HERPES SIMPLEX

10th Agustus 2016

HERPES SIMPLEX DAN CARA MENANGANINYA

Herpes simplex merupakan suatu penyakit yang di sebabkan oleh virus tertentu. Penyakit yang di sebabkan oleh infeksi virus pada saat pertama kali virus itu masuk ke dalam jaringan tubuh penderita di sebut sebagai infeksi herpes simplex primer. Namun apabila penyakit tersebut kambuh kembali yang di karenakan kegiatan virus tersebut yang menetap dalam jaringan tubuh penderita sejak pertama kali virus memasukinya. Maka yang seperti ini di di sebut sebagai herpes simplex ulangan.

Penyakit infekasi pada dasarnya terjadi karena masukanya kuman atau virus ke dalam tubuh yang kemudian menimbulkan infeksi. Kuman – kuman yang sering menyebabkan infeksi ada empak kelompok yaitu :

  1. Kelompok yang pertama organisme berbentuk tumbuhan seperti bakteri, ragi dan juga jamur.
  2. Kelompok yang kedua organisme yang berasal dari binatang yang paling banyak menyebabkan infeksi protozoa dan cacing.
  3. Yang ketiga kelompok organisme yang halus yang sering di sebut dengan rickettsiae yang sering kali berasal dari kotoran. Penyakit yang sering di timbulkan seperti demam typus dan demam berbintik rocky mountain.
  4. Kelompok yang terakhir yang di sebabkan karena virus. Penyakit yang di timbulkan adalah cacar, flu, rubella, gondong poliomyelitis , penyakit anjing gila, serta penyakit yang sedang kita bahas yaitu penyakit herpes.

Penjelasan

Herpes simplex primer

Herpes simplex primer dapart terlokalisir atau dapat menyebar. Apabila terlokalisir akan tampak luka – luka kecil yang terdapat pada mulut dan gusi, jaringan mata sebelah ( menyangkut selaput bening) pada alat kelamin, atau  pada bekas luka di kulit. Penyakit ini tidak menimbulkan gejala yang perlu di perhatikan secara serius. Namun tubuh aka membentuk antibody dengan sendirinya semnjak pertama kali tubuh mendapatkan infeksi untuk pertama kalinya.

Herpes simplex dan cara menanganinya

Herpes simplex dan cara menanganinya

Namun apabila penyakit herpes simplex primer menyerang pada bayi sejak lahir atau sesudah lahir maka penyakit herpes simplex primer harus di perhatikan dengan seksama. Karena penyakit ini bila menyerang pada bayi dampat mengakibatkan kematian. Dalam hal ini akan tampak sejumlah luka – luka yang terdapat pada kulit dan selaput lendir.

Herpes simplex ulangan.

Ada bermacam – macam keadaan yang bisa menyebabkan kembalinya aktifitas virus yang sudah terpendam dalam tubuh. Luka – luka yang ada di bibir dapat di rangsang oleh sinar matahari yang terlalu berlebihan. Atau karena menarik bibir atau mulut yang terlalu lebar ( ini seperti yang di lakukan oleh dokter gigi sewaktu memperbaiki gigi seseorang). Kegiatan ini cukup merangsang untuk kembalinya aktifitas virus yang ada dalam tubuh. Dan juga luka – luka pada bagian tubuh yang lain. Virus yang menyebabkannya  bisa di rangsang dengan ketegangan emosi. Atau bisa juga di rangsang oleh sejenis penyakit tertentu sehingga daya tahan tubuh semakin menurun.

Luka karena selesma. Herpes simplex primer yang menyerang pada bagian bibir dan muka di sebabkan oleh virus golongan I. Luka karena selesma atau luka karena demam di atas bibir atau di sekitar mulut mula – mula berbentuk gelembung – gelembung kecil yang kemudian akan berkembang pada dasar dan meradang. Inilah yang menyebabkan kerak yang berwarna kuning yang pada akhirnya akan lenyap menghilang setelah kurang lebih sepuluh hari.

Baca juga tentang Penyakit scabies

Apabila bayi terserang herpes simplex harus di awasi secara ketat oleh seorang dokter atau ahli terapis.  Dalam beberapa kasus herpes simplex pada bayi dapat menyerang dan merusak jaringan mata. Apabila terjadi seperti ini sebaiknya segera di rawat oleh dokter spesialis mata.

Herpes simplex alat kemaluan. Infeksi yang menyerang pada bagian aat kemaluan biasanya di sebabkan oleh virus jenis golongan II. Infeksi seperti ini sering terjadi dan di golongkan sebagai penyakit verenik. Yaitu infeksi penyakit kotor yang sering kali di sebabkan karena hubungan kelamin. Adanya praktek prostitusi yang terus berlangsung akan membuat ancaman penyakit infeksi seperti itu akan tetap ada. Serta masalah pencabulan yang marak terjadi juga mendukung mewabahnya penyakit seperti ini. Jadi untuk menanggulangi ancaman penyakit herpes alat kemaluan mencakup aspek sosial dan juga medis.

