CARA MENGOBATI ORANG SAKIT SINUSITIS

27th September 2016

Sinusitis dan Cara Pengobatan Sinusitis

Sinusitis merupakan gabungan dari dua kata sinus dan itis yang berarti peradangan. Maksudnya peradangan yang terjadi pada sinus. Karena itu sinusitis di beri arti sebagai perandangan sinus paranasal. Pada bagian rongga hidung terdapat empat sinus yaitu sinus maksilaris yang terletak pada pipi, sinus etmoidalis yang terdapat pada kedua mata, sinus frontalis yang terdapat pada dahi, dan sinus sfenoidalis yang terdapat di belakang dahi.

Sinusitis ialah peradangan atau pembengkakan dari jaringan yang melapisi sinus. Sinus sendiri di lapisi oleh jaringan lendir. Biasanya dalam kondisi normal sinus ini akan berisi udara. Akan tetapi ketika sinus mengalami penyumbatan karena terisi oleh cairan lendir yang berlebihan maka kuman yang berupa bakteri, virus, dan jamur dapat berkembang dan menyebabkan infeksi.

Baca yang selengkapnya pada Cara Mengobati Sakit Sinus

Pembagian Sinusitis

Secara klinis penyakit sinusitis di bagi dalam beberapa jenis yaitu :

  1. Sinusitis akut. Yaitu sebuah kondisi yang mendadak seperti terjadinya pilek, hidung tersumbat dan nyeri wajah yang tidak dapat hilang setelah 10 sampai dengan 14 hari. Sinusitis akut biasanya berlangsung selama 4 minggu atau kurang dari itu.
  2. Sinusitis sub akut. Sebuah peradangan pada sinusitis yang biasanya berlangsung selama 4 minggu sampai 8 minggu.

    sakit-sinusitis

    gambaran sinus yang sehat dan sinus yang mengalami sakit sinusitis

  3. Sinusitis kronis. Suatu kondisi peradangan pada sinus yang di tandai dengan gejala radang sinus yang berlangsung selama 8 minggu atau lebih.
  4. Sinusitis berulang. Sinusitis yang terjadi beberapa kali dalam setahun.

Penyebab Sinusitis

Secara umum penyebab sakit peradangan pada sinus ini ada dua yaitu :

  1. Rhinogenik yaitu penyebab kelainan atau masalah yang terjadi pada hidung. Segala sesuatu yang mengakibatkan terjadinya penyumbatan pada sluran hidung dapat menjadi penyebab sinusitis. Dalam hal ini termasuk sakit flu yang biasa, rhinitis alergi yaitu pembengkakan pada lapisan hidung, polip yaitu pertumbuhan kecil yang terdapat pada lapisan hidung, atau septum menyimpang yaitu pergeseran yang terjadi pada rongga hidung.
  2. Dentogenik atau sering juga di sebut odontogenik. Yaitu penyebab kelainan yang di karenakan oleh gigi. Yang paling sering menyebabkan sinusitis ialah infeksi yang terjadi pada gigi geraham yang sebelah atas ( pre molar dan molar ).

Gejala Sinusitis

Pada seseorang yang mengalami sakit peradangan pada bagian sinus biasanya akan di temukan gejala atau tanda seperti berikut yaitu:

  1. Mengalami sakit kepala.
  2. Nafasnya berbau.
  3. Hidung tersumbat.
  4. Sakit batuk. Dan pada malam hari batuk yang di rasakan semakin bertambah parah.
  5. Postnasal drip.
  6. Merasakan adanya tekanan pada daerah dahi, pipi, hidung dan diantara kedua mata.
  7. Lidar seperti mati rasa tidak dapat mengecap rasa dengan baik.
  8. Mengalami demam namun demamnya tidak terlalu tinggi hanya demam yang sedang.
  9. Daya penciuman berkurang karena adanya penyumbatan pada salurang hidung.
  10. Cairan pada hidung terus mengalir biasanya dengan warna hijau yang cukup pekat.
  11. Semua gejala yang ada biasanya akan bertambah buruk pada malam hari.

Penyakit komplikasi radang pada sinus lebih banyak terjadi pada anak – anak dari pada pada orang dewasa. Apabila seorang anak mengalami sakit sinusitis dan sudah terdapat pembengkakan pada bagian tulang pipi atau pembengkakan pada kelopak mata. Ini mungkin di sebabkan karena terjadi infeksi pada jaringan kulit dan rambut atau infeksi yang terjadi pada jaringan di sekitar mata. Bila gejala seperti ini terlihat maka sebaiknya anak tersebut segera di bawa ke dokter. Ada kemungkinan anak tersebut akan di rujuk ke dokter spesialis telinga hidung dan ternggorokan atau yang lebih di kenal dengan THT.

