebih cepat untuk mendapatkan kesembuhan yang sempurna. Untuk mencari lokasi syaraf yang kecepit sapat di lakukan dengan bekam luncur pada area tulang belakang. Namun untuk melakukan hal ini sebaiknya anda serahkan kepada terapis yang benar benar sudah berpengalaman. Untuk menghindari resiko yang tidak di inginkan. Sebab pembekaman pada area tulang belakang harus memperhatikan hal hal tertentu untuk menghindari resiko terburuk.

Lokasi Titik Bekam Untuk Sakit Pinggang

Titik Bekam Untuk Sakit Pinggang

Titik Bekam Untuk Sakit Pinggang

Seperti yang sudah saya bahas di awal untuk titik bekam sakit pinggang sebaiknya di sesuaikan dengan posisi yang mengalami masalah. Dan khususnya untuk masalah yang di sebabkan karena syaraf kejepit dapat terjadi di bagian pinggang maupun di bagian punggung. Titik bekam untuk sakit pinggang yang saya sampaikan di sini adalah titik bekam untuk sakit pinggang yang sering mengalami masalah. Memang untuk bagian pinggang jarang terjadi permasalahan disk prolapse bagian pinggang yang lain.

Selain terapi dengan di bekam pada titik bekam untuk sakit pinggang sebaiknya juga di terapi dengan metode yang lain. Hal ini di gunakan untuk mendukung tingkat keberhasilan dalam penyembuhan. Seperti dengan terapi kiropraktik. Yaitu terapi untuk mengembalikan ruas tulang belakang pada posisi yang benar.

Untuk lebih jelasnya tentang titik bekam untuk sakit pinggang perhatikan gambar di samping. Dengan di lakukan pembekaman pada titik tersebut biasanya sakit pinggang akan segera sembuh. Bahkan manfaatnya atau hasilnya seringkali dapat di rasakan sesaat telah di lakukan pembekaman.

Efek Bekam Pada Titik Bekam Untuk Sakit Pinggang

Bekam pada titik bekam untuk sakit pinggang memiliki dampak yang baik. Sehingga dapat memberikan jalan untuk kesembuhan dari sakit pinggang yang menyiksa. Berikut ini adalah efek bekam pada titik bekam untuk sakit pinggang.

  1. Bekam yang di lakukan dapat meningkatkan sirkulasi darah ke membran sinovial di persendian kecil dan ruas tulang belakang. Sehingga dapat membantu menstimulasi produksi cairan sinovial yang memiliki fungsi sebagai pelumas sendi. Dengan begitu dapat memperlambat terjadinya spondilosis dan mengurangi rasa nyeri.
  2. Bekam pada lokasi tubuh yang telah di jelaskan di atas dapat meningkatkan sirkulasi darah ke saraf di antara ruas tulang belakang. Dan mengurangi tertahannya darah akibat tekanan di dalamnya. Sehingga dapat meningkatkan arus informasi saraf, mengurangi rasa nyeri  serta meningkatkan kemampuan gerak tangan dan kaki. Lalu mencegah terjadinya penciutan otot dan pusing.
  3. Bekam yang di lakukan pada titik bekam untuk sakit pinggang dapat melancarkan aliran darah ke otot di sekitar tulang belakang. Sehingga dapat membantu mengurangi kejang otot dan rasan nyeri.
  4. Bekam dapat mengeluarkan zat prostaglandin dari bagian tubuh yang sakit. Di mana zat ini adalah zat yang mengangkut informasi rasa nyeri ke bagian otak. Sehingga rasa nyeri yang di rasakan akan berkurang.
  5. Zai Nitrit Oksida (NO) keluar bersama sayatan bekam di titik bekam untuk sakit pinggang. Zat ini akan mentransmisikan zat morfin alami dalam tubuh. Sehingga rasa sakit akan berkurang.
  6. Bekam pada titik yang telah di jelaskan di atas juga mengurangi rasa nyeri berdasarkan gate control theory. Yaitu dengan mengurangi rasa nyeri dengan memberikan kesibukan pada jalur indera perasa. Yang berfungi mengirim informasi rasa nyeri ke otak.

Saran

  1. Selain di bekampada titik seperti yang telah di jelaskan di atas yang berguna dalam terpai pengobatan sakit pinggang. Sebaiknya di dukung dengan terapi yang lain seperti kiropraktik untuk mengembalikan posisi tulang belakang pada posisi yang benar. Dan terapi pijat refleksi untuk membantu organ supaya dapat bekerja dengan lebih baik.
  2. Sangat di anjurkan untuk penderita sakit pinggang untuk tidak mengkonsumsi obat analgesik. Karena akan memberikan efek samping yang buruk. Terutama bagi kesehatan lambung.
  3. Apabila sakit pinggang yang di rasakan berawal dari salah posisi badan dalam beraktifitas atau karena kecetit. Maka sebaiknya sebelum di bekam di lakukan bekam seluncur pada area tulang belakang. Hal ini di maksulkan untuk mengembalikan syaraf yang kejepit. Baru kemudian di bekam supaya aliran darah kembali normal.

Demikian pembahasan mengenai titik bekam untuk sakit pinggang. Semoga informasi yang di sampaikan dapat memberikan banyak manfaat. Terima kasih

Penutup

Ada berbagai penyebab sakit pinggang. Pengobatan untuk sakit pinggang juga bergantung pada penyebabnya. Tidak semua sakit pinggang dapat di obati dengan cara yang sama. Penyebab sakit pinggang yang paling banyak terjadi karean strain. Penyebab yang lainnya karena syaraf kejepit, gangguan pada sendi, gangguan kelengkungan tulang, osteoforosis, penyakit tumor di tulang belakang dan lain lain.

Beberapa sakit pinggang dapat di obati dengan cara yang sederhana. Seperti dengan mengompres pada bagian yang nyeri dengan air hangat. Atau tidur dengan menggunakan alas yang rata. Sebagian lagi sakit pinggang dapat hilang sendiri dalam beberapa hari dengan perawatan yang baik. Akan tetapi untuk beberapa kasus yang lain harus di lakukan pemeriksaan dan perawatan secara intensif.

Bila sudah di lakukan perawatan dengan baik sakit pinggang tidak kunjung sembuh. Sebaiknya segera di bawa ke dokter untuk di lakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sebab sangat di mungkinkan penyakit pinggang tersebut merupakan akibat adanya penyakit lain yang mungkin sekali lebih serius dan membutuhkan perawatan yang serius.

Demikian semoga informasi ini dapat memberikan banyak manfaat.

Baca Juga Artikel Yang Lain

Baca juga artikel dari kami yang dapat memberikan manfaat dan wawasan demi kesehatan anda. Terima kasih telah bekunjung.

Sumber Pustaka

  • Rahasia kesuksesan BEKAM agar bekam menjadi baik, Karya Abu Urwah Abdulloh Umar Sa’id, Pustaka An-Nawawi Surabaya, Dzulqo’dah 1430 H
  • PENYAKIT DAN TERAPI BEKAMNYA, Dr. Ahmad Razak Sharaf, Thibbia Surakarta, 2012
  • https://refleksio.com/bekam-sakit-pinggang/

 

Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Keranjang>>