Tindakan Yang Harus di Lakukan Untuk Mengatasi Penyakit Herpes Simplex

Pada dasarnya tidak ada pengobatan tertentu yang dapat di lakukan untuk menangani atau menyembuhkan penyakit herpes simplex. Semua di lakukan sesuai dengan gejala dan jenis penyakit yang muncul. Dalam hal luka – luka yang di karenakan selesma atau demam dapat menggunakan lotion atau larutan kamfer untuk mengeringkan luka yang ada. Dalam kasus manapun apabila terjadi luka yang di sebabkan karena infeksi kuman maka luka itu harus di obati dan di sembuhkan dengan menggunakan obat- obatan tertentu.

Seseorang yang sudah terserang oleh herpes simplex ulangan karena selesma pada bagian bibir dan muka. Sebaiknya berusaha menghindarkan bagian yang mudah terkena serangan dari sinar matahari.

Untuk menjaga kesehatan agar sakit herpes simplek tidak kembali menyerang dapat juga dengan minum obat herbal yang di referensikan oleh ahli terapi yang sudah berpengalaman. Beberapa contoh tanaman herbal yang di referensikan untuk mengatasi herpes. Di antaranya tanaman daun dewa karena dalam tanaman tersebut mengandung zat yang berfungsi sebagai antikoagulan. Tanaman pegagan yang dapat juga berfungsi sebagai revitalisasi sel. Daun mimba yang bermanfaat sebagai anti virus dan analgesic. Serta tanaman herbal brotowoli yang mempunyai manfaat kesehatan sebagi anti peradangan.

Baca juga tentang Cara menghilangkan tuma

Selain minum obat yang di buat dari tanaman herbal dapat juga di bantu dengan terapi bekam untuk memperlancar aliran darah. Sehingga penyakit yang di derita akan segera sembuh apabila aliran darah semakin lancar. Di sarankan berbekam dengan terapis yang sudah berpengalaman dalam menangani penyakit.

Cara pencegahan yang lain adalah dengan menjaga kebersihan baik kebersihan badan maupun kebersihan lingkungan. Agar kuman , virus atau kotoran yang tidak dengan mudahnya masuk ke dalam tubuh dan mengakibatkan infeksi yang menyebabkan sakit.

Gejala Atau Tanda Yang Sering Muncul Pada Herpes Simplex

Gejala yang muncul mungkin tidak pernah sama tergantung penyebab dan tempat luka herpes tersebut muncul. Namun secara umum adalah sebagi berikut :

  1. Gejala awalnya di mulai dengan demam, kepala terasa pusing, terasa nyeri pada bagian tulang dan otot. Uncul rasa gatal –gatal di kulit dan terasa pegal – pegal.
  2. Setelah itu akan muncul bintik – bintik yang berwarna merah pada bagian kulit yang di sebabkan karena pelebaran pembuluh darah. Dan dalam waktu yang cenderung singkat akan berubah menjadi lepuhan lepuhan yang berisi cairan jernih dan akhirnya akan berubah menjadi keruh.

Hal – Hal Yang Sebaiknya di Hindari Bagi Seseorang Yang Menderita Herpes Simplex

Agar segera sembuh sebaiknya hindari makanan seperti berikut ini.

  1. Menghindari makan daging yang paling utama makan daging kambing dan daging babi.
  2. Menghindari makan ikan terutama ikan bandeng, tongkol, ikan asin, cumi, udang, kepiting, seafood.
  3. Menghidari juga makan daging ayam broiler dan juga telor.
  4. Usahakan untu tidak makan mentiun dan sayuran kol.
  5. Sebaiknya jangan minum kopi, susu dan minuman yang bersoda serta minuman yang mengandung alkhohol.

Sekian dulu pembahasan tentang herpes simplex lain  kali akan di bahas jenis herpes yang lain. semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat buat pembaca sekalian terima kasih.

Baca juga artikel kesehatan yang lain tentang sakit tekanan darah rendah.

Demikian pembahasan mengenai herpes simplex semoga informasi ini dapat memberikan banyak manfaat

Rp (hubungi cs)
Rp (hubungi cs)
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 01
Nama BarangJILBAB BERGO
sRp 15.000
LRp 25.000
XLRp 30.000
XXLRp 35.000
Lihat Detail »
Rp 35000
Rp 3500037500
Order Sekarang » SMS :
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
KodeJBK 02
Nama BarangJILBAB KAOS BAHAN TC
SRp 20000
MRp 25000
LRp 35000
XLRp 45000
XXLRp 60000
Lihat Detail »
Keranjang>>