Dalam kondisi yang sangat parah terkadang dapat mengakibatkan infeksi pada tulang. Namun ini sangat jarang terjadi sekitar satu dari sepuluh ribu kasus. Untuk mengatasi hal semacam ini biasanya oleh dokter akan di berikan suntikan anti biotik yang dapat mengendalikan penyebaran infeksi ke tulang yang berada di dekatnya. Namun infeksi seperti ini dapat menjalar ke daerah sekitar mata, tulang, darah ataupun otak.

Pengobatan Sinusitis

Berikut ini beberapa langkah yang dapat di lakukan untuk proses pengobatan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan kesembuhan dengan lebih baik.

  1. Untuk membantu pengobatan sinusitis dapat di lakukan dengan minum obat herbal yang tidak berbahaya seperti sambiloto sebagai anti radang, pegagan sebagai anti biotik alami, daun sendok dan sambung nyawa yang juga berfungsi sebagai anti radang.
  2. Dapat juga di lakukan pemanasan atau pengompresan dengan menggunakan kompres air panas.
  3. Untuk penanganan yang lebih jelas hubungi dokter atau terapis. Karena ada kemungkinan penyebab sinusitis adalah penyakit yang lain yang harus di obati terlebih dahulu sebelum mengobati sinusitis. Dan terkadang juga di perlukan pembedahan untuk membuang cairan yang mengakibatkan penyumbatan untuk mengurangi tekanan pada sinus. Dan penanganan seperti ini hanya bisa di lakukan oleh dokter.
  4. Dapat juga menggunakan obat tetes hidung atau ibat gurah yang di teteskan ke hidung namun jangan terlalu sering. Berikan hanya ketika membutuhkan saja.
  5. Dapat di bantu pengobatannya dengan terapi bekam atau akupuntur. Silahkan mencari terapis bekam atau akupuntur adapun sebelah mana titik yang harus di bekam atau di akupuntur terlalu panjang bila saya jelaskan di sini. Namun tidak perlu kuatir karena terapis bekam dan akupuntur mereka lebih faham akan hal itu. Silahkan anda mencari mereka sendiri saja.

Pantangan Sinusitis

Untuk membantu proses penyembuhan atau proses pengobatan makanan seperti berikut ini sebaiknya di hindari. Makanan yang menjadi pantangan yang yang harus di hindari seperti yang di maksud ialah :

  1. Minuman yang dingin seperti air es yang di keluarkan dari kulkas.
  2. Makanan yang berasa pedas atau berasa asam.
  3. Cabai jangan di makan meski cabai yang tidak berasa pedas.
  4. Semua makanan yang menjadi alergen yaitu penyebab alergi.
  5. Obat – obatan yang bersifat sebagai alergen juga sebaiknya di hentikan mengkonsumsinya.
  6. Akan sangat baik bila berhenti merokok.
  7. Hindari semua makanan yang di goreng seperti ayam goreng, tempe goreng, tahu goreng, dan semua jenis gorengan.
  8. Sebaiknya berhenti makan daging untuk sementara waktu sampai sakit peradangan yang terjadi pada sinus yang di deritanya sembuh.

Semoga tulisan saya ini dapat memberikan banyak manfaat kepada banyak orang yang membacanya. Untuk pembahasan materi tentang sakit peradangan pada bagian sinus saya rasa sudah cukup sampai di sini semoga dapat dengan mudah di fahami dan yang mengalami sakit pada bagian sinus segera di beri kesembuhan Amiin.

sekarang sudah waktunya untuk beraktifitas rutin harian berkeliaran mencari makan he he he he he he

jangan lupa baca juga aritikel kesehatan yang lain yang Insya Allah juga dapat memberikan manfaat

cara mengobati sakit osteporosis

cara mengobati sakit cacar

sebab – sebab terjadinya sakit

penyebab penyakit ada dalam tubuh manusia

cara mudah yang dapat di lakukan untuk menurunkan berat badan dengan tanpa obat

Cukup sekian dulu dan terima kasih semoga bermanfaat

[contact-form][contact-field label=”Nama” type=”name” required=”true” /][contact-field label=”Surel” type=”email” required=”true” /][contact-field label=”Situs web” type=”url” /][contact-field label=”Pesan” type=”textarea” /][/contact-form]

Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Keranjang>>